Pekerjaan memang hal yang sangat urgent dan sering ditanyakan oleh banyak orang. Namun, meskipun lapangan kerja konon tersedia banyak sekali, masih saja banyak orang-orang yang merasa bahwa mereka sangat kesulitan mencari pekerjaan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, mencatat bahwa tingkat pengangguran terbuka menurut daerah pada bulan Agustus 2018 sebesar 5,34% dari total angkatan kerja. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya informasi mengenai lowongan kerja yang ada di luar sana, seperti yang termuat dalam teknologi.id.

Nah, padahal di zaman teknologi yang sudah sangat canggih seperti sekarang ini, seharusnya kamu bisa mendapatkan pekerjaan impian dengan mudah. Asalkan punya skill dan kamu juga sering kepo ke beberapa aplikasi berikut ini, kamu pasti bisa bekerja di perusahaan atau tempat kerja impian kamu deh.

JobStreet

JobStreet [sumber gambar]
Apakah kamu kenal dengan Lina? Ya, Lina ini adalah sosok yang sering menyebarkan lowongan kerja dari laman JobStreet. JobStreet sendiri masuk dalam salah satu list aplikasi lowongan kerja terbaik yang ada di Indonesia. Lebih dari 230 ribu pekerjaan bisa kamu lamar melalui JobStreet. Bagi kamu yang ingin bekerja di luar negeri, kamu juga bisa mencarinya berdasarkan negara, karena JobStreet tak hanya menyediakan lowongan dari dalam negeri saja, tetapi juga berbagai pekerjaan dari negara-negara lain.

Kalibrr Job Search

Kalibrr [sumber gambar]
Kalibrr termasuk startup pencari kerja baru yang berasal dari Filipina. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai lowongan dari berbagai negara, terutama Asia Tenggara. Kalibrr juga mendapat dukungan dari banyak investor dunia. Untungnya, di Kalibrr ini ada fitur “Saved” sehingga kita bisa menyimpan informasi lowongan pekerjaan tersebut dan dengan mudah membukanya lagi saat dibutuhkan. Untuk kamu yang akan mencari pekerjaan hanya dalam waktu yang singkat, maka carilah perusahaan dengan ikon petir yang berarti perusahaan tersebut dinilai cepat dalam menanggapi para pelamar atau responsif.

Karir.com

Karir.com [sumber gambar]
Kalau kamu mau mencari aplikasi yang merupakan buatan anak negeri, maka ini jawabannya. Karir.com merupakan aplikasi pencari lowongan pekerjaan yang diklaim sebagai platform penyedia lowongan kerja pertama yang ada di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 1999. Berkantor di Jakarta, Karir.com bisa diakses dengan mudah, ada versi website dan juga mobile. Lowongan yang ditawarkan pun beragam sekali, kamu bisa memasukkan CV dan surat lamaran ke berbagai instansi atau perusahaan besar serta universitas yang terkenal.

LINE Jobs

Line Jobs [sumber gambar]
Para pengguna LINE pasti sudah tak asing lagi dengan notifikasi yang sering masuk ke smartphone kamu. Ya, tak hanya info drama dan berita terbaru saja, LINE juga menyediakan lowongan kerja di mana kamu bisa melamar sesuai dengan skill yang kamu punya. LINE untuk saat ini bekerjasama dengan Jobs.id dan HiredToday. Selain itu ada pula kanal khusus LINE Jobs di mana setiap orang bisa mengakses informasi terkait lowongan kerja paling baru ataupun info job fair yang sedang dan akan berlangsung. Kabar baiknya, LINE Jobs ini menyasar para generasi millennial yang punya segudang skill dan prestasi.

Freelancer

Freelancer [sumber gambar]
Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan lowongan untuk kamu yang ingin bekerja sambilan atau tidak full-time. Ada banyak sekali lowongan yang ditawarkan kepada para pekerja lepas, mulai dari editor, freelance writer, jasa pembuat website, Desain grafis, penerjemah, hingga admin. Seperti dilansir dari cosmopolitan.co.id, kamu hanya perlu mengisi kolom skill yang kita kuasai, kita pun bisa menentukan harga jasa yang kita tawarkan berdasarkan durasi maupun per proyek. Aplikasi ini bersifat jaringan internasional, jadi kita pun bisa menemukan pekerjaan dan bersaing dengan para freelancer dari seluruh dunia.

BACA JUGA: Setelah Gaji 8 Juta, Pelamar Kerja Tanpa Etika Ini Kembali Viral di Jagad Maya

Dengan bantuan 5 aplikasi pencari kerja di atas, semoga kamu bisa segera menemukan pekerjaan yang cocok, syukur kalau sesuai dengan minat dan bakat kamu. Namun, balik lagi untuk bisa diterima di pekerjaan impian, kamu juga harus punya skill yang mumpuni.