in

Ada Aspal Lepas dari Jalan di Nias Barat, Kok Bisa Begitu Ya?

Aspal lepas di Nias Barat [Sumber Gambar]

Melihat aspal rusak sih sudah biasa. Tapi, kalau aspalnya lepas dan jumlahnya banyak, Sahabat Boombastis pernah melihatnya enggak? Fenomena langka ini terjadi di Nias Barat dan tersebar ke beberapa grup facebook, salah satunya adalah Belajar Teknik Sipil.

Di sana mereka mempermasalahkan nih, mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi. Dan parahnya, hampir separuh jalan, aspal lepas seperti karpet mushola. Sehingga, kendaraan yang lewat jalur sana pun merasa tidak nyaman karena jalannya tidak mulus.

Aspal terkelupas biasa [Sumber Gambar]
Lalu, bagaimana pendapat para ahli tentang kerusakan jalan satu ini? Nah, kalau menurut strong-indonesia.com, ini termasuk kerusakan stripping atau pengelupasan lapisan permukaan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran kurangnya ikatan antara lapisan bawah jalan dan permukaan cenderung tipis.

Aspal lepas di Nias Barat [Sumber Gambar]

Kemudian bisa juga karena intensitas hujan yang cukup tinggi. Agus Pandu Purnama selaku General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Yogyakarta mengungkapkan jika hujan sangat berpengaruh sekali terhadap pengelupasan jalan. Apalagi jika terjadi cukup lama, area yang dinamai weak spot ini bisa berlubang dan terkelupas dengan sendirinya.

Tapi, fenomena pengelupasan jalan di Nias Barat ini bisa saja terjadi karena kesalahan manusia nih gengs. Seperti ada komposisi yang kurang atau berlebih, sehingga aspal menjadi tidak awet untuk digunakan. Hal ini juga sudah sering terjadi di beberapa daerah kok. Bahkan, perbaikannya pun terkadang dilakukan secara sembarangan. Hanya dengan menumpuk aspal lalu diratakan agar terlihat seperti baru kembali. Padahal, cara seperti itu akan membuat aspal semakin tidak layak untuk digunakan.

BACA JUGA : Jalan di Daerahmu Rusak? Pemerintah Setempat Bisa Dituntut Jika Tak Kunjung Memperbaiki

Berdasarkan ulasan di atas, kita jadi tahu nih kalau kemungkinan ada tiga penyebab mengapa aspal bisa terlepas. Dua merupakan faktor alami sedangkan poin terakhir ada kesalahan dari manusia itu sendiri. Namun, butuh diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui apa faktor sebenarnya dari kejadian di Nias Barat ini. Kalau menurut Sahabat Boombastis, mana nih penyebab yang paling mungkin?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

4 Cara Putusin Pacar Paling Anti-mainstream, Ada yang Pakai Baliho Besar

Belajar dari Sosok Yance Masita, Caleg ‘Polos’ yang Punya Visi Misi Unik Bagi Rakyat