Angkringan di Jepang? Ah, mana mungkin, angkringan mah di Jogja atau di Solo. Itu sih yang kita tau, kenyataannya tempat makan murah meriah ini memang benar-benar ada di Jepang. Dengan nuansa yang khas dan tak menghilangkan ciri khas warung Jogjanya, angkringan ini viral di kalangan netizen.

Letaknya di dekat stasiun Ikebukuro. Kalau kamu ke Jepang boleh mampir deh. Cita rasanya dijamin tak banyak berbeda dengan angkringan yang ada di Jogja. Yuk, kita lihat seberapa uniknya tempat makan ini?

Pertama kali dibagikan oleh seniman Jepang

Penampakan angkringan Jogja [sumber gambar]
Banyak netizen yang dibingungkan oleh foto-foto angkringan yang ada di Jepang. Yap. Pasti kamu juga bertanya-tanya kan kok bisa sih angkringan itu sampai di Jepang. FYI, ini memang foto asli ya guys, bukan editan. Jadi, foto-foto ini pertama kalinya dibagikan oleh Jun Kitazawa di laman facebook pribadinya. Nah, Jun ini sendiri merupakan seorang seniman Jepang yang sekarang tinggal dan menetap di Yogyakarta.

Angkringan ini dalam rangka pameran seni

Penampakan angkringan dari jauh [sumber gambar]
Nah, ternyata eh ternyata, angkringan yang terlihat di beberapa sudut Jepang ini merupakan bagian dari NOWHERE OASIS project yang digagas oleh Jun Kitazawa sendiri. proyek dan pameran seni ini berlangsung dari 1-10 November 2019. Misinya ia memadukan budaya dua negara, yakni angkringan di tengah modernitas Kota Tokyo. Gerobak-gerobak yang menjual makanan angkringan ini ada di beberapa tempat, seperti sepanjang jalan Ikebukuro, Tokyo. Ada pula yang di depan Plaza Teater Tokyo Metropolitan, dan beberapa di dekat stasiun kereta.

Penjual yang menjaga angkringan juga lancar berbahasa Jawa

Angkringan dan pernak-perniknya [sumber gambar]
Ya, tentu enggak lengkap dong kalau yang menjual adalah orang Jepang. Pastinya, suasana angkringan di kota rantauan akan lebih terasa saat yang menjual juga orang Jawa asli. Menu-menu yang ada di sana pun dibuat semirip mungkin dengan angkringan versi Kota Jogja, sebagai menu andalannya sih ada Nasi Kucing. Serunya lagi, makanan dan minuman yang dijual di angkringan juga tergolong murah meriah yakni mulai dari harga Rp 1000. Murahnya keterlaluan ini mah. Banyak juga yang sudah mengunjungi angkringan ini dan memberikan testimony kepuasan mereka.

BACA JUGA: 9 Warung Makan Paling Banyak Dijumpai dan Jadi Ciri Khas di Indonesia

Jadi, angkringan ini memang dihadirkan dalam rangka pameran budaya ya guys. Untuk kalian yang mungkin sedang berada di Jepang, bisa banget mampir karena angkringannya ada di beberapa titik. Yang menjual juga pandai berbahasa Jawa dan yang pasti, harganya murah meriah, sehingga jangan takut kantong kalian jebol.