in

Awas! Mengorek Hidung Sembarangan Bisa Sebabkan Efek Buruk Bagi Kesehatan

Mengorek hidung alias mengupil memang sudah menjadi kebiasaan semua orang. Bukan jorok, tapi fungsinya untuk membersihkan hidung dari segala kotoran yang bisa masuk. Dengan begitu, hidung kita menjadi tak terganggu kinerjanya dan lebih bersih dari sebelumnya. Jadi enggak perlu heran kalau ada orang mengorek hidung sangat sering.

Namun, selidik punya selidik, mengorek hidung ternyata mempunyai bahaya di baliknya. Hal berbahaya tersebut bisa saja terjadi jikalau sudah dilakukan terlalu sering. Atau bisa juga karena mengorek hidung terlalu dalam. Mengejutkan memang, tapi begitulah adanya.

Mengorek hidung [Sumber Gambar]
Bahaya yang akan terjadi jika sering mengorek hidung adalah rentan mimisan. Mungkin kalian berpikir kalau mimisan bisa terjadi lantaran kecelakaan atau terlalu lama terkena panas. Namun ternyata bisa diakibatkan gara-gara mengupil terlalu sering. Ini disebabkan mengorek hidung menggunakan kuku panjang, kemudian tidak sengaja mengenai rongga indra penciuman. Sehingga hidung akan mengalami luka dan alhasil mengeluarkan darah.

Lalu efek lainnya adalah bisa mudah terkena flu. Penyakit ini dapat menjangkiti kita karena mengorek hidung menggunakan jari. Sedangkan, kita tidak akan pernah tahu apakah jari dalam kondisi bersih atau tidak. Jadi ketika ingin membersihkan hidung, wajib sekali untuk mencuci tangan sebelumnya. Agar kita terhindar dari penyakit yang mudah menularkan virus tersebut.

Bisa mimisan [Sumber Gambar]

Akibat lainnya jika kita tidak berhati-hati dalam mengorek hidung yakni bisa membuat rambut di indra penciuman rontok. Kalau sudah rontok, maka hidung tidak akan bisa lagi menyaring semua debu, bakteri, virus patogen serta kotoran. Akhirnya semua kotoran dan virus yang masuk melalui hidung dapat masuk dengan leluasa ke dalam tubuh. Kita jadi akan lebih sering terkena penyakit.

Kemudian, dampak yang akan diterima selanjutnya adalah bisa mengalami meningitis. Meningitis ini terjadi karena mengorek hidung terlalu dalam. Lalu jari tidak sengaja menyentuh tulang ethmoid yang berfungsi untuk memisahkan hidung dengan otak. Alhasil, cairan yang berada dalam otak akan bocor. Cukup ngeri kan, jadi berhati-hatilah ketika kalian ingin membersihkan rongga hidung.

Bisa akibatkan meningitis [Sumber Gambar]
Terakhir, efek yang paling fatal adalah dapat menyebabkan meninggal dunia. Itu disebabkan adanya infeksi dalam hidung atau meningitis yang tidak mendapatkan penanganan segera dari dokter. Nah, pasti kalian enggak mau kan hidupnya berakhir hanya gara-gara cara mengorek hidung yang salah?

Untuk menghindari semua bahaya di atas, ada hal yang bisa kalian lakukan nih. Pertama adalah jangan biarkan kuku panjang masuk ke dalam hidung. Lalu bisa menggunakan spray hidung supaya rongga indra penciuman terjaga kelembabannya. Kemudian biasakan ketika mengorek hidung jangan terlalu dalam ya, usahakan di bagian luarnya saja.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengintip Menu Sahur dan Berbuka Ala 6 Artis Ini, Siapa Tahu Lebaran Bisa Secetar Mereka

7 Produk Make Up Kece Remaja Zaman Old, Ada yang Kemasannya Tak berubah Hingga Kini