in

Batu Nisan Digital ini Dijual dengan Harga Rp 42 Juta, Bisa Bikin Dompet Mati Suri

Nisan interaktif [image source]

Mayoritas dari kita pasti sudah pernah diajarkan tentang bila seseorang mati tidak ada benda duniawi yang dibawanya selain amal ibadah. Oleh karena itu tak jarang bila selama ini kita menyaksikan berbagai makam yang terlihat sederhana, meskipun milik seorang pejabat sekali pun. Tepian makam menggunakan batu biasa serta nisan pun kalau tidak berbahan batu ya menggunakan kayu. Tapi baru-baru ini ada sebuah berita mencuat mengenai nisan yang harganya bakal bikin kantong kita sesak nafas.

Pasalnya nisan yang dihargai puluhan juta ini ternyata bukanlah nisan biasa. Penanda makam ini dirancang secara digital dengan fitur bermacam-macam. Lho kok bisa?

Batu nisan ini bisa menjadi layar interaktif

Bila biasanya pemakaman terkesan sunyi dan menyeramkan, nampaknya batu nisan ini akan seketika mengubah kesan tersebut. Bagaimana tidak, produk yang dibuat oleh salah satu perusahaan di Slovenia ini memiliki layar serupa dengan smartphone dan juga televisi kita. Dari batu nisan ini kita bisa melihat nama, tanggal lahir, serta tanggal meninggalnya jenazah yang akan ditampilkan dalam bentuk slideshow.

Nisan interaktif [image source]
Batu nisan ini akan berubah layaknya layar interaktif saat sang peziarah tiba. Untuk melihat kecanggihan si nisan, cukup berdiri saja di sisi depan layarnya kemudian secara ajaib akan ada sensor yang menyala dalam beberapa detik. Nah saat sudah menyala inilah nisan tersebut akan berubah menjadi layar interaktif yang memang awal pembuatannya dimaksudkan agar dapat melakukan interaksi dengan para peziarah.

Kita bisa memasukkan berbagai data pada nisan

Kalau dalam nisan biasa kita hanya bisa sekedar menuliskan data diri jenazah, dalam nisan digital ini anggota keluarga maupun peziarah lain bahkan bisa menulis sebuah cerita atau novel. Belum lagi kecanggihan si batu yang mana bisa kita isi dengan aneka gambar dan juga film. Jadi ketika ada yang berziarah, mereka bisa sembari mengenang sosok kawan tersebut melalui film maupun gambar yang sudah di setting sebelumnya.

Data pada nisan [image source]
Pihak pengembang juga mengungkapkan bahwa mereka akan membawa fungsi earphone dalam batu nisan tersebut agar peziarah dapat dengan mudah mendengar suara dari video maupun gambar. Langkah semacam ini dimaksudkan karena bila nantinya yang dipasang hanya speaker, maka dikhawatirkan hal tersebut akan mengganggu peziarah lain yang sedang ingin khusyuk berdoa di sana.

Nisan ini dijual dengan harga fantastis

Bayangkan smartphone kita saja yang sekecil itu harga jualnya sudah lumayan tinggi bila memang memiliki fitur yang lengkap. Apalagi nisan yang sangat modern dan canggih ini, tentu saja harga jualnya tidak akan main-main dong. Untuk satu nisan, perusahaan tersebut mematok harga sekitar 3,189 dolar atau setara dengan kurang lebih Rp 42 juta. Harga yang cukup fantastis memang bila digunakan hanya untuk membeli batu nisan.

Batu nisan mahal [image source]
Namun siapa sangka ternyata pesanan yang sekarang muncul sudah mulai membludak lho. Banyak orang tertarik dengan batu nisan digital ini salah satunya karena mereka bisa merasa seakan dapat berinteraksi dengan almarhum atau almarhumah melalui layar digitalnya. Selain itu, mau seberapa sering ziarah dilakukan pun sepertinya masih akan meninggalkan kesan menarik bagi mereka saat mulai mengotak-atik layar digital batu nisan itu.

Batu nisan pertama yang ramah terhadap cuaca

Mungkin sebagian dari kalian juga bertanya-tanya ya apakah aman bila masyarakat menggunakan teknologi ini dari yang namanya pencurian? Tenang saja karena pihak produsen sudah menjamin keamanan produk yang mereka beri nama iTernal ini. Sensor yang ada di dalamnya sudah termasuk anti maling dan segala bentuk vandalisme. Oleh karena itu pihak keluarga tak perlu khawatir akan hilangnya nisan mahal ini.

Nisan anti air [image source]
iTernal juga dilengkapi dengan teknologi anti air, jadi mau cuaca panas sampai hujan sekali pun maka nisan ini tidak akan rusak maupun mengalami eror untuk fitur-fiturnya. Yang pasti batu nisan dengan ukuran diagonal 48 inci ini tidak akan membuat para peziarah merasa kesepian setiap mengunjungi pemakaman.

Kalo di Slovenia harga nisannya yang selangit, Indonesia malah tanah makamnya bikin sesak nafas

Harga yang cukup fantastis memang, Rp 42 juta hanya untuk sebongkah batu nisan. Itu sih di Eropa, beda lagi di Indonesia yang mana harga tinggi diberikan untuk tanah makam di komplek San Diego Hills. Pemakaman yang berlokasi di Jawa Barat ini terkenal mewah karena harga makam di sini dibandrol mulai Rp 24 juta sampai Rp 5 milyar. Sangat mahal memang untuk kalangan menengah ke bawah.

San Diego hills [image source]
Tapi harga tersebut pastinya sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Di komplek ini kita tak hanya bisa melihat deretan kuburan saja tetapi juga padang rumput hijau dengan bunga-bunga indah. Ada juga kolam renang serta danau yang akan membuat kita serasa berlibur di sana. Bahkan di komplek pemakaman ini juga menyediakan souvenir yang bisa kita beli bila ingin membawa pulang kenang-kenangan dari komplek pemakaman berkelas ini.

Bila berbicara tentang bidang teknologi nampaknya saat memang sedang mengalami kemajuan pesat. Tak hanya ponsel maupun PC saja yang sedang digenjot inovasi-inovasinya, tetapi juga hal yang selama ini tidak pernah kita bayangkan seperti halnya batu nisan pun sudah disulap menjadi luar biasa modern. Memang sih nisan dan pemakaman San Diego Hills tidak akan membuat peziarah kesepian di kuburan, tapi tetap saja dompet yang akan menjadi sunyi.

Written by Faradina

Leave a Reply

Anak Kelas 5 SD ini Jual Kucur Tiap Malam Demi Menabung untuk Biaya SMP dan SMA

Inilah Hal-Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Mendapat Mimpi Buruk Menurut Islam