in

Mengenal Bedog, Senjata Sakti Suku Baduy yang Dibuat Hanya dengan Jepitan Jari Saja

Suku Baduy memang sudah dikenal seantero Indonesia lantaran keunikannya. Meskipun di era yang sangat maju mereka memilih untuk hidup dengan cara lama. Selain masyhur lantaran tetap mempertahankan tata cara kehidupan zaman dulu, suku Baduy juga dikenal akan kesaktiannya.

Salah satu bukti kesaktian suku Baduy ini ada di goloknya. Bagaimana tidak, pasalnya selain tajam senjatanya ini dibuat dengan cara yang sangat tidak biasa. Lalu seperti apakah golok tersebut? Simak ulasan berikut.

Bedog golok khas suku Baduy yang dikenal sakti

Setiap suku di Indonesia biasanya memiliki senjata saktinya sendiri termasuk Baduy. Ya suku yang berada di Jawa bagian Barat ini memiliki bedog, sebuah golok tajam yang selalu dibawa ke mana-mana. Uniknya, senjata bedog ini kadang ada yang memiliki kesaktian tidak seperti golok yang lain. Menurut cerita, awal mula bedog dibuat tidak menggunakan api.

Bedog golok [sumber gambar]
Para Pande atau penempa bedog ini hanya menggunakan kepalan tangan dan jepitan jari untuk membuat golok setajam itu. Jadi selain ketajamannya yang luar biasa, ada pesona mistis yang menemaninya sehingga bedog tidak bisa disebut sebagai golok biasa.

Dalam pembuatan Bedog perlu hari khusus

Setelah ditelusuri lebih lanjut, rupanya pembuatan bedog tidak semudah yang kita bayangkan. Pada Pande tidak asal membuatnya melainkan memiliki penanggalan khusus. Merujuk pada penanggalan Sunda, biasanya pada bulan Mei lah produk bedog ini paling baik diproduksi.

Bedog tidak sembarang dibuat [sumber gambar]

Pasalnya kalau sampai salah tanggal, hasilnya kualitas bedog akan sangat tidak memuaskan. Mulai dari bilah golok yang tidak terlalu tajam, mata yang tumpul dan bahkan ada kemungkinan golok tersebut tidak akan jadi. Sampai sekarang, tradisi pemilihan hari pembuatan bedog ini masih dipakai oleh sebagian besar para pande Baduy.

Golok menjadi ciri khas lelaki Baduy

Dekatnya bedog dengan lelaki di suku Baduy seolah menjadi sebuah simbol. Ya, seperti yang diketahui kalau semua pria di suku Baduy selalu membawa golok ke mana pun mereka pergi. Penggunaannya pun beragam, mulai dari memotong pohon atau rumput hingga untuk perlindungan diri.

Ciri khas lelaki [sumber gambar]
Jenis golok atau bedog yang dimiliki suku Baduy pun ternyata beragam. Misalnya untuk suku Baduy luar mereka memiliki bedog dengan gagang yang melingkar. Sebaliknya, untuk Baduy dalam gagang yang dipakai berbentuk huruf L. Bedog-bedog ini pun juga sering dijual belikan namun tentu tidak semuanya yang memiliki kesaktian tersendiri.

Bicara soal suku Baduy tidak lepas dari kesaktian

Memang kalau bicara mengenai suku Baduy ini selalu tidak lepas dari kesaktian mereka. Para suku Baduy memiliki mantra-mantra khusus sebelum melakukan sesuatu hal. Entah itu sebelum berburu, melakukan pengobatan dan lain-lain. Ajaibnya hewan buruan yang sudah dimantrai dapat mudah datang dan ditangkap oleh suku Baduy. Pun demikian dengan masalah pengobatan, banyak penyakit bisa hilang dengan cepat.

Kesaktian suku baduy [sumber gambar]
Namun demikian, jika meminta mantra kepada mereka, suku Baduy tidak akan memberikannya, pasalnya ada larangan untuk membocorkannya. Dengan banyaknya kesaktian yang dimiliki, wajar kalau banyak orang takjub dengan pesona dari suku yang satu ini.

BACA JUGA: Ini Loh Alasan Mengapa Beberapa Marga di Indonesia Punya Kedudukan Penting dalam Masyarakat

Baduy menjadi salah satu suku etnis yang tetap bertahan menggunakan cara lama di era yang modern ini. Kita sebagai warga Indonesia yang baik harus menghargai gaya hidup mereka dan tidak mengusiknya. Karena bagaimana pun, suku Baduy adalah salah satu bukti keragaman Indonesia.

Written by Arief Dian

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Ini 4 Momen Habib Rizieq yang Menghebohkan, dari Kerumunan Massa hingga Kucing-kucingan dengan Bima Arya

Dokar Hingga Ontel, Inilah Barang Jadul yang Wajib Punya Surat dan Bayar Pajak