in

Penting! Hindari Konsumsi 5 Bagian Tubuh dari Ayam Ini Kalau Ingin Panjang Umur

Dari dulu daging ayam selalu jadi favorit semua umat. Bukan hanya karena enak saja, tapi juga kandungan gizi yang ada di dalamnya. Dilansir dari nakita.grid.id, daging ayam bisa mengontrol kadar kolesterol dan bisa juga mencegah risiko terjadinya kanker. Maka dari itu, penggemar daging ayam selalu bertambah setiap waktu.

Di sisi lain, daging hewan satu ini meskipun sarat akan manfaat bagi tubuh, ternyata ada bagian-bagian yang bisa membahayakan. Apalagi jika bagian-bagian daging tersebut dikonsumsi terlalu sering, bisa menimbulkan risiko bagi kesehatan. Jadi, apa saja bagian-bagian dari tubuh ayam yang dimaksud?

1. Kepala ayam yang bisa memicu penyakit di otak

Kepala ayam yang banyak difavoritkan oleh orang banyak ternyata mempunyai risiko bagi kesehatan. Dampak terburuk jika kita terlalu sering mengonsumsinya adalah bisa menyebabkan munculnya penyakit pada otak. Selain itu, bisa juga menimbulkan penyakit kelenjar getah bening yang jadi momok setiap orang saat ini.

Kepala ayam menimbulkan penyakit di otak [Sumber Gambar]
Penyakit-penyakit mengerikan tersebut bisa muncul karena kepala ayam banyak terdapat bahan kimia. Zat-zat berbahaya itu berasal dari obat-obatan yang disemprotkan oleh para peternak ayam untuk menghindari bakteri. Sehingga, bisa dibayangkan kalau tubuh terus menerus mengonsumsi kepala ayam. Bahan kimia akan semakin menumpuk di badan kita dan penyakit berbahaya bisa datang kapan saja.

2. Leher ayam yang banyak mengandung bakteri

Leher ayam yang tak kalah favorit dari bagian kepala, juga bisa menimbulkan penyakit bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Mungkin kalau makan sesekali, itu bukan masalah besar. Namun, bagi yang terlampau sering memakan leher ayam harus mulai dikurangi dari sekarang.

Leher ayam mengandung banyak bakteri [Sumber Gambar]

Sebab, di bagian leher ayam terdapat kelenjar getah bening yang berfungsi untuk menangkal segala kuman penyakit. Seperti halnya dengan manusia yang bagian kelenjar getah beningnya untuk mencegah bakteri. Jadi, bisa disimpulkan kalau leher ayam menyimpan banyak bakteri yang dapat memicu munculnya penyakit-penyakit berbahaya.

3. Sayap ayam menjadi awal munculnya tumor

Dari dulu sampai sekarang, banyak berita tersebar tentang bahayanya mengonsumsi sayap ayam. Kabar tersebut biasanya berisi tentang sayap ayam yang bisa memicu tumor atau kanker rahim. Karena, sayap ayam selalu jadi tempat untuk penyuntikan vaksinasi kesehatan. Sehingga, secara tidak langsung sayap ayam menimbun zat kimia yang sangat berisiko bagi tubuh. Namun, banyak orang yang tidak mengindahkan hal itu karena mereka menganggap kalau berita tersebut hanya isapan jempol belaka.

Sayap ayam bisa sebabkan kanker serviks [Sumber Gambar]
Tapi, beberapa penelitian menunjukkan jika makan sayap ayam terlampau banyak dan keadaan tubuh tidak fit, bisa menyebabkan tumor dan kanker rahim. Hal ini dibuktikan dengan salah satu artis terkenal Cina mengalami operasi tumor karena seringnya makan sayap ayam. Oleh karena itu, bagi orang-orang khususnya perempuan wajib berhati-hati. Jangan sampai nyawa yang jadi taruhannya gara-gara tidak bisa menahan godaan dari lezatnya sayap ayam.

4. Hati ayam dapat menimbulkan kolesterol pada tubuh

Banyak orang mengira kalau hati ayam tidak berbahaya bagi kesehatan. Mereka hanya beranggapan jika jeroan yang paling banyak mengandung penyakit adalah dari hewan sapi. Tapi ternyata anggapan tersebut sangat salah besar.

Hati ayam sebabkan kolesterol [Sumber Gambar]
Sebab, hati merupakan salah satu organ yang berfungsi untuk menetralisir racun ke dalam tubuh. Sehingga, kemungkinan besar kalau racun masih banyak yang tertinggal pada organ tersebut. Penyakit yang bisa muncul ketika kita terlalu sering mengonsumsinya adalah kolesterol, jantung dan paling parah adalah kanker.

5. Kulit ayam bisa menyebabkan obesitas

Kulit ayam yang banyak digemari oleh anak muda ini walaupun enak, ternyata punya risiko juga. Kalau kita sudah makan berkali-kali dalam satu minggu saja, bisa dipastikan tubuh akan mengalami kenaikan berat badan yang sangat fantastis.

Kulit ayam sebabkan obesitas [Sumber Gambar]
Ini disebabkan oleh kulit ayam yang menyimpan jaringan lemak dan bisa membuat gendut para pengonsumsinya. Oleh karena itu, jangan heran jika sekarang banyak anak muda yang mengalami berat badan berlebih. Jadi, apa masih mau makan kulit ayam? Yuk kurangi mulai sekarang.

Ternyata di balik enaknya ayam, terdapat beberapa bagian yang bisa menimbulkan penyakit. Ngerinya lagi, itu merupakan bagian-bagian yang sering kita konsumsi. Jadi, alangkah baiknya kalau kita mengurangi mengonsumsi kelima bagian tubuh ayam tersebut. Makan sesekali boleh, tapi jangan terlalu sering.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Indonesia Diramal Bubar 2030? 5 Fakta Ini Mungkin Bisa Menjadi Jawaban Mengejutkan Buatmu!

Tajirnya Enggak Tanggung-tanggung, 5 Selebriti Ini Miliki Alas Kaki Seharga Cicilan Rumah!