in

Tak Hanya Anjuran Agama, Berpuasa Ternyata Bisa Sembuhkan Beberapa Penyakit Kronis

Bulan Ramadan memang sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Bagaimana tidak, kebaikan yang kita lakukan pahalanya akan berlipat ganda. Kemudian pintu pengampunan dibuka selebar-lebarnya. Tapi, selain itu ada hal yang patut kita ketahui nih Sahabat Boombastis.

Adalah beberapa penyakit yang bisa sembuh ketika kita puasa sebulan lamanya. Yap, keuntungan ini akan kita dapatkan secara tidak langsung. Dengan begitu, kesehatan tubuh kita akan dijamin walaupun makan hanya waktu dini hari dan menjelang maghrib saja.

Bisa atasi sakit lambung [Sumber Gambar]
Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan adalah hipertensi alias darah tinggi. Hal itu bisa terjadi lantaran puasa dapat mengontrol tekanan darah. Darah tinggi kan bisa terjadi karena mudah marah dan makanan yang mengandung garam berlebihan. Nah, dengan puasa pastinya kita tidak mengonsumsi makanan berlebihan dan juga menahan emosi. Jadi, secara tidak langsung tekanan darah akan normal seperti biasanya.

Kemudian, penyakit selanjutnya yang dapat dihindari dengan puasa yakni gangguan lambung. Sebenarnya banyak yang tidak percaya dengan teori satu ini. Namun, dilansir dari health.idntimes.com, beberapa peneliti di Paris menyebutkan kalau puasa dapat menurunkan asam lambung ketika melakukan puasa. Hal itu tentu dibarengi dengan mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka. Sehingga untuk para penderita penyakit lambung jangan takut kambuh ketika melakukan puasa.

Mengatasi penyakit diabetes [Sumber Gambar]
Selain gangguan lambung dan darah tinggi, penyakit yang bisa diatasi dengan puasa yaitu diabetes. Penyakit membahayakan satu ini bisa disembuhkan dengan puasa lantaran kelenjar pankreas yang bekerja keras sehari-hari akan beristirahat sejenak. Bagi yang belum tahu, pankreas berfungsi untuk mengeluarkan insulin guna menetralkan gula menjadi zat tepung dan gula. Nah, ketika kita melakukan puasa, pankreas tidak akan bekerja terlalu keras sehingga diabates pun dapat teratasi.

Nah, penyakit terakhir ini pasti tidak kalian sangka bisa diatasi hanya dengan puasa. Yap, itu adalah penyakit kanker. Penyakit yang merupakan pembunuh nomor satu di dunia ini bisa dikurangi risiko terjadinya karena puasa dapat mematikan sel kanker. Sebab, puasa mendorong tubuh untuk memblokir pertumbuhan parasit yang masuk bersamaan dengan makanan ataupun minuman. Alhasil, sel-sel penyakit kanker tidak akan bisa bertahan hidup di dalam tubuh.

Puasa ternyata tidak hanya untuk menambah pahala saja. Tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buktinya penyakit-penyakit kronis yang dikenal sulit untuk disembuhkan bisa diatasi hanya dengan puasa. Maka dari itu, jangan pernah lagi deh kita mengeluh lapar dan haus karena ternyata puasa memiliki manfaat yang sangat banyak untuk diri sendiri.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Matahari Bersinar 24 Jam, Begini Cara Penduduk ‘Midnight Sun’ Menjalankan Ibadah Puasa

Jauh dari Kabar Miring, 10 Foto Mesra Chelsea Islan dan Cemewewnya Ini So Sweet Abis