in

4 Benda Milik Mantan Presiden Pertama Indonesia Ini Dijual dengan Harga Ugal-Ugalan

Rumah Soekarno [image source]

Bukan hal yang aneh kalau orang yang mempunyai nama populer membuat segala yang di sekelilingnya jadi ikut tenar. Terutama saat orang terkenal itu meninggal dunia, barang peninggalannya bisa naik harganya hingga berkali-kali lipat. Dan fenomena ini tak hanya terjadi di luar sana, di Indonesia pun ada banyak.

Contohnya, barang milik preseden Soekarno, ternyata barang peninggalannya dijual dengan sangat mahal. Salah satunya adalah yang ada di berita beberapa waktu lalu tentang rumah sang proklamator yang berhasil terjual sampai 29 miliar. Benar-benar luar biasa mahal. Dan tak hanya itu saja, masih ada beberapa benda peninggalan ayah bu Mega yang harganya juga tak karuan. Simak ulasan menariknya berikut.

Rumah Soekarno dijual dengan harga ugal-ugalan

Tepatnya di Yogyakarta, rumah peninggalan sang putra fajar ini akhirnya dijual. Rumah yang juga sempat menjadi tempat persembunyian presiden Soekarno saat Agresi I itu dihargai sampai Rp 29 Miliar di sebuah situs online. Di sana dituliskan bahwa rumah bersejarah itu dijual beserta perabotan dan tanah yang masih utuh seperti saat dihuni oleh Soekarno.

Rumah Soekarno [image source]
Menurut pakar sejarah, hal ini wajar dihargai seperti itu, mengingat memang sangat banyak tragedi sejarah yang terjadi di rumah itu. Bahkan seharusnya malah dihargai sangat lebih ketimbang hanyan Rp 29 Miliar. Sampai sekarang masih belum diketahui apakah rumah itu berhasil terjual atau diambil alih oleh negara.

Mobil Soekarno ditawar hingga Rp 2 Miliar

Ternyata tidak hanya rumah, kendaraan pribadi milik presiden Soekarno juga dijual dengan harga mahal. Mobil sedan tua Holden tahun 1963 itu ternyata juga bernilai mahal terutama di mata para kolektor. Kini mobil itu di tangan H Asnawi yang sudah memilikinya sejak 1989 yang lalu.

mobil Soekarno [image source]
Waktu tahu bahwa mobil itu adalah milik presiden pertama Indonesia, tanpa pikir panjang Asnawi membelinya dengan harga Rp 1,2 juta pada waktu itu. Mengetahui hal tersebut, banyak kolektor barang langka yang mencoba merebut hati H Asnawi untuk menjualnya, bahkan salah satunya sampai menawar hingga Rp 2 Miliar. Namun sayang H Asnawi tidak mau menjualnya, kini mobil itu tetap jadi miliknya.

Foto dan tanda tangan asli milik Soekarno dijual gila-gilaan

Sebuah situs Online ternama Indonesia menjual satu lagi barang peninggalan Soekarno. Sebuah foto lama dan tanda tangan surat asli Soekarno ternyata dijual dengan harga yang luar biasa.  Bagaimana tidak, dokumen lama ini dihargai sampai Rp 60 juta oleh penjualnya.

Foto Soekarno [image source]
Dalam foto tersebut juga terdapat tanda tangan asli dari presiden Soekarno yang tertulis dengan tinta bulpoin. Selain itu,   juga terdapat surat yang dilengkapi dengan dokumen dari kabinet presiden, dan  itu sudah terbukti keasliannya. Namun sampai sekarang masih belum ada kolektor barang antik yang mau menego barang bersejarah dan langkah ini.

Cindera mata milik Soekarno tidak kalah mahalnya

Tidak kalah mahal dengan yang lain, sebuah cendera mata dari zaman presiden pertama Indonesia itu juga dijual lumayan mahal. Bagaimana tidak, sebuah teko dan gelas yang berasal dari kuningan itu di bawahnya bertuliskan nama dan tanda tangan asli dari presiden Soekarno.

Cinderamata soekarno [image source]
Meskipun barang yang kecil namun nilai sejarahnya lumayan tinggi. Oleh sebab itu cinderamata peninggalan Soekarno itu dihargai mencapai Rp 20 juta per itemnya. Meskipun harganya lumayan tinggi, berdasarkan data situs online itu sudah banyak yang lumayan berminat dengan benda langkah tersebut.

Bisa sampai semahal itu memang bukan hal yang aneh. Ini bukti kalau presiden Indonesia ternyata juga merupakan orang yang sangat populer. Sebenarnya agak disayangkan kalau barang-barang peninggalan orang penting harus dijual padahal itu bisa jadi bukti sejarah. Namun uang kadang bisa membuat orang merelakan segalanya, kecuali H Asnawi mungkin ya.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Pengorbanan Nadya Suleman, Perempuan Cantik yang Rela Jadi Bintang ‘Dewasa’ Demi Membesarkan 14 Anak

Ada di Indonesia, 10 Tebing Spektakuler Ini Bakal Membuatmu Nggak Bisa Berkata-Kata