in

Dari Pusing Sampai Kematian, Inilah Bahaya yang Muncul Jika Tidur Terlalu Lama

Tidur merupakan suatu kegiatan yang paling disukai oleh semua orang. Ya bagaimana tidak, dengan tidur kita bisa mengistirahatkan badan juga pikiran. Selain itu, kegiatan tersebut bisa membuat kita melupakan sejenak permasalahan kehidupan. Apalagi setelah ditinggalkan oleh pacar, pasti kita sangat membutuhkan yang namanya tidur.

Kalau sudah ada masalah pelik, pasti orang-orang lebih memilih untuk tidur berlama-lama. Bahkan, ada yang seharian untuk melakukan kegiatan ternyaman di dunia tersebut. Akan tetapi, tidur terlalu lama ternyata juga enggak baik untuk kesehatan lho Sahabat Boombastis.

Tidur terlalu lama bisa memunculkan beragam penyakit [Sumber Gambar]
Hal pertama yang akan dirasakan adalah bisa menyebabkan rasa pusing atau sakit kepala. Ini bisa terjadi lantaran tidur terlalu lama mempengaruhi kandungan neurotransmitter di otak. Nah, kandungan tersebut tidak akan berjalan normal seperti biasanya. Sehingga sakit kepala atau pusing akan muncul ketika kalian terbangun dari tidur. Hal ini tentu tidak kalian harapkan bukan? Karena kita menginginkan badan yang segar setelah beristirahat.

Kemudian, risiko yang akan didapatkan adalah bisa terkena penyakit diabetes. Pola tidur yang berantakan, justru akan meningkatkan kadar gula dalam darah meningkat. Apalagi kalau kalian mempunyai riwayat penyakit satu ini di dalam keluarga. Jadi, supaya kalian terhindar dari penyakit diabetes, harus lebih memperhatikan porsi tidur. Jangan berlebihan dan juga kurang dari jam yang seharusnya.

Bisa mengakibatkan sakit kepala [Sumber Gambar]

Lalu, selain berisiko terkena penyakit diabetes, konsentrasi pikiran juga akan menurun. Hal ini bisa terjadi karena sel pada otak terpaksa untuk diaktifkan pada saat bangun. Akibatnya, otak akan menjadi bingung dan tidak dapat berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu. Nah, untuk menghindarinya, kalian bisa mengonsumsi air putih setelah bangun dari tidur. Dengan begitu, kalian tidak akan kehilangan fokus meski baru bangun dari tidur.

Selanjutnya, hal fatal yang diakibatkan dari tidur terlalu lama adalah kematian. Ini disebabkan pada saat tidur, banyak organ dalam tubuh yang bekerja dalam keadaan lambat. Dari aktivitas yang melambat itulah, organ-organ bisa mati secara tiba-tiba jika tidak segera bangun dari tidur. Cukup mengerikan bukan?

Dapat mengakibatkan diabetes [Sumber Gambar]
Bisa disimpulkan nih kalau tidur memang tidak selamanya baik untuk diri kita. Terutama jika jam tidur melebihi waktu yang seharusnya. Oleh karena itu, usahakan tidur dengan rentang waktu tujuh sampai delapan jam sehari. Meski menurut kalian itu sangat kurang, tapi waktu tersebut sudah cukup untuk mengistirahatkan tubuh kita. Dijamin deh, kalau kita sudah beristirahat sesuai aturan, tubuh menjadi lebih segar. Kemudian, tidur kita tidak akan sia-sia pastinya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Albert Pike, Jenderal Perancang Perang Dunia yang Bakal Menyeret Indonesia Dalam Konflik

Kevin Aprilio Singgung Soal Habib Rizieq, 10 Netizen Ini Pusing Sampai Komentar Ngelantur