in

Nostalgia 5 Aplikasi Chatting Populer Anak 90-an yang Sekarang Cuma Tinggal Baunya Saja

Zaman sekarang segala para developer sudah mengembangkan berbagai aplikasi yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi. Apalagi selain canggih bisa di download dengan mudah lagi dari appstore secara gratis. Terutama aplikasi chatting, yang sekarang gak hanya kirim pesan, namun juga bisa video call hingga melihat berita terbaru.

Bicara soal aplikasi chatting, sekarang sih banyak pilihannya tapi dulu hanya beberapa nama yang beken. Beda dengan zaman sekarang, bahkan melalui aplikasi chatting zaman dulu ini sering dilakukan kopdar besama sesama anggota meskipun awalnya gak ada yang kenal. Yuk bernostalgia dengan aplikasi chatting jadul ini.

Idola anak muda zaman dulu, namun kini tinggal nama

Tentu kamu sangat tahu dengan aplikasi yang satu ini, ya Yahoo Messenger sempat menjadi trending hampir banyak orang zaman dulu. Kamu pasti ingatkan, pada tahun 2000-an, hanya aplikasi ini yang bisa mengirim pesan lebih cepat dari pada sms.

Yahoo Messenger [sumber gambar]
Apalagi kala itu juga ada fitur video hingga telepon yang membuatnya jadi beda dengan yang lainnya. Jadi bukan hal yang aneh kalau ada hampir 1 Miliar pengguna dari aplikasi chat yang merajai di zamannya. Namun sayang pada 17 Juli 2018 lalu, YM terpaksa ditutup karena sudah dianggap tak memenuhi kebutuhan zaman dan ingin beralih pada produk aplikasi komunikasi yang baru.

Mxit aplikasi wajib yang ingin punya banyak kenalan

Pemilik handphone gaul pada waktu itu tentunya tidak akan pernah melupakan aplikasi yang satu ini. Ya, bagaimana tidak pasalnya Mxit lebih digandrungi ketimbang melakukan SMS. Selain murah, pesannya pun lebih cepat sampai. Apalagi waktu itu tinggal memasukkan nomor ponsel saja, kita bisa menambahkan kontak yang di telepon hingga mencari kenalan baru.

mxit

Bedanya dengan yang lain Mxit terlihat lebih privasi ketimbang aplikasi serupa. Namun pada masa itu Mxit mengalami pemblokiran lantaran banyak operator seluler yang merasa merugi dengan tarif yang diberikan. Hingga akhirnya Oktober 2016 Mxit resmi mengucapkan selamat tinggal.

mIRC ‘kakek’nya aplikasi chatting dunia

Kalau yang satu ini mungkin cocok disebut sebagai sesepuh dari aplikasi chatting sukses di dunia. Bagaimana tidak, pasalnya waktu itu hanya mIRC lah yang paling digandrungi bahkan hampir setiap warnet komputernya wajib memilikinya. Berbeda dengan chatting yang lain, mIRC lebih fokus pada kenalan baru.

mIRC [sumber gambar]
Itu berarti setiap pengguna membuat nickname sendiri kemudian masuk dalam sebuah channel atau room baru bisa berkenalan dengan yang lain. Waktu itu mIRC tidak hanya sebatas chatting, pasalnya banyak dari para penggunanya yang melakukan kopi darat. Bagi yang pernah merasakan zamannya, pasti kangen dengan sapaan ini, ‘ ASL PLS’ (Age, Sex, Location, Please)

Nimbuzz! Tongkrongan online para anak muda

Yang satu ini pasti nempel banget dengan anak 90-an dan 2000-an, ya Nimbuuz! Meskipun namanya unik, namun banyak kenangan yang ada di aplikasi chat tersebut. Bagaimana tidak, fiturnya yang lengkap membuat banyak orang yang nimbrung di sana.

nimbuzz [sumber gambar]
Mulai dari sekedar chatting, share lokasi, melacak lokasi dan lain-lain dapat ditemukan fitur mudah darinya. Kalau zaman sekarang sih mungkin biasa, tapi zaman dulu lain lagi ceritanya dan hanya ada di Nimbuzz ini. Dan satu hal lagi dari aplikasi ini adalah untuk mengirimkan pesan ‘Buzz’ pada lawan chatting untuk memastikan mereka aktif atau tidak.

eBuddy satu untuk semua dan semua untuk Satu

Nah kalau yang ini bisa dibilang jembatan penengah untuk segala aplikasi chatting yang ada di hape. Sebuah mengintregasi instan messenger membuat pengguna tidak perlu kerepotan buka-buka laptop atau PC saat berada di luar. Hanya tinggal buka eBuddy semua pesan baru pun langsung bisa dicek.

ebuddy [sumber gambar]
Bayangkan saja mulai dari Facebook Messenger, Yahoo Messenger dan lain-lain pun terhubung di dalamnya. Tidak hanya ada di hape, versi desktop pun dapat dimiliki, sehingga tak perlu repot-repot lagi meski buka tab berjibun hanya untuk mencari pesan baru yang masuk.

Mungkin karena zamannya yang sudah terlanjut canggih, jadinya banyak aplikasi tersebut yang kini sudah tergerus dengan yang lain. Namun demikian, aplikasi-aplikasi tersebut bisa dibilang memiliki banyak kenangan yang tak terlupakan. Jadi pensaran gimana kabar para teman chat waktu itu ya sekarang?

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

14 Tweet Netizen Tentang ‘Sudah Balas Panjang-panjang’ Ini Bikin Ngakak Enggak Karuan

4 Sosok Keturunan Indonesia yang Sukses Jadi Tentara di Negara Lain, Salah Satunya Anak Artis