Belakangan ini Cina tak hanya disorot soal keberadaan militernya di kawasan Laut Cina Selatan, tapi juga diguncang skandal 83 ton emas batangan palsu yang dilakukan oleh Kingold Jewelry Inc sebagai jaminan atas pinjaman dana sebesar 20 miliar yuan ($2,83 miliar) yang diterimanya.

Alhasil, hal tersebut membuat Cina menjadi sorotan dunia. Sejak dahulu, negeri Tirai Bambu itu memang lekat sebagai produsen barang KW terkemuka dunia. Skandal emas palsu di atas bukanlah yang pertama terjadi. Beberapa barang di bawah ini juga sempat dibuat versi KW-nya hingga Cina menjadi bahan olok-olokan di dunia. Apa saja? Simak ulasan berikut ini.

Beras palsu berbahan plastik yang sempat hebohkan dunia

Ilustrasi beras asli dan beras plastik [sumber gambar]
Keberadaan beras palsu yang berbahan plastik sempat santer terdengar beberapa tahun lalu. Alhasil, rumor tersebut sempat meresahkan negara-negara yang mengkonsumsi beras sekaligus pengimpor. Termasuk salah satunya Indonesia. Dilansir dari South China Morning Post (24/12/2016), pihak pabrik beras plastik di Cina beralasan produknya adalah barang display restoran dan bukan untuk dikonsumsi.

Daging imitasi yang semakin diminati di Cina

Ilustrasi daging palsu [sumber gambar]
Minimnya pasokan daging babi sempat membuat Cina kewalahan memenuhi permintaan konsumen dalam negeri. Harganya yang juga meroket hingga 94 persen, membuat warga negeri Tirai Bambu itu mengalihkannya ke daging imitasi sebagai pilihan. Bahkan, industri di bidang ini mencatatkan kenaikan nilai yang luar biasa pada 2018, yakni mencapai $910 juta (Rp12,9 triliun) atau naik 14,2% dari tahun 2017.

Skandal batangan emas KW yang dilapisi tembaga

Ilustrasi batangan emas palsu berupa tembaga yang dilapisi emas imitasi [sumber gambar]
Perusahaan emas yang berbasis di Wuhan, Kingold Jewelry Inc, menjadi sorotan setelah menggunakan 83 ton emas palsu sebagai jaminan dari pinjaman mereka sebesar 20 miliar yuan ($2,83 miliar). Memposisikan dirinya sebagai perusahaan emas 24 karat terkemuka di Cina, apa daya hal tersebut tercoreng setelah penipuan itu terkuak. Diketahui, emas milik Kingold bukanlah emas murni, melainkan hanya lempengan tembaga yang dilapisi emas.

Pasangan palsu untuk mereka yang kesepian

Ilustrasi persewaan pasangan palsu di Cina [sumber gambar]
Keberadaan para pacar palsu ini semakin ramai tatkala salah satu website e-commerce ternama di Cina, Taobao, mengiklankan pacar sewaan bagi perempuan yang kesepian. Pacar palsu untuk kencan sesaat ini ditawarkan mulai dengan rentang harga ribuan hingga ratusan ribu yuan. Jangan khawatir, pasangan palsu ini asli manusia dan bukan terbuat dari plastik atau tembaga seperti di atas.

Beberapa barang KW yang dibuat oleh Cina

Merek ternama yang dibuat versi KW-nya oleh Cina [sumber gambar]
Barang-barang KW di atas merupakan salah satu dari sekian ribu produk palsu yang kerap diproduksi di Cina. Tercatat, ada beberapa merek ternama yang dibuat versi KW-nya oleh pabrik-pabrik di Cina, seperti sepatu Mike (tembakan Nike), produk fashion Dolce & Banana (versi KW Dolce & Gabbana), hingga Sunbucks Coffer (mendompleng nama Starbucks Coffe).

BACA JUGA: 15 Barang Imitasi dari China yang Membuatmu Ngelus Dada!

Terlepas dari skandal emas batangan palsu di atas, Cina memang dikenal sebagai negara yang kerap mendompleng barang asli untuk dibuat versi KW-nya. Meski demikian, tak semua benda-benda tersebut berkualitas buruk. Seperti yang diutarakan oleh salah satu konglomerat asal Cina, Jack Ma, barang KW buatan Cina laris manis karena harganya murah dan tak kalah dari segi kualitas.