in

Beredar Bawang Merah Palsu dari India, Kenali Ciri-Cirinya!

Bawang merah menjadi salah satu bumbu dapur yang paling banyak dicari oleh ibu-ibu. Ya bagaimana tidak, hampir semua masakan menggunakan bawang merah tersebut. Oleh karenanya, bumbu dapur tersebut kini harganya melonjak naik. Apalagi waktunya bertepatan sekali dengan sehabis lebaran.

Nah, kali ini bawang merah menjadi bahan perbincangan banyak pihak nih Sahabat Boombastis. Ini dikarenakan ada bawang merah palsu yang berasal dari India. Lalu, harganya pun melebihi bawang merah yang berasal dari Indonesia sendiri. Jadi, supaya kalian tidak tertipu, beginilah penampakan dari bawang merah palsu tersebut.

Bawang merah palsu tidak memiliki siung

Tidak punya siung [Sumber Gambar]
Seperti yang kita tahu, kalau bawang pasti memiliki siung. Sehingga dalam satu bawang, pasti ada dua atau tiga siung ketika kita memotongnya. Namun, berbeda dengan bawang palsu yang berasal dari India ini. Jika bawang merah dari India tersebut ternyata tidak memiliki siung sama sekali. Sehingga ketika kita memotongnya, hanya terdapat satu bulatan saja. Kemudian, isinya hanya berlapis-lapis saja, seperti bawang bombai pada umumnya.

Ukurannya berbeda dengan bawang merah biasanya

Ukurannya sangatlah kecil [Sumber Gambar]
Bawang merah pada umumnya memiliki ukuran yang besar. Bisa dibilang, ukurannya bisa melebihi 5 cm karena adanya siung di dalamnya. Akan tetapi, hal ini enggak akan kita temukan pada bawang merah palsu Sahabat Boombastis. Kalau bawang merah yang berasal dari India tersebut ukurannya sangatlah kecil. Bumbu dapur tersebut berukuran kurang dari 5cm. Sehingga kalau kalian ke pasar menemukan bawang merah dengan ukuran tersebut, jangan dibeli deh. Dijamin itu adalah bawang merah palsu.

Aromanya tidak kuat seperti bawang merah pada umumnya

Aromanya tidak terlalu kuat [Sumber Gambar]
Bawang merah memiliki ciri yang bisa kita temui pada saat pertama kali melihatnya. Adalah dari aromanya yang sangat kuat. Tapi, jika bawang merah palsu sangat berbeda dengan yang asli. Dilansir dari suaramojokerto.com, Ia tidak memiliki aroma yang kuat. Bahkan, bisa dibilang aromanya hanya tercium ketika kita mendekatinya saja. Jadi, jika Sahabat Boombastis ingin membeli bawang merah, wajib dicium aromanya terlebih dahulu.

Harganya di luar batas wajar

Harganya sangat tinggi [Sumber Gambar]
Harga bawang merah kini memang mahal. Hal ini disebabkan waktunya yang bertepatan dengan sehabis lebaran. Akan tetapi, harga tersebut juga diikuti oleh importir bawang merah palsu ini. Bawang merah asal India ini awalnya dijual dengan harga Rp7 ribu per kilogramnya. Namun, melihat bawang merah lokal yang harganya melonjak tinggi, para importir tergoda juga untuk menaikkan bumbu dapur andalannya. Harganya mencapai Rp 25 ribu per kilogramnya.

Itu tadi adalah ciri-ciri dari bawang merah palsu yang sedang tren akhir-akhir ini. Usut punya usut, itu merupakan bawang bombay mini yang kurang laku di India. Sehingga mereka menjual di Indonesia untuk mendapatkan keuntungan besar. Jadi, harap berhati-hati ya kalau ingin membeli bawang merah.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Gak Kalah dengan Muntahan Paus, Inilah 4 Fakta Meteorit yang Dijual Sampai Ratusan juta

Kiprah Kapten Lukas, Pahlawan Tak Dikenal Indonesia yang Sempat Bikin Belanda Mati Berdiri