in

Inilah 6 Alasan Kenapa Melewati Genangan Air Bikin Motormu Almarhum

Genangan air yang terbentuk gara-gara hujan turun terus menerus terkadang membuat perjalanan terganggu. Mulai dari motor yang jatuh karena terpeleset atau kendaraan lain yang terciprat ketika kita melewati genangan tersebut. Tapi banyak orang yang nggak mempedulikan hal itu, malah mereka dengan santainya melewati genangan air tersebut. Padahal melewati genangan air terlalu sering bisa berdampak buruk bagi motor.

Walaupun genangan tersebut hanya mengandung sedikit air, tapi efeknya bisa merusak motor. Motor kan merupakan mesin berjalan yang seharusnya dihindarkan dari air, tapi orang-orang banyak yang mengindahkan hal itu. Inilah beberapa efek buruk motor jika melewati genangan air.

1. Ini yang nggak disukain para pengendara

Air bisa masuk melalui knalpot [image source]
Teknologi injeksi dan eSP yang sudah dimiliki oleh motor matic dianggap terlindung dari air oleh kebanyakan orang. Padahal menurut salah satu teknisi dealer Honda di Jawa Barat mengatakan kalau injeksi dan eSP hanyalah teknologi dan bukan sebuah komponen untuk melindungi perangkat yang ada di dalam motor. Memang sih beberapa motor terutama matic sudah dilengkapi dengan soket di dalamnya yang berfungsi untuk melindungi komponen listrik agar tak korsleting pada saat kemasukan air. Tapi nggak menutup kemungkinan juga untuk bisa mogok sewaktu-waktu sahabat boombers.

2. Percikan air bisa bikin rodamu semakin runyam

Ruang CVT yang kemasukan air menyebabkan roda tak bisa berputar [image source]
Nah, ini juga nggak kalah penting untuk diketahui. Motor yang dipaksakan untuk melewati genangan air bisa juga nih menyebabkan roda tak bisa berputar. Ini karena ruang CVT yang kemasukan air secara berlebihan. Di sana terdapat V-Belt yang berfungsi untuk memicu roda agar berputar. Jadi kalau V-Beltnya rusak, otomatis motornya juga nggak bisa berjalan lagi. Satu-satunya solusi untuk mengatasi hal ini ya hanya bisa dibawa ke bengkel resmi. Itupun harus dikeringkan dahulu dan bisa menghabiskan waktu yang lama.

3. Kena genangan air terus menerus bisa masuk ke filter udara

Air bisa masuk ke filter udara [image source]
Hal ini juga harus diperhatikan sahabat boombers. Air genangan bisa masuk melalui filter udara. Akibatnya adalah air bisa bercampur dengan bahan bakar. Kalau begini sih bagaimana mau jalan motornya. Tapi tenang, kondisi seperti ini bisa diatasi dengan mudah kok. Caranya adalah kendorkan sekrup agar bisa menguras bahan bakar yang telah tercampur dengan air tadi. Kuraslah sampai bahan bakar tak terkontaminasi dengan air. Setelah itu, motor aman untuk dihidupkan kembali.

4. Asal libas genangan air, bisa bikin rantaimu semacam ini

Rantai motor bisa putus [image source]
Komponen satu ini ternyata rawan rusak kalau melewati genangan air. Ya itu adalah rantai motor. Pasalnya sih pengendara pada saat ada genangan air langsung libas saja tanpa peduli ada kubangan atau tidak. Nah, pada saat itulah rantai bisa mengendur dan membuatnya bekerja ekstra keras. Kalau nggak dibenahi dengan cepat bisa mengakibatkan hal yang fatal loh. Bisa aja karena rantai sudah tak kuat, komponen tersebut tiba-tiba putus. Kalau itu terjadi di tengah jalan, maka akan sangat merepotkan pengendara.

5. Genangan air bisa bikin velg berabe, ini buktinya!

Velg bisa bengkok [image source]
Ini masih di bagian roda sepeda motor sahabat boombers. Komponen motor yang akan berpengaruh adalah velg. Kalau pengendara asal libas saja, kemungkinan besar velg akan mengalami kebengkokan atau speleng. Tapi walaupun bengkoknya nggak seberapa, jangan pernah diabaikan ya. Karena ini bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara kalian. Selain itu juga kestabilan tergantung pada komponen yang satu ini.

6. Bisa bahayain dirimu sendiri juga nih

Genangan air yang jumlahya minim pun bisa bikin celaka. Nggak hanya untuk motor kesayanganmu, tapi juga untuk diri sendiri. Beberapa peristiwa kecelakaan terjadi karena melewati genangan air. Misalnya aja kepleset atau motor yang tiba-tiba nggak stabil dan bikin kalian jatuh. Kalau jalanan sepi masih untung, tapi kalau lalu lintas lagi ramai-ramainya kan bisa jadi kecelakaan beruntun. Hiiii.. banget kan? Jadi, jangan coba-coba ya sahabat boombers.

Jadi jangan pernah nekat untuk melewati genangan air ya. Walaupun genangan tersebut tak terlalu tinggi, kita wajib untuk berhati-hati. Pengaruhnya nggak hanya untuk motor saja, tapi juga pengendaranya. Kalau motornya rusak, siapa yang bakal repot? Pasti pengendaranya kan? Yuk, mulai dari sekarang berhati-hati untuk melewati genangan air. Sayangi motormu dan juga diri sendiri.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Enggano, Suku Asli Bengkulu yang Diabadikan dalam Relief Kuil Ratu Fira’un

Sempat Melawan Eyang Subur, Begini Sekarang Nasib Arya Wiguna Si Artis Dadakan