in

Penting! 5 Cara Ini Ampuh Banget Selamatkan Handphone-mu Ketika Tercebur Ke Dalam Air

Ponsel merupakan barang yang sudah termasuk penting di dalam kehidupan manusia. Sampai bisa dibilang tangan kita seperti ada lem karena handphone tak pernah lepas dari bagian tubuh manusia satu itu. Tapi walaupun kita sudah menggenggam erat barang elekronik tersebut, tetap saja bisa jatuh kapanpun dan di manapun. Ya contohnya saja jatuh ke dalam air yang bikin jantung kita berhenti sekian detik.

Ponsel terjatuh ke dalam air memang hal yang paling tidak diinginkan semua orang. Pasti semua takut handphone-nya tidak menyala lagi. Risikonya sih kita harus mengeluarkan uang untuk servis atau bisa juga ganti hp baru. Eits, tapi jangan buru-buru ambil keputusan itu Sahabat Boom. Ada beberapa cara nih untuk menyembuhkan hp kalau sudah jatuh dalam air.

1. Rendam di beras adalah cara yang paling banyak digunakan

Rendam di dalam beras [Sumber Gambar]
Hp yang basah karena jatuh ke dalam air bisa disembuhkan dengan cara direndam dalam beras Sahabat Boom. Trik ini sangat terbukti ampuh kok untuk mengembalikan ponsel seperti semula. Ini karena beras mampu menyerap air yang ada di handphone secara maksimal. Caranya adalah bongkarlah hp dari casing sampai baterainya kemudian rendam di dalam beras. Usahakan semuanya terendam ya dan jangan sampai ada yang terlewat. Kemudian diamkan selama satu hari dan lihatlah hasilnya. Pasti ponsel Sahabat Boom bisa menyala seperti sedia kala.

2. Atau bisa juga langsung melepas baterainya

Lepas komponen yang ada di hp [Sumber Gambar]

Ini juga bisa dilakukan Sahabat Boom. Langsung lepas saja casing, baterai, kartu memori dan nomor ponsel agar airnya tidak menyebar ke mana-mana. Enggak perlu untuk mematikan lewat tombol power karena itu bisa mempercepat penyebaran dari airnya. Kemudian biarkan saja sampai sehari penuh ya supaya ponsel bisa benar-benar kering. Tapi cara ini hanya untuk yang memiliki baterai yang bisa dilepas saja ya. Kalau Sahabat Boom memiliki ponsel yang baterainya injeksi bisa pencet tombol power kemudian rendam di beras seperti cara nomor 1.

3. Cara ekstrim tapi cukup berhasil juga nih

Masukkan ke dalam freezer [Sumber Gambar]
Salah satu cara ini memang agak sedikit ekstrim ya. Tapi bisa dicoba kok untuk menumpas air yang bersarang di dalam ponsel kalian. Pertama-tama bungkus aja ponsel dengan tisu yang agak tebal. Lalu masukkan saja ke dalam kulkas bagian freezer. Cara ini diterapkan agar tisu dapat menyerap air secara maksimal. Selain itu suhu dingin yang ada pada freezer akan mengeringkan air dengan cara membekukannya. Hayo, ada yang berani coba?

4. Enggak ada beras, pakai sereal juga bisa kok

Masukkan hp dan sereal ke dalam ziplock [Sumber Gambar]
Ini adalah cara yang cukup aman untuk diterapkan kok Sahabat Boom. Karena trik tersebut enggak perlu memasukkan ponsel ke dalam freezer seperti di nomor tiga tadi. Aturannya adalah dengan memasukkan ponsel dan komponen lainnya yang sekiranya kena air ke dalam ziplock. Lalau tuangkan juga sereal tanpa susu ke dalamnya dan kemudian tutup rapat ziplock-nya. Tunggu sekitar dua hari ya agar ponsel bisa benar-benar kering.

5. Bisa memakai televisi jadul alias yang berbentuk tabung

Keringkan lewat sirkulasi udara tv tabung [Sumber Gambar]
Bagi kalian yang punya televisi berbentuk tabung, bisa banget untuk dimanfaatkan. Pasti kalian lihat kan di bagian belakang tv ada banyak lubang. Itu adalah lubang untuk mengeluarkan udara. Nah, ponsel Sahabat Boom yang terkena air tadi bisa didekatkan ke lubang tersebut. Udara yang dikeluarkan cukup panas, sehingga kemungkinan besar bisa mengeringkan ponsel yang terkena air dengan cepat.

Beberapa cara di atas bisa dicoba untuk mengatasi ponsel yang tercebur ke dalam air. Tapi kemungkinan untuk hp bisa sembuh kembali tidak bisa benar-benar dipastikan. Itu karena tergantung seberapa banyak air yang masuk ke dalam handphone. Selain itu yang paling penting adalah harus benar-benar menjaga hp. Jangan pernah bawa ponsel ke tempat yang banyak airnya seperti kamar mandi atau kolam renang. Tapi kalau benar-benar membutuhkan, lapisi terlebih dahulu hp menggunakan pelindung yang kedap air.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Berhasil Sekolahkan Sampai Sarjana, Kakek Ini Malah Ditelantarkan Anaknya di Hari Tua

Terkuak! 5 Hal Ini Membuat Borobudur Dipercaya Sebagai Jejak Peninggalan Nabi Sulaiman