Sosok Bambang Soesatyo akhirnya resmi terpilih sebagai Ketua MPR periode 2019-2024. Pria yang akrab disapa Bamsoet itu, mengalahkan pesaing dekatnya, Ahmad Muzani dari Partai Gerindra. Dikenal sebagai politikus yang berpengaruh, Bamsoet ternyata juga pernah menjadi seorang wartawan hingga menduduki jabatan sebagai Pemimpin Redaksi .

Tak hanya di dunia jurnalistik, karir Bamsoet juga terbentang luas di dunia bisnis. Menekuni profesi sebagai pengusaha, politikus kelahiran 10 September 1962 itu diketahui memiliki nilai kekayaan senilai puluhan miliar yang terdiri beberapa aset. Salah satunya adalah koleksi mobil mewah dari berbagai merek ternama. Selengkapnya, simak ulasan berikut.

Mantan wartawan yang kenyang pengalaman berorganisasi

Semasa menempuh studi sebagai mahasiswa, Bamsoet tercatat aktif dalam keorganisasian dan menduduki posisi penting. Tercatat, ia sudah menjabat Ketua Senat Mahasiswa Akademi Akutansi Jayabaya, Ketua Umum Badan Perwakilan Mahasiswa, Ikatan Pers Mahasiswa (1986-1988), hingga Wakil Sekretaris Jenderal Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada 1088-1990.

Bambang Soesatyo Ketua MPR Periode 2019-2014 [sumber gambar]
Sebelum terjun ke dunia politik, Bamsoet terlebih dulu menekuni dunia jurnalistik sebagai wartawan Harian Umum PRIORITAS pada 1985. Dikutip dari dpr.go.id, lulusan Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia Jakarta (1985-1987) itu juga melanjutkan karir jurnalistiknya ke Majalah Vista (1987), dan diangkat sebagai Sekretaris Redaktur. Bamsoet juga pernah menjadi Pemimpin Redaksi (Pemred) Majalah Info Bisnis (1991) dan Pemred Harian Umum Suara Karya (1994).

Menekuni dunia bisnis dan sukses sebagai pengusaha besar Tanah Air

Semasa aktif sebagai wartawan, Bamsoet telah mengenal baik sejumlah tokoh dan elit politik Tanah Air, seperti Aburizal Bakrie, Agung Laksono, hingga Jusuf Kalla. Dari sana, ia kemudian dipercaya untuk menjadi Direktur PT Suara Rakyat Membangun (Suara Karya) pada 2004.

Bambang Soesatyo juga sukses sebagai pengusaha [sumber gambar]
Kepiawaiannya dalam melakukan lobi, juga menjadi salah satu keunggulan yang membuat Bamsoet sukses menekuni dunia bisnis. Dilansir dari CNN Indonesia, Ia menjabat Direktur PT Info Jaya Abadi (1991-2013), Komisaris PT Suara Irama Indah, serta Direktur Kodeco Timber pada 2007. “Bamsoet punya visi. mantan wartawan, lama di parpol. Dia punya kemampuan lobi yang baik,” ujar Pengamat komunikasi politik Romo Benny.

Miliki kekayaan puluhan miliar dan hobi koleksi mobil mewah

Dikutip dari situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Bamsoet yang terakhir kali melaporkan hartanya pada 29 Maret 2019 memiliki total kekayaan sebesar Rp98 miliar. Tentu saja, jumlah tersebut terdiri dari beberapa aset berharga dalam bentuk yang berbeda. Rinciannya, tanah dan bangunan senilai Rp71,2 miliar, alat transportasi dan mesin senilai Rp18,56 miliar, harta bergerak lainnya Rp1 miliar, surat berharga Rp120 juta, serta kas dan setara kas Rp 7 miliar.

Bamsoet dan koleksi mobil-mobil mewahnya [sumber gambar]
Tak hanya itu, ada juga koleksi mobil mewah berbagai merek seperti Jeep Land Rover (Rp1,3 miliar), Bentley Mulsanne (Rp2 miliar), Rolls Royce Phantom (Rp4,3 miliar), Mercedes Benz S 400 (Rp1,8 miliar), dua mobil listrik Tesla model X dan S (Rp1,85 miliar dan Rp1,6 miliar), Lamborghini (Rp2,1 miliar), dan Ferrari (Rp1,8 miliar), dan dua sepeda motor Harley Davidson (Rp100 juta dan Rp110 juta)

BACA JUGA: Menilik Perjuangan Fahri Hamzah Hingga Berhasil Menjadi Wakil Ketua DPR Sampai Pensiun

Bisa dibilang, sosok Bamsoet merupakan figur yang bisa menyeimbangkan kesuksesannya di bidang yang berbeda, yakni sebagai politisi (Ketua MPR periode 2019-2024) dan pengusaha. Semoga, posisinya sebagai wakil rakyat yang dijabat saat ini bisa memberikan hasil terbaik pada masyarakat.