in

Sering Ada di Sekitar, 5 Benda Ini Ternyata Incaran Kolektor dan Bisa Bikin Tajir Mendadak

Beberapa orang lebih memilih menghabiskan uang untuk belanja hal yang ia perlukan saja. Sebagian lagi ada yang rela membeli apapun hal yang ia suka untuk dijadikan sebagai koleksi pribadi, seperti para kolektor. Hal tersebut kadang tujuannya untuk memenuhi kesenangan semata.

Tapi Sahabat Boombastis, jika mungkin kamu adalah salah satu dari mereka yang suka mengumpulkan benda tertentu, secara tidak langsung kamu sudah berinvestasi. Contohnya saja, sekarang semakin banyak kolektor yang memburu uang koin yang harganya kadang tak masuk akal, ada yang sampai bernilai ratusan juta. Selain koin, benda yang paling sering kamu temui di sekitar ini juga punya nilai jual yang tak main-main. Mungkin kamu bisa mendadak tajir jika punya beberapa saja.

Perangko termahal Indonesia yang dibeli seharga 20 miliar

Prangko zaman Hindia Belanda [Sumber gambar]
Walaupun sudah tidak zamannya surat menyurat dengan kertas lagi, prangko –yang berfungsi sebagai bukti telah melakukan pembayaran untuk jasa layanan pos- ini masih sangat dicari oleh kolektor. Semakin lama tahun pembuatannya, maka akan semakin mahal harga jualnya. Menurut pengakuan mantan direktur utama pos Indonesia, I Ketut Mardjana, ada prangko asal Indonesia yang pernah dibeli dengan harga fantastis, 20 miliar rupiah. Prangko tersebut terbitan tahun 1864, dicetak sejak zaman Hindia-Belanda dengan tema Naga Air dan memiliki cap pos Ngawi, Jawa Timur. Jadi, untuk kamu yang mungkin punya prangko kuno, jangan dibuang dulu ya!

Piringan hitam Vinyl yang semakin langka

Vinyl jadul yang diincar kolektor [Sumber gambar]
Bagi para pecinta musik, pasti sangat mengenal piringan hitam ini bukan? Benda yang sudah jarang sekali terlihat ini sekarang sudah masuk daftar barang yang paling dicari oleh kolektor. Hal tersebut didukung dengan bermunculannya komunitas pecinta vinyl yang berpegang teguh bahwa musik analog tetap lebih baik dari musik digital. Hingga saat ini rekor vinyl termahal dipegang oleh Album vinyl The Quarrymen (band bentukan John Lennon) pada 1959. Saking mahalnya, vinyl ini dibeli dengan harga 170 juta rupiah.

Buku langka yang bisa melonjak harganya

Buku langka [Sumber gambar]
Buku adalah sejarah tertulis yang akan abadi dan bisa menjadi bukti bila suatu peristiwa memang pernah terjadi. Buku kuno serta terbitan lama memiliki daya tarik tersendiri di mata para kolektor barang antik, terutama yang merupakan karya tokoh terkenal dan berpengaruh. ‘Di Bawah Bendera Revolusi’ misalnya, buku tulisan presiden pertama Indonesia ini bisa dibeli dengan sangat mahal untuk cetakan versi aslinya. Sama seperti yang kita ketahui kalau buku jadul biasanya sangat susah untuk didapat. Makanya, akan menjadi kebanggaan tersendiri bila kamu punya, sekaligus bisa dijadikan sebagai investasi.

Game lawas yang bisa membuatmu membeli sepeda motor

Game konsol yang sudah mulai punah [Sumber gambar]
Menjamurnya game online membuat orang-orang melupakan game jadul yang pernah eksis pada masanya. Tapi jangan salah, game lama bisa saja membuat kamu mendadak punya banyak uang, terutama jenis konsol. Perusahaan yang sudah tidak lagi memproduksi alat tersebut membuat ia menjadi langka dan diincar oleh para kolektor. Jika mungkin ada yang masih menyimpan maka hal tersebut tidak akan sia-sia karena benda tersebut masuk jajaran barang berharga.

Mobil mainan jadul Hot Wheels

Mobil-mobilan hot wheels [Sumber gambar]
Bagi anak lelaki yang suka bermain mobil-mobilan, jenis ini pasti tidak asing dan sering kamu lihat. Ada yang masih mengoleksinya hingga sekarang mungkin. Sejak tahun 1968, perusahaan Hot Wheels ini membuat ratusan jenis yang pastinya bertebaran di berbagai penjuru dunia. Untuk di Indonesia, komunitas pecinta mainan satu ini juga banyak, salah satunya adalah Pusat Ngumpulnya Diecaster atau sering di sebut PND. Harga dari mainan imut ini juga beragam loh, dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Mainan dan benda di atas pasti pernah kamu mainkan atau punya kan? Tak terduga sekali bukan jika barang lawas –yang mungkin sempat dianggap tak berharga bisa dibeli oleh para kolektor dengan harga jutaan bahkan miliaran. Karena menurut mereka benda tersebut masuk ke dalam kategori old but gold sekaligus untuk investasi.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Masih Pacaran Ditambah Minim Sensasi, 10 Pasangan Selebriti Ini Relationship Goals Abis!

Mengenal CERN, Perusahaan Terjenius yang Bakal Membuka Dimensi Lain di Dunia