in

Banting Setir dari Dunia Entertainment, 7 Artis Ini Pilih Jadi Pengacara

Profesi artis yang gemerlap dan mendatangkan banyak uang, memang mampu menghipnotis siapa saja. Apalagi kini, tampaknya semakin mudah menjadi terkenal berkat teknologi. Namun, ada beberapa artis yang justru memilih menekuni bidang lain dibanding mempertahankan keartisanya.

Salah satunya banting setir jadi pengacara. Ada yang sepenuhnya meninggalan dunia hiburan dan fokus menjadi pengacara. Namun, ada juga yang tetap menjalani kedua profesi tersebut. Inilah deretan artis yang kini menjadi seorang pengacara.

Maruli Tampubolon

Maruli Tampubolon [sumber gambar]
Penyanyi sekaligus aktor Maruli Tambupolon, rupanya lebih memilih profesi yang sama seperti sang ayah, Juan Felix Tampubolon. Sebelum aktif menjadi pengacara, Maruli sempat bermain dalam film Terjebak Nostalgia bersama Raisa. Kariernya di dunia tarik suara juga cukup menjajinkan. Artis berdarah Batak ini sudah merilis album berjudul Kisahku. Salah satu kasus yang ditangani Maruli adalah perceraian Thalita Latief. Kini, Maruli menjabat sebagai Ketua Bidang Hukum dan Perundang-undangan di Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP).

Barbie Kumalasari

Barbie Kumalasari [sumber gambar]

Aktris yang dikenal lewat perannya sebagai pembantu rumah tangga bernama Mbok Ijah di sinetron Bidadari ini, sempat menuai kontroversi kala berhubungan asmara dengan Galih Ginanjar. Namun di balik sensasi tersebut, Barbie diketahui berprofesi sebagai seorang pengacara. Hal ini terungkap saat dirinya mengunggah foto berita acara sumpah advokat di media sosialnya. Kasus yang ditangani Barbie pun juga menghebohkan publik. Ia menjadi pengacara dari guru ngaji yang diduga mencabuli 10 santriwati di Depok.

Faisyal Hisyam

Faisal Hisyam [sumber gambar]
Karier Faisyal Hisyam pernah berada di puncak saat ia membintangi sinetron Cerita SMU bersama Nabila Syakieb. Namun, ia sempat terpuruk setelah terjerat kasus tindak asusila. Ternyata, Faisal memilih menjadi pengacara setelah menyelesaikan studinya di Universitas Trisakti. Ia bekerja sebagai penasihat hukum di salah satu perusahaan pertambangan Indonesia. Pada 2017, Faisal bergabung dengan HFA Lawyers dan menangani masalah ketenagakerjaan.

Nadia Saphira

Nadia Saphira [sumber gambar]
Penikmat sinetron ‘Ada Apa dengan Cinta?’ yang tayang di tahun 2003, pasti mengenal sosok Milly. Karakter Milly yang lucu dan polos berhasil diperankan Nadia Saphira dengan apik hingga membuat dirinya menjadi aktris terkenal. Namun setelah itu, Nadia menghilang dari layar kaca. Rupanya, ia menekuni profesi pengacara dan mendirikan firma hukum bersama rekan-rekannya yang bernama Bayuputra Hutasoit Ganies pada 2017 lalu. Kasus terkenal yang ia tangani adalah pecelehan seksual di Jakarta International School (JIS).

Gilbert Marciano

Gilbert Marciano [sumber gambar]
Di tahun 2000-an, Gilbert Marciano sempat terkenal saat ia memerankan Jason dalam sinetron ‘Inikah Rasanya?’. Belasan tahun berlalu, Gilbert telah menjadi seorang pengacara. Ia sudah mengantongi izin sebagai pengacara sejak 2013. Namun, publik mulai mengetahui profesinya saat menangani kasus Sheila Marcia. Gilbert pun tak sepenuhnya meninggalkan dunia hiburan. Gilbert pernah mengunggah dirinya saat bermain sinetron ‘Raden Kian Santang’. Ia mengaku lebih selektif dalam memilih pekerjaan agar tak mengganggu kariernya sebagai pengacara.

Gusti Randa

Gusti Randa [sumber gambar]
Gusti Randa adalah aktor papan atas di era 90-an. Ia memerankan tokoh Samsul Bahri di sinetron Siti Nurbaya. Pria berusia 57 tahun ini juga telah membintangi sejumlah sinetron terkenal. Tak hanya di dunia artis, Gusti Randa juga terjun ke dunia hukum. Ia pernah menangani beberapa kasus, seperti kasus pelecehan perempuan yang menjerat pemain Persija Jakarta Marco Simic. Ia juga pernah mendampingi terdakwa kasus Tindak Pidana Pencucian Uang pada 2020 di bawah kantor pengacara yang ia dirikan, yaitu Gusti Randa & Partners.

Cornelia Agatha

Cornelia Agatha [sumber gambar]
Penggemar sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ pasti tak asing dengan Cornelia Agatha. Ia memerankan sosok Sarah dalam sinetron tersebut. Parasnya yang cantik membuat aktris kelahiran 1973 ini memiliki banyak penggemar. Pada 2018 lalu, Cornelia diketahui lulus dari jurusan Ilmu Hukum Universitas Kristen Indonesia. Ia pun mulai fokus menangani isu-isu kemanusiaan dan kekerasan terhadap anak-anak. Berkat keseriusannya, Cornelia menjabat sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak DKI Jakarta pada 2021.

BACA JUGA: Lepas Profesi di Dunia Entertainment, 3 Artis Ini Pilih jadi Polisi dan Tentara

Itulah beberapa artis yang memilih berkarier sebagai pengacara. Meski berasal dari dunia hiburan, ternyata mereka juga berhasil menekuni bidang lain. Bahkan, beberapa dari mereka sukses menjabat di posisi penting dan mendirikan kantor pengacara sendiri.

Written by F A Agustina

Sungai Danube Kering Akibat Kemarau Parah, Puluhan Bangkai Kapal Sisa PD II Bermunculan

Rummu, Penjara Bawah Air di Estonia yang Dijuluki Sebagai Alcatraznya Eropa