in

5 Alasan Kenapa Menjadi Anggota DPR Membuatmu Cepat Kaya

Kucuran dana proyek

Bagi sebagian orang, menjadi anggota DPR adalah sebuah impian. Akhirnya mereka melakukan segala cara agar saat pemilihan namanya mendapatkan suara yang banyak. Ia akhirnya melakukan kampanye dengan menghabiskan banyak sekali uang. Bahkan ada yang rela nekat hutang sana-sini hingga menjual tanah dan sawah.

Alasan mereka melakukan itu karena menjadi DPR membuatnya (mungkin) cepat kaya. Dan memang benar, menjadi anggota DPR akan membuat anda menjadi cepat kaya. Tidak percaya? Nih lima alasan yang mendasarinya!

1. Gaji Pokok Tinggi

Tidak akan ada yang mau jadi anggota DPR jika gajinya rendah. Bahkan sesuai dengan UMK daerah setempat. Gaji anggota DPR bisa berlipat-lipat jumlahnya dari gaji karyawan biasa. Itulah mengapa banyak sekali orang yang ngebet jadi anggota DPR meski pengalaman tentang politiknya nol besar.

Gaji Pokok Tinggi [image source]
Gaji Pokok Tinggi [ Sumber Gambar]
Gaji besar inilah yang disinyalir membuat calon anggota DPR atau bahasa gampangnya caleg bersemangat. Akhirnya banyak dari mereka lupa tugas pokok anggota DPR yang sesungguhnya. Rakyat yang memilihnya dilupakan dan dianggap tidak pernah ada. Ironi?

2. Kehormatan pun Ditunjang

DPR adalah jabatan yang memiliki sebuah kehormatan. Bahkan saking hormatnya negara sampai memberikan tunjangan kehormatan ini. Sayangnya banyak sekali dari anggota DPR yang kelakuannya tidak menunjukkan sebuah kehormatan. Bahkan banyak yang mengecewakan rakyat.

Kehormatan pun Ditunjang [image source]
Kehormatan pun Ditunjang [Sumber Gambar]
Lantas buat ada dana kehormatan? Dengar-dengar MKD atau Mahkamah Kehormatan DPR saja dapat sogokan. Entah benar atau salah. Tapi hal-hal semacam ini cukup membuat rakyat jadi geram. Bahkan tak sedikit yang mengutuk para anggota dengan yang (katanya) terhormat.

3. Listrik dan Telepon Enggak Bayar

Tarif listrik saat ini membuat banyak rakyat kecil menjerit. Tak sedikit yang akhirnya menunggak hingga PLN terpaksa mencopot sambungannya. Untuk masalah listrik, anggota DPR mendapatkannya gratis. Bahkan sebulan mereka mendapatkan penerimaan ini sebesar Rp. 4.000.000.

Listrik dan Telepon Enggak Bayar [image source]
Listrik dan Telepon Enggak Bayar [ Sumber Gambar]
Selain listrik, mereka juga dapat subsidi telepon. Enak sekali kan? Pun mereka juga masih mendapatkan uang komunikasi insentif. Jadi anggota DPR itu enak. Sedikit-sedikit bisa menjadi uang. Pantas saja mereka bisa menjadi kaya dengan cepat.

4. Ada Dana Aspirasi

Anggota DPR juga mendapatkan yang namanya dana aspirasi. Dana ini dianggap mirip dengan dana politik pork barrel yang ada di Amerika. Biasanya dana ini diberikan untuk membayar jasa-jasa konstituen di daerah tempat mereka menyelenggarakan pemilihan.

Ada Uang Aspirasi [image source]
Ada Uang Aspirasi [ Sumber Gambar]
Artinya pemerintah membayari anggota DPR untuk membalas jasa kepada para simpatisan. Besarnya dana aspirasi lumayan banyak, bahkan diberikan setiap bulan. Jika uang ini tidak diberikan kepada masyarakat, bukankah pundi uang anggota DPR semakin bertambah?

5. Dana Proyek dan Kunjungan ke Luar Negeri

Bukan rahasia lagi jika anggota DPR juga kadang mendapatkan proyek besar. Biasanya mereka melakukan kerja sama dengan perusahaan dengan balasan diloloskan izinnya. Jika proyek ini jumlahnya banyak maka uang anggota DPR juga semakin banyak dan jadi kaya raya.

Bisa dapat kucuran dana proyek [Sumber Gambar]
Selain uang proyek mereka juga sering ke luar negeri. Pemerintah akan membayari mereka, bahkan memberi uang saku yang banyak. Mereka mengatakan jika ke luar negeri untuk studi banding. Namun nyatanya mereka justru melakukan kegiatan yang kadang tidak berguna. Sebut saja berfoto dengan calon presiden Amerika, Donald Trump. Mereka mempermalukan negaranya tapi masih mendapatkan banyak uang.

Itulah lima hal yang bisa membuat banyak anggota DPR jadi cepat kaya. Ada lagi sebenarnya alasan yang membuat mereka kaya: Korupsi. Namun kita tak boleh berburuk sangka dengan anggota DPR kita kan? Nanti takutnya dituduh menzolimi, padahal tugas mereka juga berat. Buktinya banyak anggota DPR tidur di ruang sidang, kan?

Well, anda berminat jadi anggota DPR?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

gaya kebule-bulean

5 Tingkah Orang Indonesia yang Ingin Bergaya Kebule-bulean

7 Legenda Hantu Mengerikan dari Berbagai Daerah di Indonesia