in

BBM Mengundurkan Diri, 4 Aplikasi Chatting Ini Juga Senasib Dengannya

Masyarakat yang sekarang selalu berinteraksi dengan internet, membuat banyak pengembang aplikasi berlomba-lomba menciptakan ide baru. Salah satunya seperti aplikasi chatting yang pasti digunakan pengguna smartphone setiap harinya. Tapi, karena persaingan antar pengembang terlalu ketat, pasti ada aplikasi yang menang dan juga kalah. Nah, omong-omong soal aplikasi yang mengalami kekalahan, Blackberry Messenger (BBM) adalah salah satunya nih gengs.

Yap, beberapa hari lalu BBM resmi berpamitan kepada seluruh pengguna smartphone di dunia. Aplikasi yang dulu sangat hits tersebut, kini mengumumkan akan berhenti beroperasi pada tanggal 31 Mei 2019 mendatang. Ini karena pihak pengembang BBM mengakui jika tidak bisa bersaing dengan aplikasi yang banyak digunakan di pasaran. Hmm.. tapi, peristiwa seperti ini ternyata tidak terjadi sekali saja nih. Banyak juga aplikasi yang alami nasib serupa dengan BBM.

Yahoo Messenger yang dulu jadi akar dunia perpesanan

Siapa yang dulu pernah menggunakan Yahoo Messenger? Sepertinya hampir semua pembaca memakainya ya. Tentu saja, ini karena aplikasi yang lebih sering dibilang YM tersebut merupakan wadah chatting pertama di dunia internet. Dan yang paling disukai adalah cara pengoperasiannya sangat mudah.

Yahoo Messenger [Sumber Gambar]
Sayangnya, seiring berjalannya waktu, YM mulai tersingkir. Alasannya tak lain dan tak bukan karena sudah banyak aplikasi yang lebih canggih dan menyediakan fitur menarik. Jadilah, Yahoo Messenger resmi menutup operasinya sejak 17 Juli 2018 lalu. Duh, masih enggak bisa move on nih dengan keberadaan YM.

mIRC yang beken dengan “ASL PLS”

Selain Yahoo Messenger, mIRC juga tak kalah terkenal saat itu. Biasanya, aplikasi satu ini digunakan oleh anak-anak gawl yang ingin cari teman di dunia maya. Dan pastinya pertanyaan yang selalu ada di mIRC adalah ASL PLS yang artinya asal plis. Tujuannya untuk mengetahui si kawan chatting berasal dari kota mana.

mIRC [Sumber Gambar]
Tak jarang mIRC juga jadi ajang pencarian jodoh. Awalnya berkenalan, minta nomor telepon, sms dan berlangsung ke pernikahan. Eh, bukan-bukan, maksudnya berlangsung ketemuan. Ya bisa dibilang aplikasi inilah yang menjadi pemicu pertama para remaja saling jatuh cinta lewat media sosial atau bahkan patah hati. Namun, keseruan chatting ala-ala generasi 90an di mIRC terhenti sejak masuk tahun 2010. Sebab, mIRC sudah tak bisa digunakan lagi dan tidak diketahui apa penyebabnya.

MXit yang rupanya hampir mirip dengan BBM

Pernah tahu MXit? Mungkin ada para pembaca yang asing mendengar ini. Alasannya karena aplikasi satu ini hanya digunakan oleh orang-orang kantoran. Dan tentunya masyarakat yang ponselnya sudah mumpuni pada saat itu. Kalau kalian melihatnya, aplikasi chat tersebut tampilannya hampir mirip dengan BBM.

MXit [Sumber Gambar]
Namun bedanya, MXit bisa terhubung dengan pengguna layanan Google Talk dan Windows Live Messenger. Nah, meskipun ia memiliki kecanggihan tersebut, pemilik dari MXit memilih menutupnya pada 30 September 2016. Bukan karena tak sanggup bersaing dengan aplikasi lainnya. Aplikasi ini ditutup lantaran sang pemilik sudah tidak mampu membiayai sistem operasional untuk tahun berikutnya.

Google Allo yang hanya beroperasi selama dua tahun

Di tahun 2016 lalu, Google meluncurkan aplikasi chatting bernama Allo. Demi Allo bisa laris di pasaran, Google sampai mengiklankannya di televisi. Tapi, sepertinya usahanya tersebut hanya berhasil dalam kurun waktu yang sangat singkat. Pasalnya, tidak banyak pengguna smartphone menggunakan Allo sebagai aplikasi chatting utamanya.

Google Allo [Sumber Gambar]
Maka dari itu, Google memutuskan untuk menutup Allo di Bulan Maret 2019 kemarin. Raksasa teknologi tersebut akan berpindah ke Messages sekaligus membawa fitur andalan Allo. Hingga saat ini, Google masih berusaha supaya Messages bisa lebih maju dari Allo dan disukai oleh masyarakat di seantero dunia.

BACA JUGA : Bakal Menghilang, Inilah 4 Hal yang Dirindukan dari Aplikasi Chatting Legendaris BBM

Aplikasi-aplikasi di atas memang sempat hits pada zamannya. Namun saat ini, mereka sudah ditutup dan diganti oleh aplikasi yang kerap kita pakai saat ini. Kalau melihat aplikasi chatting di atas, kalian dulu sering menggunakan yang mana nih?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Belum Genap Setahun, Inilah Deretan Prestasi Dahsyat yang Sukses Diciptakan Zohri di 2019

Erin Taulany dan 5 Public Figure Tanah Air yang Dipolisikan Gara-gara Pencemaran Nama Baik