in

4 Tokoh Anak Muda ‘Difabel’ yang Punya Peran Penting di Indonesia

Setiap anak yang lahir, mereka pasti berharap menjadi orang dengan fisik sempurna. Namun, kenyataannya ada juga yang lahir dan tumbuh dengan keterbatasan atau difabel. Hal ini bukan berarti membatasi anak tersebut untuk menerima saja keadaannya, tidak. Mereka harus berusaha lebih keras dan tidak menyerah untuk meraih semua mimpi dan menjadi inspirasi.

Di Indonesia, ada banyak sekali sosok difabel yang sukses dan punya peran penting. Dari yang menjadi staf khusus kepresidenan, pendiri sekolah difabel, hingga berkarya sampai level internasional. Siapa saja ya? Simak dalam ulasan Boombastis.com berikut ini ya!

Surya Sahetapy, aktivis tuli yang terus kembangkan bahasa isyarat

Panji Surya Sahetapy adalah putra dari Ray Sahetapy dan Dewi Yull. Ia lahir ke dunia yang hening bagi telinganya. Namun, tuli tidaklah menjadi halangan bagi seorang Surya untuk terus berkarya dan menjadi sumber manfaat untuk orang lain. Pria yang sekarang berumur 26 tahun ini menjadi aktivis tuli paling berpengaruh di Indonesia.

Surya Sahetapy [sumber gambar]
Bersama rekan sesama tuli, ia membuka kelas BISINDO (bahasa isyarat Indonesia) demi kesejahteraan semua orang tuli yang ada di tanah air. Ia juga tergabung dalam organisasi yang memperjuangkan kesejahteraan kaum tuli seperti GERKATIN. Tak hanya itu saja, Surya yang sekarang kuliah di Rochester Institute of Technology ini juga pernah menjadi wakil Indonesia dalam konferensi tuli internasional di Inggris.

Angkie Yudistia yang sekarang menjadi stafsus presiden

Sama seperti Surya Shaetapy, Angkie Yudistia juga merupakan difabel yang lahir tuli. Sedari kecil ia sudah merasakan bagaimana seorang difabel harus berjuang keras untuk menyamai teman-teman tanpa keterbatasan fisik. Benarlah kata pepatah kalau ‘hasil tak akan mengkhianati proses’, Angkie berhasil diterima di London School of Public Relations hingga mendapat gelar sarjana.

Angkie Yudistia [sumber gambar]

Karena masih banyak yang menganggap difabel tak akan bisa bekerja dengan baik, maka Angkie tergerak membangun ThisAble Enterprise yang memiliki beberapa visi misi, salah satunya sosial bisnis for society profit yang menangani CSR bagi anak-anak difabel. Tak hanya sukses menjadi inspirasi bagi pra kaum tuli saja, ia juga terpilih menjadi salah satu staf khusus kepresidenan.

Habibie Afsyah, sukses dengan bisnis online marketingnya

Adalah Habibie Afsyah, seorang difabel yang hasilkan ribuan dollar karena kegigihannya dalam berbisnis online bidang marketing. Sejak kecil, Habibie menderita penyakit langka, Muscular Dystrophy Progressive yang membuat ia hanya bisa duduk di kursi roda. Meski kerap menjadi objek diskriminasi, ia punya kecerdasan di atas rata-rata teman seusianya.

Habibie Afsyah [sumber gambar]
Setelah lulus SMA, karena ketertarikannya dengan dunia internet dan gaming, Habibie akhirnya mengikuti pelatihan  internet marketing di Singapura dengan biaya Rp15 juta. Hal inilah yang akhirnya membawa Habibie menuju tangga kesuksesan. Sukses di bidang marketing, ia juga menulis sebuah buku berjudul Kelemahanku Adalah kekuatanku Untuk Sukses. Bahkan, Habibie mendirikan sebuah yayasan khusus yang menampung para penyandang difabel agar kelak punya masa depan yang cerah.

Sang pianis tunanetra yang gelar konser di Australia, Michael Anthony

Selama ini kita biasanya melihat pianis berbakat yang ternyata tunanetra di dalam film-film, kan? Nah, kali ini ada sosok nyata dan berbakat yang berasal dari Indonesia, namanya Michael Anthony. Di umurnya yang yang sekarang 17 tahun, Michael sudah punya segudang prestasi yang mengharumkan namanya.

Michael Anthony [sumber gambar]
Lahir premature membuat ia ‘istimewa’ dari anak lain. Karena hal itu, ibunya yang mencari hal yang disukai oleh Michael, yang ternyata adalah bermain piano. Tak pernah ambil les formal, Michael bisa memainkan setiap musik dengan sempurna. Bahkan, ia menggelar sebuah konser di Australia. Atas pencapaian itu, ia juga meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

BACA JUGA: Tak Menyerah, Pria Difabel Ini Mampu Hasilkan Dollar Dari Usaha Barunya

Tak ada kata menyerah untuk kalian yang lahir dengan fisik yang sempurna. Setiap orang tentu punya jalan masing-masing untuk menapaki tangga kesuksesan. Teruslah berusaha dan tidak putus asa, jika suatu saat kamu ingin menyerah, maka ingatlah mereka. Orang yang dari lahir tidak dengan fisik sempurna saja bisa menjadi sesuatu, apalagi kamu yang sudah punya kesempurnaan itu.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Kondisi Tubuh yang Kerap Ditandai dengan Sakit Perut Sebelah Kiri, Jangan Parno Dulu

Sikat 30 Kg Perhiasan, Inilah Pencuri Asal Thailand yang Bikin Pangeran Arab Jantungan