Saat bulan Ramadan, para ART seleb tanah air biasanya memutuskan untuk pulang kampung sementara dan menghabiskan waktu bersama keluarga mereka di momen lebaran. Namun, karena corona masih terus bercokol di Indonesia, ada sebagian yang memutuskan untuk tak mudik dulu, mereka menghabiskan Ramadan di tanah rantau.

Sebagian ART ini ada yang mempunyai keyakinan berbeda dengan majikan mereka. Namun, hal itu bukan menjadi perbedaan besar. Buktinya, selama bertahun-tahun mereka bisa akrab bak keluarga sendiri. Di bulan puasa seperti ini, para ART ini diperlakukan dengan lebih istimewa, dari dibuatkan menu berbuka hingga diberikan hadiah lebih.

Sarwendah, buatkan takjil untuk berbuka para ART-nya

Keluarga Sarwendah selama ini memang menjadi idola netizen karena kebaikan hati mereka. Keluarga Sarwendah dan Ruben Onsu sendiri Bergama Kristen, sedangkan para ART mereka Islam. Namun, hubungan dengan para ART sudah sangat dekat. Saat Ramadan, Sarwendah membuatkan menu berbuka untuk para ART-nya. Ia juga mengajarkan makanan apa saja yang biasa disajikan saat berbuka puasa, serta pentingnya toleransi antar-umat beragama kepada anak-anaknya.

Hadiah umrah dari Jessica Iskandar untuk ART sebagai ucapan terima kasih

Jessica Iskandar juga terkenal sangat royal kepada orang-orang yang membantunya di rumah. Di tahun 2019 lalu, ibu El Barack ini memberikan berbagai hadiah kepada para ART di rumahnya. Ada boneka, oven, mixer, hingga tiket umrah. Hadiah tersebut ia beri dengan sistem undian, dan yang beruntung mendapat hadiah paling besar (umrah) adalah asisten pribadinya, Selly. Sebelumnya, tiket umrah juga ia berikan kepada Suster Purwanti, pengasuh El Barack sejak kecil.

Sandra Dewi merasa aman karena ART di rumah rajin salat dan mengaji

Sandra Dewi [sumber gambar]
Sandra Dewi juga merupakan sosok yang dikenal sangat baik oleh warganet. Di satu kesempatan, Sandra Dewi pernah mengunggah potret ketika ART di rumahnya salat dan mengaji. Meski keluarganya menganut agama Katolik, Sandra Dewi merasa aman dan tenang. Ia merasa ada perlindungan double karena di rumahnya diisi oleh orang-orang yang taat.

Kebaikan hati Deddy Corbuzier untuk ART di rumahnya

View this post on Instagram

😍😍

A post shared by 💍 (@m.e.l.i.s.a.l.i.s.a.94) on

Sebelum menjadi mualaf, Deddy Corbuzier juga sempat menjadi sorotan saat memberikan kejutan kepada Melisa, ART di rumahnya. Melisa sendiri sudah bekerja belasan tahun di keluarga Deddy Corbuzier, mulai dari memasak, mengurus kebutuhan di rumah, hingga menjaga Azka dari kecil. Netizen memuji kebaikan hati Deddy Corbuzier dan Azka yang sudah menganggap Melisa bak keluarga mereka sendiri.

Indahnya toleransi yang dicontohkan oleh Agatha Suci

Agatha Suci [sumber gambar]
Dalam laman instagramnya, Agatha Suci pernah mengunggah curhatan di mana ia pernah melewati Masjid Istiqlal saat sedang bersama dengan ART-nya. Agatha lalu mengajak ART-nya masuk ke masjid dan berfoto di sana agar mereka merasa senang. Ternyata, hal yang sama juga dilakukan oleh ART Agatha Suci yang menemani ia berfoto di depan Gereja Ketedral. Agatha menyebut kalau mau saling bertoleransi, hubungan kedua agama berbeda pun bisa terasa adem di hati.

BACA JUGA: Inilah 4 Bukti Bahwa ART Artis Indonesia Lebih Beruntung Dibanding Seleb Internasional

Kita mungkin terlahir dengan warna kulit, suku, ras, serta agama yang berbeda. Namun, kalau bisa saling menghargai satu sama lain, maka semua akan menjadi indah dan damai kok. Contohnya banyak banget, seperti para artis di atas.