in

Andorra, Negeri Paling Aman dan Tentram di Dunia Meskipun Tak Punya Tentara

Dari banyaknya negara di dunia, nama Andorra bisa dibilang sebagai salah satu yang paling jarang didengar. Ya, faktanya memang banyak lho orang-orang yang tak tahu akan negeri ini. Padahal kalau dilihat dari eksistensinya, Andorra itu negara nomor 14 tertua di dunia. Ya, Andorra adalah sebuah negara mungil yang ada di Eropa, tepatnya berbatasan dengan Perancis dan Spanyol.

Tentang Andorra, negara satu ini memang unik luar biasa. Tak hanya karena luasnya yang sangat mungil atau mungkin umurnya, tapi juga hal-hal menarik lainnya. Misalnya adalah tentang keamanan. Tahukah kamu kalau negara satu ini adalah yang paling aman di dunia? Ya, Andorra selama bertahun-tahun menempati daftar negara paling secure di dunia. Padahal nih, negara satu ini nggak punya militer lho. Ajaib ya.

Nah, tentu saja tidak hanya itu yang jadi keunikan Andorra. Masih ada beberapa lainnya yang mungkin akan membuatmu terkejut. Dan berikut adalah fakta-fakta unik Andorra selengkapnya.

Negara Paling Aman di Dunia

Andorra sering disebut-sebut sebagai destinasi yang tepat untuk dikunjungi ketika Perang Dunia III pecah. Alasannya tak lain karena negara satu ini memang aman luar biasa. Ibaratnya seperti sebuah daerah dengan tembok tinggi menjulang yang mencegahnya dari segala hal.

Negara paling aman di dunia [Image Source]
Negara paling aman di dunia [Image Source]
Alasan kenapa Andorra sangat aman bukan karena militer yang begitu kuat atau semacamnya, tapi, lebih karena sikap mereka yang netral. Ya, hal ini ternyata membuat Andorra tak pernah tersentuh intervensi negara-negara asing selama ratusan tahun. Sikap tidak memihak yang mereka lakukan pun tak memunculkan konflik dalam negeri sendiri. Percaya tidak percaya, tapi di Andorra sudah tak pernah terjadi konflik sejak seribu tahun lalu. Hebat ya.

Negara dengan Kriminal Nol Persen

Kriminal memang negatif, tapi hal ini lumrah dijumpai di tiap negara. Bahkan di Meksiko atau Venezuela kejahatan sangat mudah terjadi, istilahnya segampang orang bersin. Nah, ketika di negara-negara lain kriminal jadi hal lumrah, di Andorra tidak demikian. Ya, menemui aksi kriminal sama seperti mencari alien di sini. Sangat susah.

Andorra negeri sepi penjahat [Image Source]
Andorra negeri sepi penjahat [Image Source]
Selama bertahun-tahun Andorra begitu sepi kejahatan. Bahkan menurut data yang ada di sini hampir nol persen lho pertumbuhan angka kriminalitasnya. Makanya, negara satu ini begitu populer di kalangan turis karena sangat jarang terjadi aksi kriminal.

Tak Punya Tentara, tapi Perancis-Spanyol Siap Bela

Dengan kondisi yang begitu aman dari luar dan dalam, mungkin kita berpikir kalau Andorra memiliki semacam tentara yang luar biasa. Kesannya mungkin begitu, tapi pada kenyataannya negara satu ini justru tidak punya seorang pun tentara. Ya, Andorra adalah salah satu negara di dunia yang tak memiliki satuan militer.

Militer Perancis [Image Source]
Militer Perancis [Image Source]
Meskipun sepi tentara, tapi hampir tidak ada satu pun negara di dunia yang berani macam-macam dengan Andorra. Alasannya tak lain karena negeri damai ini punya dua pengawal kuat yang siap melindunginya dari segala macam ancaman. Ya, siapa lagi mereka kalau bukan Perancis dan Spanyol. Ketiga negara ini memang terlibat semacam komitmen untuk saling melindungi satu dan lainnya. Sebagai informasi, Perancis dan Spanyol adalah negara paling hebat soal militer di ranah Eropa.

Negara dengan Harapan Hidup yang Sangat Tinggi

Dengan nuansa yang menyenangkan serta kondisi aman luar dalam, maka apalagi yang diharapkan oleh orang-orang Andorra? Ya, bisa dibilang tak ada. Mereka benar-benar menikmati hidup yang sebenar-benarnya. Makanya, kemudian hal tersebut berpengaruh kepada life expectancy alias harapan hidup yang sangat tinggi.

Negara dengan harapan hidup tinggi [Image Source]
Negara dengan harapan hidup tinggi [Image Source]
Menurut data yang ada, rata-rata umur orang Andorra itu cukup panjang. Kurang lebih sekitar 82 tahun. Hal ini membuat mereka masuk ke dalam daftar negara dengan harapan hidup paling tinggi. Bagaimana jika dibandingkan negara kita? Hmm, selisihnya begitu jauh lho ternyata. Harapan hidup di Indonesia adalah 70 tahun.

Wisata Jadi Andalan Utama Andorra

Meskipun bukan negara terkaya, namun kehidupan di Andorra ini begitu makmur. Kalau dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah ‘gemah ripah loh jenawi’. Alasannya kenapa negara ini berkecukupan tak lain karena sektor pariwisata mereka yang luar biasa. Negara ini penduduknya hanya sekitar 85 ribu saja, tapi dikunjungi lebih dari 10 juta orang per tahun.

Wisata jadi andalan Andorra [Image Source]
Wisata jadi andalan Andorra [Image Source]
Pemerintah Andorra memang sangat serius di bidang pariwisata. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya tempat-tempat menyenangkan yang didirikan. Mulai dari hotel, resort, tempat ski dan lain sebagainya. Tak hanya itu, pemerintah sana juga menghapus segala pajak. Sehingga negara ini juga jadi surga belanja yang luar biasa.

Inilah Andorra, negeri yang kecil tapi benar-benar hebat dan mengejutkan. Kapan-kapan kalau punya waktu dan biaya coba deh kunjungi negara satu itu. Dijamin bakal sangat puas dan juga tak perlu takut soal kriminal karena negara ini hampir tak punya penjahat.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Akhirnya! Vaksin Revolusioner untuk HIV/AIDS Ditemukan Umat Manusia

Pati Geni, Ritual Ala Jawa yang Dipercaya Bisa Membuat Seseorang Digilai Wanita