in

Fakta Anak dengan Nama 19 Kata, Susah Punya Akta Kelahiran sampai Ayahnya Surati Presiden

Ada doa dalam setiap rangkaian nama yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya. Tidak heran dalam proses pencarian nama, biasanya orang tua mencari inspirasi ke sana ke mari. Harapannya,  nama yang dipilih akan memberikan kebaikan seumur hidupnya. Beberapa waktu yang lalu, di Tuban ada orang tua yang sedih karena nama anaknya.

Bukan karena anaknya di-bully, tapi nama sang anak dinilai terlalu panjang sehingga menemui banyak kesulitan. Karena nama tersebut, sang anak tidak bisa memiliki akta kelahiran, padahal kini usianya sudah 3 tahun. Ayah dari anak ini pun sampai menyurati Presiden Jokowi. Kok bisa ya? Ini fakta yang berhasil kami rangkum.

Lahir tahun 2019, namanya jadi yang terpanjang di Indonesia

6 Januari 2019 merupakan haru yang bahagia untuk pasangan Arif Akbar dan Suci Nur Aisyiah. Pasangan di Tuban tersebut dikaruniai seorang anak laki-laki dengan sehat dan tak kurang satu apa pun. Seperti orang tua pada umumnya, Arif pun sudah mempersiapkan nama untuk buah hatinya.

Nama terpanjang di Indonesia [sumber gambar]
Adalah Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta, nama yang diberikan Arif khusus untuk sang anak. Dalam nama tersebut, tersemat doa dan harapan yang diberikan pada anaknya. Siapa sangka, nama tersebut adalah yang terpanjang di Indonesia, yakni 19 kata. ‘Rekor’ sebelumnya diberikan pada anak yang memiliki nama rangkaian 17 kata.

Karena nama jadi kesulitan punya akta kelahiran

Niat hati sang ayah memberi nama yang begitu panjang pada anaknya, agar kelak makna dari namanya tersebut membawa kebaikan dan keberuntungan. Apa daya, karena nama itu juga sang anak yang kini sudah berusia 3 tahun belum juga memiliki akta kelahiran. Padahal sang ayah sudah beberapa kali ke kantor Dukcapil Tuban.

Kantor Dukcapil Tuban [sumber gambar]
Dilansir dari Detik.com, sang ayah mengatakan bahwa nama anaknya melebihi 50 karakter dari ketentuan yang ada di SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan). Arif tentu merasa kecewa karena ia telah berjuang tiga tahun lamanya untuk Cordo, sang anak. Ia juga membandingkan anak lain yang punya nama 17 kata dan bisa memiliki akta kelahiran.

Disarankan mengganti nama, ayah sang anak surati Presiden Jokowi

Tiga tahun sudah Arif berjuang untuk mendapatkan akta kelahiran anaknya. Selama itu pula, ia mendapatkan saran dari Dukcapil Tuban untuk mengganti nama anaknya. Tentu saja, ia merasa kecewa dan menyayangkan jika harus sampai melakukannya. Sebab, bagaimana pun ada doa dan harapan dirinya dan istri bagi sang anak.

Surat terbuka untuk Jokowi [sumber gambar]
Ia tetap berharap agar akta kelahiran anaknya tetap bisa diproses meski tanpa mengganti nama. Apalagi sebentar lagi anaknya akan memasuki usia TK, di mana membutuhkan akta lahir sebagai salah satu syarat masuknya. Tak berhenti berjuang, Arif dan keluarga sampai mengirim surat terbuka pada Presiden Jokowi. Ia berharap agar anaknya segera diakui oleh pemerintah dan masuk database Dukcapil.

Arti dari nama terpanjang di Indonesia

Jika pada akhirnya nanti nama anak dari Arif ini mendapatkan akta kelahiran, maka Cordo akan memecahkan rekor nama terpanjang di Indonesia. Sementara ini, nama terpanjang dipegang oleh Aiwinur Siti Diah Ayu Mega Ningrum Dwi Pangestuti Lestasi Endang Pamikasih Sri Kumala Sari Dewi Puspita Anggraini yang diketahui kini sudah remaja.

Cordo bersama keluarga [sumber gambar]
Penasaran nggak sih dengan apa arti dari nama Rangga Madhipa Sutra Jiwa Cordosega Akre Askhala Mughal Ilkhanat Akbar Sahara Pi-Thariq Ziyad Syaifudin Quthuz Khoshala Sura Talenta? Dilansir dari PopMama.com, Arif menyebutkan bahwa nama tersebut membawa doa agar anaknya menjadi putra yang saleh, berbakti pada orang tua, bermanfaat bagi agama, serta berguna untuk nusa dan bangsa. Ia juga menyebutkan bahwa namanya berkaitan juga dengan sejarah nama kota teladan Islam.

BACA JUGA: Mengejanya Bikin Lidah Kepleset, Ini 4 Fakta Bayi dengan Nama Glhynnyl Hylhyr Yzzyghyl

Orang tua memang memiliki hak dan kewajiban untuk memberi nama pada buah hatinya. Panjang atau pendek, semuanya berisi doa dan harapan terbaik yang kelak bisa diterima oleh sang anak. Meski tidak ada aturan yang melarang untuk memberi nama anak dengan rangkaian panjang kata, namun sebaiknya memilih panjang yang ideal agar anak dimudahkan pada hal-hal administratif kelak.

Written by Alenka

Kisah Bocah di China yang Viral karena Pakai Hazmat dan Bawa Koper Sendiri ke Rumah Sakit

Beratnya sampai 35 Kg, Ini 5 Fakta Ditemukannya Bom ‘Mother of Satan’ di Gunung Ciremai