in

Argentinosaurus, Makhluk Darat Terbesar yang Pernah Hidup di Bumi

argentinosaurus terus tumbuh [image source]

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Dinosaurus. Makhluk tersebut diketahui hidup di bumi sebelum peradaban manusia. Biasanya, hewan purbakala tersebut bisa bertahan hidup hingga 700 tahun. Kalau saja mereka tidak dilumatkan oleh meteorit, tentu dinosaurus masih hidup hingga saat ini.

Beragam belulang binatang raksasa itu sudah banyak ditemukan. Dari sana bisa diketahui jika mereka memiliki banyak jenis dan ukuran. Salah satu dari golongan Dinosaurus tersebut adalah Argentinosaurus. Binatang ini diklaim sebagai makhluk darat paling besar yang pernah hidup di dunia, yang dinilai lebih besar dari pesawat dan lebih tinggi dari gedung berlantai lima. Jika hewan raksasa tersebut masih ada di dunia, tentu sekali hempasan ekor mereka saja mampu meluluh lantakkan beberapa perumahan. Untuk lebih mengenal jenis dinosaurus raksasa tersebut, berikut ini adalah penjabarannya.

Makhluk darat paling besar di dunia

Argentinosaurus diketahui memegang rekor makhluk darat paling besar dan paling panjang di dunia. Setidaknya sekitar 100 juta tahun yang lalu, Amerika Selatan merupakan rumah bagi Argentinosaurus yang kemungkinan memiliki tinggi sekitar 21 meter, sementara panjangnya kira-kira 35 meter.

argentinosaurus raksasa [image source]
Jika ditimbang, berat binatang ini mungkin mencapai 75 sampai 100 ton.  Dan tiap langkahnya, bisa dipastikan akan mengguncang tanah tempatnya berpijak. Meski memiliki tubuh yang begitu besar, kepala dari hewan ini masih tergolong kecil dengan leher yang begitu panjang.

Merupakan binatang sosial

Binatang ini tidak terbiasa hidup sendiri. Mereka selalu hidup bersama kawanan, biasanya koloni mereka terdiri dari 20 ekor Argentinosaurus. Mereka juga tidak menetap di suatu tempat, melainkan melakukan perjalanan untuk menemukan tempat baru yang dinilai dipenuhi banyak rumput.

makhluk sosial [image source]
Sebagai hewan paling besar di bumi, memang sulit dipercaya jika ada yang berani menyerang makhluk ini. Namun, Argentinosaurus remaja dipastikan lebih rentan dengan serangan para predator lain. Itulah sebab mengapa binatang ini tidak akan meninggalkan kawanan.

Binatang yang terus tumbuh seumur hidup

Argentinosaurus pertama kali ditemukan oleh Guillermo Heredia di Argentina pada tahun 1987. Nama tersebut diberikan juga merujuk pada Negara tempat ditemukannya. Beberapa induk binatang ini biasanya meletakkan telurnya dalam satu sarang.

argentinosaurus terus tumbuh [image source]
Meski termasuk binatang raksasa, namun ukuran telur mereka hanya sekitar 22 cm. Setelah menetas, Argentinosaurus membutuhkan waktu hingga 15 tahun untuk memiliki tubuh yang besar. Studi menunjukkan jika Argentinosaurus juga tidak berhenti tumbuh seumur hidup.  Bahkan, dipercaya bahwa makhluk tersebut akan tumbuh hingga 25.000 kali lebih besar.

Merupakan Herbivora

Diketahui jika binatang ini merupakan pemakan rerumputan. Leher panjangnya juga bermanfaat untuk menggapai ujung pepohonan yang tinggi, atau menyapu tanah yang dipenuhi dengan rumput dan semak-semak. Pada tahun 2002, binatang ini direkontruksikan  secara digital. Makhluk ini menjadi bintang dalam acara “Chased by Dinosaurus”.

argentinosaurus herbivora [image source]
Di mana dalam acara tersebut diceritakan bahwa Argentinosaurus menjadi mangsa dari Giganotosaurus yang memiliki tubuh jauh lebih kecil, namun merupakan predator yang garang, lain dengan Argentinosaurus yang tampak lebih gemulai.

Membahas soal dinosaurus memang tidak ada habisnya. Begitu banyak jenis yang sudah ditemukan dan diteliti. Hingga saat ini, Argentinosaurus masih memegang rekor sebagai dinosaurus terbesar yang pernah ada. Namun, tidak menutup kemungkinan jika kelak akan ditemukan lagi fosil dinosaurus yang lebih besar.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Bangsa Reptilian, Alien yang Diduga Berusaha Menguasai Bumi

Ramai dan Kocaknya Tagar #rajasalmanpastibelumpernah Bikin Netizen Ngakak Puas