in

Arabian Horse, Ras Kuda Termahal di Dunia yang Harganya Setara Mobil Mewah

Dibandingkan dengan binatang peliharaan lain, kuda bisa dikatakan sebagai yang paling elit. Kenapa seperti ini, alasannya tentu beragam. Mulai dari bentuk, harga, fungsionalitas, kesan, dan tentu saja riwayat sejarahnya. Sejak dulu kuda memang peliharaan kebanggaan. Bahkan seseorang sudah bisa dinilai kualitasnya dari kuda yang dimiliki.

Nah, lantaran kuda memiliki begitu banyak kehebatan, maka adalah hal yang lazim kalau nilai jual mereka sangat tinggi. Berbicara soal kuda mahal, maka jenis Arabian tentu haram untuk dilewatkan. Ya, kuda jenis ini adalah yang paling mentereng soal harga. Satu ekornya bisa ditukar dengan mobil mewah atau rumah elit plus isinya. Benar-benar luar biasa, kan?

Arabian Horse mendapatkan julukan kuda termahal bukan tanpa sebab. Di mata para penggemar kuda ia adalah primadona yang setiap sisinya sangat sempurna. Lebih jauh soal si Arabian Horse, berikut beberapa fakta tentang si kuda termahal di muka Bumi tersebut.

Ras Kuda Paling Kuat dan Gahar

Banyak orang yang berkata memiliki Arabian sama artinya seperti mempunyai kebanggaan yang tak terbantahkan. Pasalnya, begitu para penggemar kuda mengetahui ada seseorang memiliki kuda ini, maka respek mereka akan sangat tinggi kepada sang pemilik. Hal ini tak lain karena Arabian memiliki keistimewaan yang luar biasa.

Ras kuda terkuat [Image Source]
Salah satu poin mentereng Arabian adalah ia dianggap sebagai jenis ras terkuat. Bahkan Mustang yang liarnya seperti itu, dipercaya bakal kalah melawan Arabian. Kuat ini maksudnya adalah ketahanan tubuhnya. Dikatakan kalau kuda satu ini bisa berlari sangat jauh tanpa menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Ia juga punya speed yang sangat bagus. Makanya, tak jarang kalau orang-orang sering memakai kuda ini di pacuan.

Jenis Kuda Tercantik

Soal tampilan cantik atau tidak tentu itu relatif. Tapi, kalau yang berbicara adalah pakar, maka kecantikan itu bisa dinilai. Berbicara soal kuda tercantik, tentu kita bakal pilih Shetland Pony dengan bentuk tubuhnya yang unik, atau sang ratu Clydesdale dengan bulunya yang eksotis. Namun, di mata para ahli, kuda tercantik justru Arabian.

Jenis kuda paling gagah [Image Source]
Alasan kenapa seperti itu tak lain adalah tampilannya yang gagah. Mustang sangar memang, tapi posturnya masih kalah dengan Arabian. Tak hanya body, bentuk kepala warna kulit Arabian yang pas juga membuatnya makin sempurna. Bagi para penggemar kuda, Arabian ini sudah seperti wanita cantik yang bentuknya sangat aduhai.

Punya Sejarah yang Membanggakan

Setiap kuda punya sejarahnya sendiri, pun begitu dengan si Arabian ini. Ia dikatakan sebagai tunggangan para raja di masa lalu, khususnya para pemimpin tanah Arab. Tak hanya itu, kuda ini juga jadi kendaraan perang utama di zaman dulu. Mereka tak terkalahkan soal ketahanan sehingga dipilih sebagai pendamping prajurit.

Punya sejarah yang membanggakan [Image Source]
Kalau berbicara soal eksistensi, jenis Arabian dikatakan sebagai ras kuda tertua. Disebutkan kalau kuda ini sudah diternakkan sejak 5.000 tahun lalu. Bahkan ada yang bilang juga kalau Arabian sudah mulai dipakai pada 2.000 tahun sebelum masehi. Dalam dunia kuda ia pantas disebut senior.

Sifat-Sifat Arabian Sangat Mempesona

Kuda mungkin hanya peliharaan, namun begitu mereka memiliki karakteristik layaknya manusia. Dan berbicara soal itu, kuda Arabian ini memiliki sifat-sifat yang akan membuatmu makin kagum. Dikatakan kalau mereka ini sangat pintar, peka, dan sangat pemberani.

Sifat mengagumkan Arabian Horse [Image Source]
Kuda Arabian juga memiliki sifat yang agak angkuh. Jadi, ketika ia diremehkan maka jangan harap si kuda ini akan memberikan rasa hormatnya. Jangankan ditunggangi, dinaiki dia takkan sudi. Namun, kalau kita sangat perhatian, maka mereka bakal loyal. Sifat seperti ini tak dimiliki oleh setiap kuda, tapi kita bisa menemukannya pada Arabian.

Harga Arabian yang Bikin Jantungan

Dengan semua keunggulan hebat yang dimilikinya, maka adalah hal yang sungguh lucu kalau Arabian dibanderol sangat murah. Dan faktanya, harga kuda ini memang sangat mahal. Bahkan ia disebut sebagai yang termahal di dunia.

Harga Arabian Horse [Image Source]
Untuk bisa memboyong seekor Arabian biasa, setidaknya kita harus sediakan sekitar $100 ribu atas sekitar Rp 1,3 miliar. Ini masih yang biasa lho, belum yang memiliki riwayat bagus semisal pernah jadi juara pacuan. Kalau kondisinya seperti itu, kuda ini bisa berlipat-lipat harganya. Mungkin bisa 3-4 kali harga biasa. Makanya, membeli seekor Arabian itu sama saja memboyong sebuah mobil mewah atau rumah elit.

Sebagian orang mungkin mempertanyakan kewarasan dari mereka yang membeli Arabian Horse mengingat harganya yang luar biasa. Tapi, kalau kita memandang dari sudut yang berbeda, banderol mahal untuk kuda ini adalah wajar karena Arabian Horse memang luar biasa. Apalagi nilai sejarah mereka yang benar-benar tak bisa diremehkan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Fakta Korps Speciale Troepen, Pasukan Khusus Belanda yang Dilaknat tapi Berjasa Besar

Paloh, Negeri Gaib yang Dipercaya Bersemayam di Pedalaman Hutan Kalimantan