in

Momo Challenge, Tantangan Baru di Whatsapp yang Sudah Menelan Banyak Nyawa Korban

Momo Challenge [Sumber gambar]

Belakangan ini, ada banyak challenge atau tantangan yang tersebar luas berkat media sosial. Sebut saja seperti Keke Challenge, Skip Challenge, Ketawa Challenge, dan sebagainya. Virus #InMyFeelings belum usai kini ada permainan baru yang viral di aplikasi chat Whatsapp, Momo Challenge namanya.

Tren yang satu ini booming bukan karena unik, tapi karena mengancam nyawa penantang dan mendorong mereka untuk bunuh diri. Sasaran utama dari Momo Challenge adalah anak-anak. Dilansir dari cnnindonesia.com, Momo Challenge telah merengut nyawa seorang anak perempuan Argentina yang berusia 12 tahun. Anak tersebut meninggal gantung diri di pohon belakang rumahnya demi memenuhi tantangan yang diberikan.

Momo Challenge [Sumber gambar]
Awalnya, permainan ini dimulai saat penantan menghubungi Momo, kemudian ia akan mendapatkan serangkaian pesan dalam beberapa hari. Pesan-pesan Momo ini berisi paksaan untuk menyakiti diri mereka sendiri. Jika tidak maka sang penantan akan menanggung akibatnya, bisa berupa informasi pribadi mereka akan disebar di Internet, atau juga menyakiti orang terdekat  dan teman mereka. Maka, tidak ada pilihan lain bukan selain melakukan segala apa yang Momo inginkan, mulai dari mengikat kain di leher, hingga ada yang berakhir dengan bunuh diri.

Nah, jika dilihat lebih jauh, Momo Challenge ini hampir mirip dengan Blue Whale Challenge yang sempat heboh di tahun 2017. Blue Whale ini memberikan waktu beberapa hari untuk menyelesaikan semua tantangannya, hingga korban berakhir dengan bunuh diri.

Permainan yang menggiring pada kematian [Sumber gambar]

Setelah ditelusuri, Momo ini diduga berasal dari negeri sakura. Dalam foto profil WhatsApp-nya, Momo menggunakan foto boneka perempuan aneh, berambut hitam panjang, dengan bola mata yang menonjol dan sangat seram. Dari detik.com, sebuah sumber menyebutkan bahwa kepolisian Meksiko melaporkan permainan ini berasal dari Facebook group. Anggota Facebook group tersebut ditantang melakukan komunikasi dengan nomor tidak dikenal. Jika anggota group tersebut mengirimkan pesan kepada Momo melalui ponsel, Momo akan membalasnya dengan gambar seram dan bermuatan kekerasan.

Untuk Saat ini, Momo banyak ‘dimainkan’ di Amerika Serikat, Meksiko, Prancis, Argentina, hingga Jerman. Status permainan ini pun lebih berbahaya dari Keke Challenge yang hanya berjoged dari luar mobil, perintah yang berisi kekerasan membuat sekitar 12 korban kehilangan nyawa mereka.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Iqbaal Lagi Naik Daun, Apa Kabar Personel Coboy Junior Lainnya?

Tak Sekedar Penonton, Inilah 5 Tokoh Ikonik Suporter yang Disegani Lawan dan Kawan