in

5 Bangunan Angker Ini Dihargai sampai Puluhan Triliun, Padahal Sudah Kosong Puluhan Tahun

Sebuah rumah menjadi tempat pulang paling nyaman, jika rumah tersebut dihuni. Sebaliknya, rumah yang sudah tahunan bahkan puluhan tahun kosong, apalagi terbengkalai, akan menjadi hunian untuk makhluk-makhluk lain. Tak jarang, rumah-rumah itu menjadi tempat dengan kesan seram, panas, dan angker.

Meskipun terkenal karena suasana angkernya, ada beberapa rumah yang harganya tetap fantastis loh. Bahkan, jutawan tak merasa rugi untuk menawar rumah-rumah yang terkenal dengan sebutan ‘rumah hantu’ ini hingga puluhan triliun rupiah. Kira-kira seperti apa ya penampakan rumah tersebut ya? Simak dalam ulasan di bawah ini ya!

Rumah kosong selama 30 tahun dengan harga 70 Triliun

Waw, kira-kira apa yang ada di dalam rumah ini? Rumah yang dipercaya berhantu ini terletak di Sussex, Inggris, yang dikenal dengan nama Hamilton Palace. Dari luar, rumah ini terlihat seperti istana yang sangat megah. Ya, bagaimana tidak, rumah ini dibangun dengan menghabiskan dana kurang lebih 40 miliar pound sterling, atau setara dengan Rp70 triliun.

Hamilton Palace [sumber gambar]
Rumah ini dibangun oleh konglomerat Nicholas van Hoogstraten pada tahun 1985. Nicholas sendiri meninggalkan rumah itu setelah ia dipenjara akibat persaingan bisnis. Menurut penduduk setempat, dari rumah tersebut sering terdengar suara-suara aneh dan mengerikan. Penduduk juga menganggap rumah tersebut sebagai aib yang ditinggalkan oleh Nicholas van Hoogstraten.

Rumah tua di Poveglia Island

Terletak di Pulau Poveglia, Italia, rumah ini dikenal sebagai salah satu tempat yang paling menyeramkan. Berdasarkan kisahnya, rumah ini dibangun oleh pemerintah sebagai salah satu tempat karantina untuk orang-orang yang terkena infeksi wabah Black Death. Wabah itu menyerang Eropa pada abad ke-14.

Rumah di Poveglia Island [sumber gambar]

Kabarnya, bukan malah membaik, setiap orang yang menjalani karantina di rumah tersebut akan berakhir tewas. Mengerikan banget kan? Meski dianggap angker, rumah ini laku terjual dengan harga US$675 atau sekitar Rp9,6 miliar. Rumah tersebut dibeli oleh seorang miliuner bernama Luigi Brugnaro.

Schweppe Mansion yang tak dihuni selama 50 tahun

Jika rumah di Sussex kosong selama 30 tahun, Schweppe Mansion malah kosong lebih lama lagi, yakni 50 tahun. Rumah ini kepunyaan sosialita bernama Laura Shedd dan suaminya Charles H. Schweppe. Keduanya tewas bunuh diri.

Schewepe Mansion [sumber gambar]
Kabarnya, kediaman yang kemudian dikenal dengan Schweppe Mansion ini menjadi rumah hantu, yang kerap didatangi oleh arwah pasangan tersebut. Pada akhirnya, rumah tersebut direnovasi dan terjual dengan harga US$ 12 juta atau sekitar Rp170 miliar.

Rumah Ozzie Nelson yang dijadikan tempat syuting film

Berikutnya adalah Rumah Ozzie Nelson, memiliki cerita tentang satu keluarga harmonis yang tinggal di Amerika. Rumah Ozzie ini dibangun pada tahun 1916. Rumah ini juga merupakan rumah yang dijadikan setting TV series lawas “The Adventures of Ozzie and Harriet”.

Rumah Ozzie [sumber gambar]
Rumah ini kemudian dibeli oleh seseorang pada tahun 2014 dengan harga Rp73,9 miliar. Anehnya, ia mengatakan bahwa dirinya sering melihat penampakan Ozzie di rumah tersebut. Bukan hanya itu,  ia juga mendengar suara langkah kaki hampir di setiap kamar tidur yang ada di rumah itu.

Ghost Palace Hotel yang terletak di Bali

Pernah mendengar nama Ghost Palace Hotel? Yap, tempat ini merupakan salah satu tempat terbengkalai yang ada di Bali. Dibangun pada tahun 1990-an, merupakan proyek investasi Tommy Seoharto. Pembangunan dengan nama Pondok Indah Bedugul Taman Rekreasi Hotel and Resort ini terhenti, karena pada tahun 2002 Tommy dipenjara.

Ghost Palace [sumber gambar]
Ghost Palace ini diyakini sebagai istana untuk para makhluk supranatural karena sudah berpuluh tahun dibiarkan kosong. Hotel ini pernah menjadi topik yang sangat viral dibicarakan. Pasalnya, pada Desember 2015 lalu, seorang pelancong bernama Jacob Laukaitis tak sengaja tersesat saat traveling dan menemukan Ghost Palace ini. Berniat mampir?

BACA JUGA: The Ghost Palace Hotel Bali, Hotel Milik Keluarga Cendana yang Terkenal Angker

Bukan cuma ditinggalkan sampai puluhan tahun, bangunan-bangunan ini juga punya kisah tersendiri di dalamnya. Apalagi, ada orang-orang yang bersaksi melihat atau mendengar hal-hal mistis di dalam bangunan ini. Nggak heran kalau 5 bangunan ini disebut angker. Tapi, meski angker ternyata harga jualnya sangat fantastis!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Miris! Belalai Terjerat Pemburu Babi hingga Hampir Putus, Anak Gajah di Aceh Ini Pun Mati

Pasangan Asal Jawa Timur Ini Akhirnya Punya Anak Kedua Setelah Simpan Embrio Selama 6 Tahun