Pelantikan anggota baru Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 memang penuh dengan hal-hal yang menarik. Selain diisi oleh mereka yang datang dari dunia selebritis, para wakil rakyat itu juga dijabat oleh anggota yang usianya berada di bawah 30 tahun. Ya, mereka adalah para millenial yang duduk di kursi dewan.

Menariknya, para anggota DPR millenial ini ternyata mempunyai latar belakang dari kalangan pejabat. Dilansir dari Kumparan, mereka datang dari keluarga politikus, kepolisian, hingga pejabat tinggi BUMN. Beberapa dari mereka juga merupakan lulusan dari universitas luar negeri. Siapa sajakah mereka?

Puteri Komarudin dari Partai Golongan Karya (Golkar)

Datang dari fraksi Golongan Karya (Golkar), Puteri Anetta Komarudin yang berusia 26 tahun akhirnya terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Tak hanya itu, anak dari mantan Ketua DPR Ade Komarudin itu juga merupakan lulusan University of Melbourne di Australia. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Puteri tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 40 miliar.

Rizki Natakusumah yang diusung Partai Demokrat

Rizki Natakusumah bersama kedua orangtuanya yang merupakan pejabat negara [sumber gambar]
Berhasil melenggang ke Senayan setelah mengantongi 56.123 suara di daerah pemilihan Banten I yang mencakup Kabupaten Pandeglang dan Lebak, Rizki Aulia Rahman Natakusumah sukses jadi anggota DPR periode. Hebatnya lagi, pemuda 24 tahun itu juga merupakan lulusan S1 dan S2 dari University of Nottingham, Inggris. Rizki yang terjun sebagai politikus, merupakan anak dari Anggota DPR dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Achmad Dimyati Natakusumah.

Hillary Brigita Lasut yang bernaung di Partai Nasdem

Cerdas, muda, dan sukses menjadi anggota DPR periode 2019-2024, menjadi gambaran bagi seorang Hillary Brigita Lasut. Bayangkan saja, si usia yang baru 23 tahun, ia sudah bisa duduk sebagai wakil rakyat. Terlebih, persaingan untuk dapat lolos ke Senayan juga sedemikian ketatnya. Tak heran jika politikus jebolan Washington University itu jadi sorotan. Selain itu, Hillary juga merupakan anak dari Bupati Kep. Talaud Elly Engelbert Lasut.

Muhammad Rahul datang dari Partai Gerindra

Muhammad Rahul yang diusung oleh Partai Gerindra [sumber gambar]
Senada dengan Hillary Brigita Lasut, Muhammad Rahul yang juga berusia 23 tahun akhirnya terpilih sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Kemenangan ini diperoleh setelah dirinya mengantongi suara pribadi sebanyak 22 ribu lebih untuk dapil Riau 1. Bernaung di Partai Gerindra, Rahul merupakan anak dari Wakil Ketua Komisi VII DPR, Muhammad Nasir.

Farah Puteri Nahlia berkiprah bersama Partai Amanat Nasional (PAN)

View this post on Instagram

Assalamualaikum Wr Wb, Saudaraku, saya percaya bahwa kesejahteraan masyarakat dapat terbangun karena adanya pendidikan yang baik. Alhamdulillah, saya telah menyelesaikan pendidikan jenjang S2 di London – Inggris, bidang Politik dan Hubungan Internasional. Latar belakang pendidikan dan pengalaman melihat pembangunan yang baik di negeri orang membuat saya terpanggil untuk membangun negeri saya sendiri. Melalui lembaga negara DPR-RI, Insya Allah saya akan menerapkan apa yang telah saya pelajari untuk membantu saudara semua mewujudkan Subang-Majalengka-Sumedang yang lebih sejahtera. Amin. #sahabatfarah #semangatmudaperubahan #farahputerinahlia #nengfarah #fpn #pan #partaiamanatnasional #caleg #caleg2019 #calegdprri #pemilu #pemilu2019 #subang #subangjaya #majalengka #majalengkahits #sumedang #sumedanghits

A post shared by Farah Puteri Nahlia, BA., MSc. (@farahputerinahlia) on

Jika keluarga DPR milenial lainnya datang dari kalangan politisi, Farah Puteri Nahlia yang sukses terpilih menjadi anggota DPR periode 2019-2014 itu merupakan puteri dari Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri, Brigjen. Pol. Fadil Imran. Ia sukses maju ke Senayan setelah sukses mengantongi sebanyak 113.263 suara di dapil Jawa Barat IX, mencakup Subang, Majalengka, Sumedang. Tak hanya itu, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga merupakan lulusan S1 dan S2 bidang politik dan hubungan internasional di Royal Halloway University of London, Inggris.

BACA JUGA: Melihat Rumitnya Perjalanan Mulan Jameela Menjadi Anggota DPR yang Diwarnai Gugatan

Ada pula nama-nama seperti Arnaka Akram (24 tahun), Fahcri Konggoasa (24 tahun), Adrian Paruntu (25 tahun), Bramantyo S (26 tahun), Dyah Roro Esti (26 tahun), yang juga merupakan anak-anak dari orang-orang berpengaruh di Indonesia. Karena baru dilantik, kita tunggu saja kiprah mereka sebagai wakil rakyat untuk lima tahun ke depan.