in

Inilah Bahaya Dari ‘Ginseng Mabur’, Si Miras Oplosan Kekinian yang Sudah Menelan Banyak Korban

Miras oplosan lagi-lagi menelan korban nih Saboom. Kemarin, di tanggal 4 April 2018 ada sekitar 10 orang yang terenggut nyawanya gara-gara mengkonsumsi minuman haram tersebut. Jenis minuman yang dikonsumsi adalah miras ginseng atau lebih akrab disebut dengan ‘Ginseng Mabur’.

Menurut salah satu orangtua korban, anaknya meminum miras tersebut baru dua hari saja. Namun, tak disangka ternyata efeknya sangat parah sehingga menyebabkan meninggal dunia dalam waktu sekejap saja. Ginseng Mabur ini juga mempunyai efek lain terhadap tubuh jika tidak ditangani dengan cepat Saboom. Oleh karena itu, kali ini Boombastis.com akan membahas apa saja dampak untuk tubuh jika diminum dalam dosis yang berlebihan.

Bisa menimbulkan sesak nafas

Bisa menimbulkan sesak nafas [Sumber Gambar]
Seperti yang kita tahu kalau minuman keras sifatnya memang memabukkan para pengonsumsinya. Tapi, berbeda dengan miras yang satu ini Saboom. Ginseng Mabur tidak menimbulkan mabuk sama sekali bagi yang meminumnya. Hanya saja minuman ini dapat memberikan efek hangat dan tenang bagi tubuh. Sehingga tidak heran banyak orang yang masih berani meminumnya. Tapi, di sisi lain para peminum akan merasakan sesak nafas di bagian dada selang beberapa waktu. Mungkin jangka waktu untuk setiap orang berbeda, tapi pada umumnya para peminum akan merasakan sesak nafas setelah beberapa jam mengonsumsi Ginseng Mabur.

Para peminum akan mengalami mual yang berlebihan

Mual yang dirasakan satu minggu kemudian [Sumber Gambar]
Rasa mual juga akan ikut dirasakan oleh para peminum miras ginseng ini. Namun, anehnya rasa mual itu baru dirasakan beberapa hari setelah mengonsumsi Ginseng Mabur tersebut. Seperti yang sudah dialami oleh Doni di Sumedang. Ia mengatakan kalau mualnya baru dirasakan satu minggu setelah minum miras ginseng. Padahal, sebelumnya ia tidak merasakan ada yang aneh di tubuhnya. Memang miras satu ini sangatlah berbeda dengan jenis yang lain. Jika yang lain setelah minum langsung mual dan ingin muntah, kalau Ginseng Mabur dampaknya baru satu minggu kemudian.

Penglihatan juga mulai kabur dan jadi buta total

Bisa menyebabkan buta total [Sumber Gambar]
Minuman haram tersebut ternyata punya efek membahayakan Saboom. Minuman ini bisa menyerang ke syaraf mata akibat dari zat metanol yang dikandungnya. Awalnya sih si peminum tidak akan merasakan apapun. Tapi, lama kelamaan ia pasti merasakan penglihatannya tiba-tiba kabur. Kalau tidak dibawa ke dokter untuk diperiksakan, bisa jadi hal buruk Saboom. Ia bisa menjadi buta total dan itu sifatnya adalah permanen. Hayo, masih mau coba-coba minum Ginseng Mabur?

Bisa merusak organ penting dalam tubuh

Organ hati akan rusak [Sumber Gambar]
Namanya juga minuman keras, pasti efeknya juga enggak baik untuk tubuh. Mulanya sih hanya berdampak biasa seperti mual atau muntah dan bisa sembuh lagi. Tapi, kita tidak akan pernah tahu bagaimana kabar dari organ dalam tubuh. Kalau terus menerus mengonsumsi minuman haram tersebut, lama-lama organ penting di dalam tubuh akan lelah juga. Contohnya saja hati yang berfungsi sebagai penawar racun. Organ tersebut akan rusak dan menjadi tidak berfungsi jika hal yang masuk ke dalam tubuh adalah minuman keras. Maka dampaknya bisa berakibat menderita penyakit kuning. Begitu juga dengan organ penting tubuh yang lainnya. Akan mendapatkan nasib yang sama ketika tubuh dimasuki oleh si Ginseng Mabur.

Ini yang harus dilakukan kalau ada yang keracunan miras ginseng

Diberi pertolongan pertama dan dibawa ke rumah sakit [Sumber Gambar]
Jangan khawatir kalau ada kerabat kalian yang sudah terlanjur minum Ginseng Mabur. Ada caranya kok supaya ia selamat dari racun minuman keras tersebut. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan menjaga jalan nafas si korban supaya oksigen bisa masuk secara maksimal ke paru-paru. Kalau sudah, berikan banyak minum agar ia tidak kekurangan cairan di dalam tubuh. Selain itu, guna minum air putih adalah untuk mengurangi racun yang ada pada tubuh si korban. Jika itu semua sudah dilakukan, harus dibawa ke rumah sakit supaya bisa diperiksa lebih detail lagi keadaan dalam tubuhnya.

Itulah dampak buruk kalau minum Ginseng Mabur. Walaupun efeknya menenangkan bagi tubuh, tapi tetap saja minuman itu tidak baik bagi kesehatan. Kalau mau selamat, jangan coba-coba deh minum Ginseng Mabur ini. Kalau tetap nekat, ya akibatnya bisa mabur ke Sang Pencipta.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Nggak Melulu Pacaran dan Bikin Onar, Siswa SMA Zaman Now juga Bisa Tuntut Keadilan

4 Fakta ‘Sumur Misterius’ di Tengah Sungai Prono Probolinggo yang Dikira Tempat Mistis