in

Penting! Inilah 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengatasi Kebotakan di Usia Muda

Saat ini kebotakan tidak hanya dialami oleh orang berusia lanjut aja, tapi juga yang berumur muda. Hal tersebut membuat orang yang berusia muda merasa khawatir kalau sewaktu-waktu bisa mengalami kebotakan. Bayangkan saja, mereka yang ingin terlihat keren di mata orang lain malah menjadi tidak percaya diri karena masalah satu ini.

Kebotakan di usia muda ini membuat banyak orang bertanya-tanya. Mengapa hal yang biasa terjadi oleh orang berusia lanjut, malah terjadi kepada mereka yang masih muda. Ternyata ada beberapa faktornya lho Sahabat Boom. Ini bisa terjadi karena kekurangan nutrisi, efek psikologis pada tubuh atau sedang menjalani pengobatan tertentu. Namun, hal tersebut enggak perlu untuk dirisaukan lagi Sahabat Boom. Karena sudah ada cara untuk mengatasi yang namanya kebotakan.

1. Jangan sampai stres yang berlebihan

Hindari stres [Sumber Gambar]
Ternyata stres merupakan salah satu penyebab dari kebotakan lho. Kerontokan rambut akan terus terjadi kalau stres tidak berhenti. Sehingga jangan heran deh kalau banyak orang yang berusia mudah sudah mengalami kerontokan rambut secara berlebihan. Nah, caranya supaya tidak stres berlebihan adalah harus istirahat cukup, mengatur pola makan yang sehat dan jangan lupa untuk rutin berolahraga ya.

2. Stop merokok sekarang juga

Hindari juga kebiasaan merokok [Sumber Gambar]

Untuk kalian yang hobi merokok sebaiknya kurangi deh kebiasaan itu. Atau sebisa mungkin dihilangkan aja. Karena ternyata, merokok bisa menyebabkan kebotakan lho. Bagaimana bisa? Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, rokok bisa menghambat hormon yang berguna untuk menumbuhkan rambut. Selain itu, zat yang terdapat pada rokok bisa mematikan sel darah pemberi nutrisi rambut. Hayo, perlu diingat tuh yang suka merokok.

3. Kurangi juga kebiasaan menyisir rambut terlalu sering

Jangan terlalu seing menyisir rambut [Sumber Gambar]
Untuk tampil keren, biasanya para pria enggak lupa menyisir rambutnya. Berantakan sedikit, langsung disisir biar terlihat rapi. Tapi, kebiasaan merapikan rambut yang satu ini bisa membuat rambut rontok berlebihan Sahabat Boom. Enggak hanya itu, menyisir juga ternyata dapat membuat bentuk rambut menjadi berubah dan parahnya lagi bisa merusak kutikula rambut. Rambut yang semula lurus akan menjadi keriting dan lebih cepat rapuh daripada sebelumnya.

4. Hindari makanan yang mengandung banyak gula

Kurangi juga makanan manis [Sumber Gambar]
Salah satu penyebab dari kebotakan adalah makanan. Hmm.. makanan yang seperti apa? Makanan yang mengandung gula bisa meningkatkan zat yang bernama Insulin. Kemudian, peningkatan Insulin juga akan menambah zat yang bernama Androgen. Nah, dari zat yang bernama Androgen itulah rambut akan susah untuk tumbuh. Sehingga dari sekarang harus meminimalisir konsumsi makanan yang mengandung gula. Selain gula, ada juga beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah kebotakan yaitu ikan berlemak, santapan rendah protein dan vitamin.

5. Perbanyak minum air putih

Perbanyak minum air putih [Sumber Gambar]
Air putih bukan hanya sebagai penyehat organ dalam saja, tapi untuk rambut juga berpengaruh. Air putih akan memproduksi vitamin secara alami untuk rambut. Kemudian, konsumsi air putih juga bisa membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Sehingga, bagi orang yang enggak suka konsumsi air putih, harus hilangkan kebiasaan itu deh. Jangan sampai rambut rontok hanya gara-gara kurang minum air putih

Bagaimana Sahabat Boom, mudah kan untuk mencegah kerontokan rambut yang berlebihan. Ternyata kebotakan bukan bukan hanya dari faktor hormon saja. Kerontokan rambut juga bisa berasal dari kebiasaan yang kita anggap sepele. Sehingga untuk yang sudah mulai ada tanda-tanda kebotakan rambut, bisa lihat 5 cara di atas ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Jangan Panik! Ini 4 Cara Ampuh untuk Buka Handphone yang Terkunci Ketika Lupa Password

Sering Tak laku, Kisah Pilu Kakek Penjual Amplop Ini Bikin Air Mata Bergemuruh Deras