in

7 Universitas dalam Negeri yang Menawarkan Beasiswa untuk Para Penghafal Al-Qur’an

Sebelas Maret [image source]

Di zaman sekarang ini tidak sulit untuk seseorang bila ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Bagaimana tidak, di banyak sekolah negeri saat ini sudah menggunakan sistem tanpa pungutan SPP alias gratis untuk jenjang sekolah dasar (SD) sampai sekolah mengengah atas (SMA). Dan kalau dulu banyak lulusan SMA dan orang tua galau akibat khawatir tidak bila lanjut ke jenjang universitas, saat ini hal itu sudah tak berlaku lagi.

Sekarang sudah banyak sekali jenis beasiswa yang ditawarkan baik dari pemerintah, universitas, bahkan berbagai perusahaan swasta. Dengan begitu tentunya adik-adik sudah tak perlu lagi memikirkan biaya. Selain itu sekarang juga sudah adal beasiswa yang khusus diperuntukkan bagi para penghafal Al-Qur’an atau hafizh. Di bawah ini ada tujuh daftar universitas dalam negeri yang menawarkan beasiswa bagi para hafizh dan patut kalian coba.

Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Universitas Islam Indonesia [image source]
Institusi yang berlokasi di kota pelajar ini memberikan dua jenis beasiswa hafizh Qur’an, diantaranya kategori 30 juz dan juga 20 juz. Adapun persyaratan yang harus diberikan untuk membuktikan hafal tidaknya calon mahasiswa adalah melalui keterangan yang diberikan oleh pengasuh atau pendamping. Calon penerima beasiswa nantinya juga akan mengikuti seleksi hafalan oleh tim penguji dari kampus. Sementara untuk cakupan biaya penerima beasiswa meliputi biaya studi, sumbangan Catur Dharma, biaya KKN, serta uang saku setiap bulannya khusus penghafal 30 juz. Untuk informasi dan alur pendaftaran kalian bisa membuka situs www.uii.ac.id.

Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta

Sebelas Maret [image source]
Bagi yang tinggal di sekitar Surakarta, juga bisa mencoba peruntungan mendaftar beasiswa hafizh Al-Qur’an yang ditawarkan oleh Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS). Beasiswa bagi Penghafal Al-Qur’an ini diberikan pada mereka yang telah hafal minimal 20 juz yang dibuktikan dengan melampirkan sertifikat dari lembaga yang memiliki kredibilitas tinggi serta berkompeten. Universitas ini sudah menerima beberapa hafizh sejak tahun 2012 lalu untuk fakultas ekonomi, fakultas kedokteran, serta fakultas ilmu sosial dan ilmu politik. Untuk informasi lengkap seputar alur pendaftaran bisa di lihat langsung di halaman uns.ac.id.

Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor [image source]
Institut Pertanian Bogor menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang membuka pendaftaran khusus bagi para hafizh Al-Qur’an untuk tahun ajaran 2017/2018. Menurut keterangan rektor IPB, universitasnya menerima hafizh  Qur’an melalui jalur seleksi Prestasi Internasional dan Nasional atau PIN. Untuk calon mahasiswa yang berhasil menghafal 30 jus, maka pihak kampus akan mengapresiasi  dengan memberikan nilai tambahan setara prestasi olimpiade internasional. Sedangkan untuk mereka yang hafal minimal 15 juz sampai dengan 29 juz, maka akan diapresiasi setara olimpiade nasional. Wakil rektor IPB juga menambahkan bahwa semua pendaftar harus mengikuti alur seleksi yang telah disiapkan universitas. Dan untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di ipb.ac.id.

Universitas Islam Bandung

Universitas Islam Bandung [image source]
Beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Islam Bandung (UNISBA) ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang mendaftar di program PMDK. Beasiswa ini awalnya hanya berlaku untuk Fakultas Agama Islam saja, namun kali ini sudah mulai dibuka untuk program studi lainnya. Program ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang berhasil menghafal 30 juz Al-Qur’an dan akan digratiskan seluruh pembiayaan kuliah mulai dari masuk sampai lulus. Sementara untuk mereka yang mengfafal kurang dari 30 juz juga masih dipersilahkan mendaftar namun beasiswa yang didapat tidak penuh. Bagi kalian yang tertarik bergabung, bisa langsung melihat detail informasinya di unisba.ac.id.

UIN Alauddin Makassar

UIN Alauddin [image source]
Tidak hanya di Jawa, universitas yang berlokasi di Makassar ini juga memberikan jalur khusus bagi para penghafal Al-Qur’an. Adapun beasiswa di UIN Alauddin ini dibagi menjadi tiga jenis, pertama untuk mereka yang hafal 1 sampai 10 juz akan bebas biaya kuliah selama dua semester. Sedangkan untuk penghafal 11 hingga 20 jus, biaya kuliah akan dibebaskan sampai empat semester. Sementara untuk hafizh yang berhasil menghafal 21 sampai dengan 30 juz, maka biaya kuliahnya akan dibebaskan sampai delapan semester atau hingga lulus.

Universitas Merdeka Malang

Universitas Merdeka [image source]
Selain Surabaya, universitas lain di Jawa Timur yang memberikan beasiswa bagi para penghafal Al-Qur’an adalah Universitas Merdeka Malang (UNMER). Adapun beasiswa yang ditawarkan oleh kampus ini adalah beasiswa penuh untuk berbagai program studi. Dalam menyeleksi calon mahasiswanya, Universitas Merdeka bekerjasama dengan Pondok Pesantren Mahasiswa AL Hikam. Beasiswa ini diberikan oleh para donatur seperti dosen maupun karyawan. Rektor UNMER sendiri berharap bahwa para penghafal AL-Qur’an ini nantinya bisa memberikan warna baru di setiap kegiatan kemahasiswaan. Untuk informasi lebih lanjut bisa kalian lihat di unmer.ac.id.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Institut Teknologi Sepuluh Nopember [image source]
Tahun lalu dalam acara hafalan Qur’an termuda di dunia, rektor Institut Teknologi  Sepuluh Nopember mendeklarasikan bahwa siapapun yang bisa menghafal 30 juz akan mendapat jalur khusus untuk menjadi mahasiswanya. Selain itu para hafizh juga akan dibebaskan dari biaya kuliah di kampus bergengsi tersebut. Hal tersebut dilakukan oleh sang rektor sebagai bentuk dorongan serta apresiasi untuk anak-anak muda agar bisa berlomba-lomba menghafal Al-Qur’an. Karena siapapun yang telah menghafalnya, mereka juga pasti akan memahami apa isi yang terkandung dalam kitab suci tersebut. Dan bila kalian telah berhasil menghafal 30 juz serta berminat menjadi mahasiswa ITS, ikuti terus informasi pendaftarannya di its.ac.id.

Beasiswa yang diberikan beberapa universitas untuk para penghafal Al-Qur’an di atas memang menjadi bukti bahwa kuliah saat ini sudah menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan. Asalkan kita mau berusaha untuk meraihnya pasti ada saja jalan yang bisa kita pilih. Dan khususnya untuk kalian para hafizh, berbahagialah karena telah disediakan jalan tol atau karpet merah oleh tujuh institusi di atas dan manfaatkan dengan sebaik mungkin. Semangat!

Written by Faradina

Leave a Reply

12 Sandal dan Sepatu Legendaris ini Pernah Jadi Teman Sejati Anak-Anak 90an

4 Wewangian dalam Parfum Ini Ternyata Berasal dari Bagian Tubuh Hewan