in

Sering Sekali Dilakukan, Inilah Bahaya Jika Mengeringkan Tangan Menggunakan Hand Dryer

Dari kecil, kita sudah diajari yang namanya mencuci tangan setelah melakukan kegiatan apapun. Mulai dari bermain, pulang sekolah sampai setelah berkegiatan di kamar mandi. Bisa dibilang, hal sepele ini sudah jadi kegiatan yang tidak boleh dilupakan setiap harinya. Ya alasannya karena dengan mencuci tangan, kuman tidak akan bisa berkembang biak di tubuh kita. Jadi, tubuh akan terhindar dari yang namanya penyakit.

Ngomong-ngomong soal mencuci tangan pasti tidak pernah jauh dari yang namanya mengeringkan. Biasanya kita menggunakan tisu atau tetap membiarkannya supaya bisa kering secara alami. Akan tetapi, hal ini berbeda ketika kita berada di toilet umum. Pastinya kita akan mengeringkan tangan dengan alat yang sudah tersedia. Dengan alat tersebut, hanya beberapa detik saja tangan sudah bisa kering secara sempurna.

Mengeringkan tangan menggunakan alat sangat tidak efektif [Sumber Gambar]
Melihat praktisnya alat pengering tangan, ternyata ada bahaya mengancam di baliknya. Dilansir dari Times of India beberapa waktu lalu, berbagai ahli kesehatan menyebutkan kalau alat tersebut dapat menghisap bakteri atau kuman di toilet meski kondisi kamar mandinya terlihat bersih. Akibatnya, kita yang menggunakan alat pengering tangan tersebut rawan sekali terkena infeksi karena bakteri atau kuman yang telah diserapnya. Cukup ngeri juga ya..

Selain itu, penggunaan pengering tangan justru tidak efektif untuk membersihkan kuman-kuman pada ujung jari kalian. Sehingga, kemungkinan besar bakteri atau kuman masih menempel di ujung jari. Kalau sudah begitu, bisa dibayangkan lah bagaimana ngerinya setelah itu kita makan menggunakan tangan yang pengeringannya tidak sempurna. Bisa-bisa kuman akan menumpuk di tubuh dan alhasil menjadi sarang dari penyakit.

Menggunakan tisu supaya keringnya sempurna [Sumber Gambar]

Bakteri yang pasti menempel pada alat pengering tangan adalah Escherichia Coli. Bakteri tersebut ditimbulkan dari kotoran manusia. Dengan kata lain, kuman tersebut akan menyebar ketika manusia sedang berkegiatan di dalam toilet. Ya walaupun setelah itu manusia membersihkannya, namun kuman-kuman ini tetap saja bisa menyebar dengan cepat karena bawaan dari udara. Jadi, bakteri itu bisa kapan saja menempel pada alat pengering tangan tersebut.

Oleh karena itu, supaya menghindari penyebar penyakit, kita harus mengeringkan tangan dengan benar. Caranya adalah dengan menggunakan tisu. Bersihkan setiap bagian mulai dari telapak, jari, bawah kuku hingga belakang tangan. Kalau sekali belum kering, maka ambil tisu lagi dan lakukan seperti tadi. Hal ini dijamin efektif untuk mengeringkan tangan dan menghilangkan bakteri yang menempel pada salah satu bagian tubuh kita tersebut.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Diminati Menpora, Inilah 4 Hal yang Terjadi Bila Timnas Dilatih Pelatih Manchester United

Sering Diremehkan, Limbah Tanaman ini Ternyata Bisa Diolah dan Hasilkan Miliaran Rupiah