in

Wajib Tau! Inilah 5 Cara Aman Berkendara Sepeda Motor dari Incaran Jambret

Berkendara menggunakan sepeda motor memang sangat banyak risikonya. Selain bisa jatuh sewaktu-waktu, juga ada kemungkinan untuk dijambret. Biasanya sih yang jadi incaran utama dari para penjahat adalah para wanita. Itu karena wanita kerap memakai tas yang mudah sekali untuk direbut.

Tapi seiring berjalannya waktu, penjahat tak hanya mengincar wanita aja, namun juga para pria. Jadi sekarang semua orang harus tetap waspada pada saat berkendara. Nah, kita lihat yuk cara berkendara sepeda motor yang aman supaya tidak menarik perhatian penjambret.

1. Khusus untuk wanita nih

Ibu-ibdu dijambret perhiasannya sehingga membuatnya terjadtuh dari sepeda motor [image source]
Hal ini dianjurkan sekali untuk pengendara wanita. Biasanya para perempuan suka memakai perhiasan yang agak berlebih jika hendak bepergian. Dan hal tersebutlah yang bisa menarik perhatian penjambret untuk merebut barang berharga kalian. Jadi disarankan sekali nih untuk nggak pakai perhiasan yang mencolok. Kalau ingin tetap menggunakan perhiasan sih ada beberapa trik. Cara yang pertama adalah pakai saja perhiasan yang sederhana dan tidak mencolok. Dan untuk cara yang kedua bisa menggunakan jaket untuk menutupi perhiasan kalian. Dengan cara itu sahabat boom akan aman dari incaran penjambret.

2. Para perempuan juga harus perhatikan cara ini

Seorang guru yang dijambret tasnya hingga terluka parah [image source]

Biasanya para perempuan zaman now itu memakai tas slempang untuk bepergian. Karena selain praktis, juga muat untuk dompet dan ponsel aja. Jadi nggak heran kalau kita di jalan raya, banyak wanita yang memakai tas slempang yang dibiarkan menjulur di samping badan begitu saja. Padahal secara tidak langsung perlakuan mereka itu mengundang penjambret untuk mengambil tasnya. Jadi untuk menghindari hal itu terjadi sebaiknya slempangkan tas ke bagian depan badan agar tak terlihat pengendara lain dari belakang. Tapi untuk lebih amannya sih letakkan tas di dalam jaket yang kalian gunakan supaya seolah-olah tidak membawa tas.

3. Nggak hanya tas slempang, ransel pun juga kudu diwaspadai

Sebaiknya pakai tas ransel di depan dada [image source]
Ransel sudah dianggap beberapa orang sebagai tas yang paling aman untuk digunakan ke mana saja. Itu karena dua tali yang ada pada ransel cukup kokoh dan tidak gampang ditarik oleh orang lain. Padahal sebenarnya ya nggak juga karena penjahat bisa melakukan apa saja untuk mendapatkan ransel kalian misalnya dengan cara menarik paksa tas hingga membuat pemakainya terjatuh. Pasti nggak mau kan hal tersebut terjadi pada kalian? Cara mengatasinya adalah letakkan tas di depan dada tapi jangan lupa untuk mengunci tali ransel di bagian punggung ya. Dengan cara ini ransel sahabat boom tidak akan mudah untuk dirampas para pejambret.

4. Ini juga bisa dilakukan sahabat boom

Usahakan untuk membawa teman [image source]
Jika kalian tak ingin untuk menghadapi penjahat sendirian, solusinya adalah bawa teman. Tapi teman dibawa bukan untuk jadi tumbal pengusir jambret ya. Bawa teman berfungsi untuk menghindari kalian dari incaran para penjahat. Karena biasanya, jambret lebih suka pengendara yang sendirian. Intinya sebisa mungkin bawa orang yang bisa menemani kalian untuk bepergian apalagi pada waktu malam atau harus melewati jalanan yang sepi. Tapi perlu diingat, jangan bawa pacar teman ya.

5. Hal yang wajib dilakukan kalau udah didekati motor pejambret

Bunyikna klakson terus menerus kalau didekati motor pejambret [image source]
Ini adalah hal yang harus dilakukan kalau sahabat boom sudah didekati oleh motor penjahat. Caranya adalah berteriak sekencang-kencangnya supaya menarik perhatian orang di sekitar. Selain itu kalau misalnya suara kalian habis, bisa kok bunyikan klakson terus menerus agar semua orang yang ada di sana bisa menoleh ke arah kalian dan membantu mengusir para penjahat. Cara ini sangat ampuh untuk membuat para pejambret ketakutan dan memilih untuk pergi.

Cara-cara di atas harus diterapkan ya. Karena kita tidak akan pernah tau kapan kejahatan akan datang. Jadi nggak ada salahnya untuk tetap waspada di manapun kita berada. Dan hal yang perlu diingat dan tidak boleh lupa adalah harus berdoa terlebih dahulu sebelum bepergian.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Inilah 10 Editan Berita Online Dijamin Bikin Ngakak Sampai Jengkulitan

Dulu Angon Bebek, Pemuda Miskin ini Sukses Bergaji Rp. 100 juta Dengan Pekerjaan Barunya