in

Saat Orang Lain Berebut Mau Jadi PNS, ASN Ini Malah Ajukan Resign dengan Alasan yang Mulia

Resign dari ASN [sumber gambar]

Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah salah satu pekerjaan yang diimpikan oleh banyak orang. Menjadi pegawai ini konon membuat hidup lebih terjamin. Setiap ada pendaftaran CPNS baru, ada banyak sekali orang yang berjibaku untuk menjadi salah satu di antara kandidat. Untuk tahun ini, akhir November lalu, pendaftaran CPNS baru saja ditutup.

Namun, di saat yang lain berlomba ingin diterima sebagai PNS, sosok satu ini malah resign dan memutuskan tak lagi menjadi PNS. Mengapa ya kira-kira? Kita simak yuk faktanya di bawah ini!

Mengundurkan diri setelah 14,5 tahun mengabdi

https://www.instagram.com/p/B5huZqXnnWS/

Waktu 14,5 tahun sebagai seorang PNS bukanlah waktu yang singkat loh. Seorang pria pemilik akun @kaligrafi_danishabby ini menuliskan sebuah cerita bahwa dirinya baru-baru ini resmi resign dari jabatan sebagai ASN. Ia mengutarakan alasan mengapa dirinya memutuskan untuk tak lagi mengabdi pada negara. Pria ini sendiri mengatakan kalau ia memulai karier dari tenaga honorer sebagai keamanan kantor di tahun 2005. Nasib baik membuat ia diangkat CPNS di Tahun 2010, dan resmi menyandang status PNS di Tahun 2011 lalu.

Ketakutan sejak menjabat sebagai staf keuangan di 2015 lalu

Resign dari ASN [sumber gambar]
Pada akhir tahun 2015 lalu, dia ditugaskan sebagai staf di bagian keuangan. Bertahun-tahun menyusun perencanaan anggaran bukannya membuat dia merasa bahagia, yang ada malah membuatnya ketakutan. Ia mengaku takut kelak mempertanggungjawabkan pekerjaannya. Sistem yang diberlakukan oleh pemerintah sekarang membuat pemilik akun ini sangat berat mengemban amanah. Karena itulah ia memutuskan untuk tak lagi menjadi seorang ASN.

Keputusan yang sangat berat, tapi menuai pujian netizen

Resign dari ASN karena takut [sumber gambar]

Dalam tulisannya, pria bernama Mubarok ini mengaku bahwa keluar dari ASN bukanlah keputusan yang mudah. Setiap pilihan itu pasti ada konsekuensinya, dan ia telah siap dengan apapun yang akan datang nantinya. “Bukan untuk menjadi sok suci, karena ketika nanti waktunya tiba, saya sendiri yg harus mempertanggungjawabkan apa yg saya perbuat, apa yg saya lihat, apa yg saya dengar, dan apa yg saya rasakan” tulis Mubarok. Ya, memang sih kalau hati dan pikiran sudah tak sejalan, lebih baik mundur perlahan~

Ada banyak sekali permasalahan di dalam pemerintahan memang, mungkin hal inilah yang membuat Mubarok takut

Anggaran yang dianggap bermasalah [sumber gambar]
Dalam pemerintahan kita, korupsi, penggelapan dana, serta kecurangan lain bukanlah hal yang asing. Ada banyak sekali pejabat negara yang harus mendekam di penjara karena tertangkap basah bermain-main dengan uang rakyat. Ya, contoh yang belum lama ini viral saja adalah anggaran APBD DKI Jakarta yang disebut netizen tak masuk akal, masa lem aibon sampai 82 Miliar? Mungkin hal inilah yang membuat Mubarok terganjal hatinya dan tidak tenang saat bekerja.

BACA JUGA: Fakta CPNS di Beberapa Negara, dari Prancis Hingga Jepang yang Terkenal Sulit Lolos

Mencari orang seperti Mubarok ini memang susah. Mengambil keputusan seperti yang ia ambil pun belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang. Untuk kamu yang sekarang masih menjadi calon pegawai negeri, utamakan rakyat dan hati nurani dalam bekerja, bukan hanya janji dan sumpah belaka.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Hal Tentang Sandra Dewi yang Netizen Ketahui, Salah Satunya Suka Membalas Komentar Julid

Kisah Gitaris Legendaris Eddie Van Halen yang Ternyata Memiliki Darah Rangkasbitung