in

Dari Wasir Sampai Penyakit Menular, Inilah 5 Bahaya Jika Berlama-lama di Toilet Duduk

Sekarang toilet duduk banyak dijumpai di berbagai tempat. Ini karena toilet tersebut lebih bersih dan nyaman untuk dipakai. Selain itu juga memudahkan para orang-orang berusia lanjut yang tak perlu jongkok. Tapi sebenarnya menggunakan toilet duduk itu ada bahayanya untuk kesehatan sahabat boom.

Ya, toilet tersebut ada dampak buruknya terhadap kesehatan. Hal ini disebabkan kebiasaan orang yang terlalu lama duduk di toilet karena alasan ‘nyaman’. Apalagi yang biasanya membawa smartphone ke dalam kamar mandi, serasa sudah seperti tempat nongkrong andalan. Beberapa hal di bawah ini adalah contoh efek buruknya bagi kesehatan. Ayo kita simak.

1. Munculnya peradangan pada otot bagian belakang tubuh

Timbulnya penyakit wasir [image source]
Masalah satu ini merupakan hal yang sangat sering terjadi jika duduk terlalu lama di toilet. Namanya adalah penyakit wasir. Penyakit satu ini bisa muncul karena orang yang dalam posisi duduk di toilet pasti akan memaksakan feses (kotoran) untuk keluar. Jadi mau tak mau otot pada bagian belakang (anal) akan kehilangan kemampuan untuk mengeluarkan kotoran secara normal sahabat boom. Dan kalau sudah terlalu parah, pasti ada peradangan dan muncul luka.

2. Semakin lama untuk membuang feses (kotoran)

Menyebabkan sembelit yang berkepanjangan [image source]

Posisi duduk memang sangat tidak disarankan pada saat buang air besar dan kecil. Karena feses (kotoran) yang berasal dari pencernaan akan terhambat menuju saluran anus. Ya salah satu akibatnya adalah kotoran tak bisa keluar secara lancar. Dan masalah pencernaan ini disebut dengan sembelit. Pasti kalian nggak mau kan terkena sembelit? Jadi disarankan banget untuk pakai toilet jongkok aja.

3. Feses (kotoran) bakal menumpuk di pencernaan

Contoh isi perut yang kotorannya menumpuk [image source]
Nah, kalau sembelit ini sudah sering terjadi, nggak menutup kemungkinan kalau bakal ada penumpukan feses (kotoran) di dalam usus. Bisa dibayangkan dong kalau zat yang seharusnya dibuang harus disimpan di dalam tubuh berlama-lama. Hal tersebut bisa mengganggu kinerja dari saluran pencernaan sahabat boom karena usus tidak dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi secara maksimal. Dan dari gangguan itulah, biasanya seseorang akan terserang sakit perut selama berhari-hari.

4. Berakibat buruk bagi wanita

Menyebabkan infeksi saluran kencing pada wanita [image source]
Untuk wanita ini tak hanya berpengaruh pada saat buang air besar saja. Hal ini juga berdampak ketika sedang buang air kecil. Karena ternyata saluran kencing akan lebih sulit mengeluarkan urine ketika kita dalam posisi duduk. Ya akibatnya kandung kemih akan menahan urine yang tak bisa dikeluarkan. Kalau hal ini terus terjadi akan menimbulkan iritasi dan infeksi saluran kencing.

5. Timbulnya penyakit selain dari organ dalam

Banyak kuman yang bisa menular [image source]
Toilet duduk ini juga bisa menjadi penyebab dari penyakit menular loh. Karena benda satu ini sangat rentan terhadap pertumbuhan kuman yang berasal dari pemakai toilet duduk. Yang kita sudah tau pasti kan kalau toilet berbentuk seperti ini bersinggungan langsung dengan kulit pengguna. Dari hal itulah kuman akan berkumpul menjadi satu dan bisa menularkan penyakit dengan mudahnya. Hmm.. jijik nggak tuh?

Dampak buruk toilet duduk untuk kesehatan memang sangat menyeramkan ya. Jadi sangat disarankan banget untuk tidak berlama-lama duduk di toilet tersebut. Dan juga jangan lupa kalau sehabis menggunakan toilet duduk harus membersihkan bagian belakang kalian dengan tisu basah agar tak ada kuman yang menempel. Untuk lebih amannya sih pakai toilet jongkok aja.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Bukti Kehebatan Sepak Bola Tiongkok yang Siap Menjadikannya Terbaik di Asia dan Samai Eropa

Sempat Bangkrut 5 kali, Kuli Bangunan ini Akhirnya Mampu Beli Pulau Pribadi