in

Dalam 5 Hal ini Sepertinya Indonesia Harus Berguru Kepada Korea Utara

Korea Utara seperti yang kamu tahu adalah salah satu negara paling dibenci di dunia. Alasannya sendiri macam-macam, mulai dari pemimpinnya yang nyentrik dan gila, sistem pemerintahan yang absolut, sampai soal Korut yang seolah hanya peduli terhadap militer dibandingkan dengan rakyatnya sendiri. Tak hanya itu, keputusan mereka untuk mengisolasi diri dari dunia luar dan seolah tak butuh siapa pun juga makin menambah kebencian penduduk dunia kepada negara tetangga Korsel ini.

Tapi, meskipun sudah dicap jelek seperti itu, Korut punya sisi lain yang bisa dibilang mengagumkan. Salah satunya adalah perilaku rakyatnya yang benar-benar teratur dan sesuai dengan tuntunan negara. Meskipun terdengar aneh, tapi mereka sesungguhnya sangat layak dijadikan role model. Tentu saja bukan meniru yang jelek-jeleknya, tapi hal-hal baik yang dilakukan para penduduknya.

Jadi, hal-hal positif apa yang bisa kita tiru dari negaranya Kim Jong Un ini? Simak ulasannya berikut.

1. Nasionalisme Penduduknya Benar- Benar Edan

Penduduk Indonesia memiliki rasa nasionalisme yang sangat tinggi. Ya, tapi itu dulu, tepatnya ketika Indonesia masih dalam nuansa perjuangan kemerdekaan. Sekarang? Jangan bicara kadar nasionalisme orang Indonesia. Lambang Pancasila saja diganti seenaknya, belum lagi soal kasus-kasus pelecehan foto pejuang yang sempat marak beberapa waktu lalu. Nasionalisme orang Indonesia sekarang hanya muncul di tanggal 17 Agustus, selebihnya tidak.

Nasionalisme penduduk Korut [Image Source]
Nasionalisme penduduk Korut [Image Source]
Meskipun Korut sangat dibenci, tapi mereka bisa menunjukkan kepada kita bagaimana caranya menjunjung rasa nasionalisme. Mendengar lagu nasional dilantunkan, mereka akan langsung khidmat, bahkan mereka juga sangat menghormati dan tidak main-main dengan atribut negara mulai bendera sampai figur para pemimpinnya. Memang dalam banyak hal Indonesia lebih baik, tapi soal rasa nasionalisme, kita dipukul mereka dengan sangat telak.

2. Orang-Orang Korut Bekerja Dengan Sangat Keras

Tidak semua propaganda Korut itu jelek, ada sebagian dari itu yang memang benar-benar membawa dampak baik. Misalnya soal anjuran untuk bekerja keras. Ya, rakyat Korea sangat mematuhi ini dengan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka harus bekerja bukan karena negara yang meminta, tapi juga tentang menghidupi kehidupan.

Tad ada acara nganggur di Korut [Image Source]
Tad ada acara nganggur di Korut [Image Source]
Di sana orang-orangnya sangat sibuk. Hampir jarang sekali yang menganggur. Mereka juga terkenal workaholic dengan menjalani durasi jam kerja yang lama. Kondisi ini sendiri cukup berbeda dengan negara kita. Orang nganggur masih banyak, bukan hanya lantaran lapangan kerja yang sedikit, tapi juga mindset.

3. Penduduk Korut Tak Gampang Termakan Isu

Orang Indonesia memang sangat melek teknologi, terutama yang berhubungan dengan informasi. Manfaat dari kondisi ini adalah cepatnya berita menyebar, namun jeleknya adalah gampang terhasut oleh berita-berita tertentu. Kebebasan berbicara yang berlebihan juga membuat kita gampang sekali mengungkapkan sumpah serapah, sampai mengolok-olok tokoh tertentu bahkan petinggi negara. Akhirnya hal ini menjadikan timbulnya keresahan.

Jeleknya berita Kim, tak pernah memengaruhi warga Korut [Image Source]
Jeleknya berita Kim di luar sana, tak pernah sekali pun memengaruhi warga Korut [Image Source]
Korut memang cupu soal teknologi, tapi hal tersebut justru berdampak baik bagi mereka. Ya, gara-gara itu belum pernah ada orang Korut yang bilang Kim Jong Un gila. Keterbatasan akses informasi mungkin jadi sebabnya, namun sebenarnya bukan. Orang Korea sangat percaya kepada pemerintahannya. Sehingga apa pun yang terjadi, mereka percaya jika negara sangat bekerja keras untuk membuat rakyat lebih baik.

4. Rakyat Berperan Dalam Menjaga Kebersihan Kota

Coba cari gambar tentang kota-kota yang ada di Korut, kamu pasti mendapatkan satu kesamaan. Ya, apalagi kalau bukan kebersihannya yang gila. Dari ujung ke ujung, hampir tidak ada sampah yang terlihat. Semuanya benar-benar apik seperti baru disapu 10 menit yang lalu. Nah, kenapa bisa begini? Alasannya karena pemerintah melibatkan rakyatnya dalam upaya menjaga kebersihan kota.

Menjaga kebersihan kota [Image Source]
Menjaga kebersihan kota [Image Source]
Bukan dieksploitasi, tapi pemerintah Korut menanamkan rasa menjaga yang kuat. Sehingga, warga pun seakan ikut bertanggung jawab dengan masalah kebersihan. Bahkan dalam setiap waktu pasti akan ada warga yang bertugas melakukan pembersihan. Kalau di Indonesia semuanya diserahkan pasukan kuning. Dalihnya, “Lha kan kita bayar, mereka juga dibayar.” Sama sekali tidak menunjukkan rasa ikut memiliki dan menjaga.

5. Disiplin Luar Biasa Sehingga Sangat Teratur

Kita mungkin mencibir Korut dengan berbagai sebutan merendahkan. Namun, sebenarnya mereka justru lebih baik dalam banyak hal. Misalnya soal kedisiplinan. Orang Korut selalu taat dengan apa pun yang dianjurkan pemerintah. Apa pun itu, mulai dari hal-hal yang ringan seperti memakai fasilitas dengan baik, sampai hal-hal yang berkaitan dengan hukum. Aslinya, kalau kita memandang dari sisi yang lain, Korut adalah surga karena jarang sekali orang berbuat curang.

Orang Korut sangat teratur [Image Source]
Orang Korut sangat teratur [Image Source]
Selain doktrin, hukuman adalah alasan kenapa orang Korut sangat tahu aturan. Ya, di sana macam-macam sedikit hukumannya bisa amat berat. Dan hukum pun tak bakal bisa dibeli. Tak peduli siapa pun, kalau bersalah ia harus dihukum. Kim Jong Un saja pernah kok mengeksekusi pamannya sendiri yang terbukti melakukan korupsi.

Inilah hal-hal baik tentang Korut yang sangat tidak masalah kalau kita tiru. Justru dengan mencontoh apa yang mereka lakukan, Indonesia mungkin bisa jadi lebih baik. Terlepas dari kebiasaan baik orang-orang Korut, fakta di atas juga seakan memberikan pelajaran tentang larangan untuk meremehkan sesuatu. Mungkin banyak orang yang memandang rendah akan suatu hal, tapi di balik itu tersimpan sesuatu yang sangar. Contohnya ya Korut ini.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Aksi Kenakalan Remaja SMA Paling Nyeleneh Ini Hanya Terjadi di Indonesia

Awas 5 Model Transgender Paling Cantik di Dunia ini Bisa Bikin Cowok Keblinger!