in

5 Grup Band Ini Dulu Jadi Junjungan Anak 90-an, tapi Sekarang Tak Terdengar Suaranya

Para angkatan 90-an memang nggak pernah bisa dibandingkan dengan kids jaman now. Dari kebiasaan dan hiburan saja sudah jauh berbeda. Tahun 90-an hingga awal 2000-an, nggak ada yang namanya gadget canggih atau internet yang mahacepet, tapi bukan berarti bocah jaman dulu kurang gaul dan nggak bahagia. Justru saat itu begitu banyak hiburan berkualitas di tv.

Salah satu yang nggak kalah keren adalah grup band yang saat itu sempat melejit banget. Meski sudah lama nggak terdengar kabarnya, namun musik dan lirik mereka masih terus terngiang, bahkan enak dinyanyikan sampai sekarang. Grup band yang jarang muncul di tv di jaman modern ini, sudah pasti bikin para penggemarnya rindu setengah mati. Dan inilah beberapa grup yang dulu jadi kesukaan anak angkatan 90-an.

Base Jam

Grup band satu ini dibentuk tahun 1994. Pada awalnya, membentuk grup band nggak pernah ada di benak mereka. Semua terjadi begitu saja di tahun 1993. Saat itu, kakak beradik Aris, Sita, serta sepupu mereka Enya juga Sigit yang merupakan karyawan di PT. Jasa Marga diminta untuk tampil dalam acara tujuhbelasan di kantor mereka. Dan ternyata, penampilan mereka dapat memukau penonton dan membuat grup mereka jadi juara. Sejak saat itu, grup mereka mulai aktif di kampus hingga café.

Layaknya grup band lain, mereka juga berupaya membuat lagu sendiri. Grup band ini mulai diperhitungkan di dunia musik Indonesia sejak tahun 1996. Dari banyaknya lagu yang mereka keluarkan, Bukan Pujangga adalah lagu yang paling hits dan bikin nama Base Jam melambung tinggi pada jamannya. Namun seiring bergulirnya waktu, beberapa personil Base Jam mulai mengundurkan diri termasuk salah satu vokalis, Sigit Wardana. Meski band ini masih ada sampai sekarang, namun sempat vakum beberapa saat karena Adon Saptowo, si vokalis juga sedang sibuk bersolo karir.

Stinky

Nggak kalah hits dari Base Jam. Grup band yang digawangi oleh Andre Taulany ini juga sempat jadi idola anak angkatan 90an. Single berjudul Mungkinkah sangat melejit dan membuat Stinky banyak dikenal masyarakat. Grup band yang berkiprah sejak tahun 1996 ini telah sukses menelurkan 8 album. Meski sempat beberapa kali berganti vokalis, nampaknya Stinky nggak pernah bisa lepas dari Andre Taulany.

Hingga akhirnya, Andre kembali menjadi bagian dari grup satu ini, meski Stinky tak lagi bisa aktif seperti dulu. Para personilnya berkumpul hanya untuk menyalurkan hobi bermusik, di tengah-tengah kesibukan pekerjaan masing-masing. Seperti kita ketahui, Andre sendiri saat ini lebih dikenal sebagai comedian bersama Sule dan yang lainnya.

Romeo

Bebi sang vokalis sekaligus pianis juga tak pernah bisa lepas dari grup band satu ini. Saking melekatnya, nama Bebi sekarang dikenal sebagai Bebi Romeo meski grup band itu sendiri sudah tidak aktif saat ini. Awalnya, grup yang dibentuk tahun 1999 ini hanya iseng-iseng saja untuk menyalurkan hobi bermusik sekaligus mengisi waktu luang.

Hingga akhirnya mereka merilis lagu bertajuk Bunga Terakhir yang ternyata langsung meledak di pasaran. Bukan hanya ngehits, lagu tersebut juga langsung melejitkan nama Bebi Romeo sebagai vokalis bersuara khas dan jago bermain piano. Berkat lagu ini pula, pihak label Aquarius Musikindo langsung sebuah album penuh. Namun sayangnya, lagu-lagu yang rilis berikutnya tidak ada yang bisa melebihi kesuksesan ‘Bunga Terakhir’.

Wayang

Dongeng sebelum tidur, ceritakan yang indah biar kuterlelap…  hayo, siapa yang masih inget sama lirik lagu tersebut? Grup band satu ini punya sisi unik, Gaes. Nggak cuma orang dewasa, ada vokalis yang masih kecil tergabung dalam Wayang. Nama grup mereka melejit karena lagu mereka berjudul Dongeng Sebelum Tidur. Sesuai usia sang vokalis yang masih anak-anak, mereka nggak ngangkat tema cinta, melainkan dongeng sebelum tidur.

Meski nggak menggunakan unsur cinta, rupanya musik mereka dan keunikan suara kedua vokalisnya berhasil merebut hati para pendengar di seluruh Indonesia. Hingga video klip mereka kerap di putar di stasiun tv nasional pada masa kejayaan mereka. Sayangnya, sejak tahun 2005, nama mereka tak lagi terdengar karena salah satu personilnya harus menyelesaikan kuliah Bandung demi mengejar gelar sarjana. Salut ya, meski mereka berkarir, tetap pendidikan yang diutamakan.

Element

Grup band ini dibentuk tahun 1999. Tentu kalian ingat bahwa actor ganteng Didi Riyadi juga tergabung dalam grup ini sebagai drummer. Meski awalnya Element sempat dianggap sebagai grup band yang meragukan, namun mereka bisa membuktikan kemampuan setelah suksesnya lagu Rahasia Hati. Lagu tersebut berhasil menduduki tangga lagu di seluruh radio Indonesia di tahun 2002.

Nggak cuma terkenal di Indonesia, Element saat itu juga sangat beken di Negeri Jiran. Bahkan, mereka sempat menjadi satu-satunya bintang tamu asal Indonesia dalam acara music award Malaysia yang bergengsi di Genting Highland, yang bertajuk ‘Anugerah Era 2002’. Sayangnya, pada tahun 2006, Element mendapat ujian karena sang vokalis Lucky Wijatmoko memutuskan untuk keluar dan bersolo karir. Saat ini, grup band Element memang masih ada dengan vokalis Ferdy Taher, namun grup musik mereka tak seeksis yang dulu.

Itulah lima grup band hebat yang sempat jadi idola anak angkatan 90an. Lagu-lagu mereka yang easy listening memang selalu bikin kangen. Untunglah di YouTube masih bisa kita temukan karya mereka untuk bernostalgia.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

4 perilaku Nyeleneh Para Bos di China Pada Pekerjanya, Ada yang Disuruh Minum Urine

Heboh Video Murid Membully Guru di Kendal, Siapa yang Patut Disalahkan?