Jumat adalah hari istimewa bagi orang-orang Islam. Mengapa? Hari ini merupakan hari raya –selain Idul Fitri dan Idul Adha, untuk para muslim. Ada banyak sekali anjuran yang disunnahkan untuk dilakukan menurut Rosullullah, Muhammad SAW.

Keistimewaan Jumat ini sendiri disebut dalam hadis shahih yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, disebutkan “Sebaik-baik hari yang pada hari itu mata hari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu ia dimasukkan ke surga dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi). Oleh karenanya, kali ini Boombastis.com akan memaparkan beberapa amalan yang besar ganjarannya saat dikerjakan.

Membersihkan diri

Membersihkan diri [sumber gambar]
Bagi para lelaki yang melaksanakan solat Jumat, mungkin sudah tau ya dengan keistimewaan hari ini. Tak hanya membersihkan diri saja, setiap kita juga disunnahkan memakai wangi-wangian. Hal ini seperti disebutkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari, “Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

Membaca Surah Al-Kahfi

Membaca Al-Kahfi [sumber gambar]
Amalan lain yang tak kalah banyak dilakukan oleh orang-orang adalah membaca Surah Al-Kahfi, surat ke 18 (yang ada di juz 15). Membaca surah Al-Kahfi sendiri bisa dilakukan pada Kamis (malam Jumat) dan hari Jumat (hingga berakhir). Keutamaan Surah Al-Kahfi ini sendiri disebut dalam hadits riwayat Abu Sa’id Al-Khudri, di mana Rosulullah bersabda “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jumat.”(HR Hakim dalam Al-Mustadrok). Membaca Al-Kahfi secara tidak langsung meminta agar Allah memberikan ketenangan hati hingga satu pekan kemudian. Ketenangan hati berguna untuk menghadapi dinamika hidup. Selain itu, kita akan dilindungi dan dijauhkan dari fitnah Dajjal.

Membaca Surah Yaasiin

Membaca Yaasiin [sumber gambar]
Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa “Barangsiapa membaca surat Yaasiin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr). Nah, hadits inilah yang menjadi pedoman kita selama ini. Tak hanya Surah Yaasiin saja biasanya, amalan ini juga diiringi dengan pembacaan tahlil dan mendoakan anggota keluarga yang sudah mendahului kita.

Memperbanyak dzikir dan berdo’a

Berdoa dan zikir [sumber gambar]
Zikir dan doa memang bisa dilakukan kapan saja, namun di hari Jumat ini termasuk dalam perintah istimewa, karena Allah sendiri mencantumkannya dalam Syrah Al-Jumu’ah ayat 9, yang berbunyi “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk shalat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah…”. Selain itu, ada pula sebuah hadist di mana rosulullah bersabda “Maka perbanyaklah (selawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya selawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud no.1047 hadis shahih).

Perbanyak sedekah

Bersedekah [sumber gambar]
Sedekah adalah amalan yang akan membantumu saat kamu sudah meninggal. Sedekah itu ibarat kita menabung untuk masa depan. Apalagi kalau sedekah di hari Jumat, akan tambah berlipat pahalanya. Bahkan tak hanya berlipat, rezeki orang yang bersedekah juga akan ditambah oleh Allah. Seperti yang ada dalam Kitab Al-Umm ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, Al-Umm, juz 1, hal. 239).

BACA JUGA: Fakta Dahsyatnya Sedekah di Hari Jumat yang Bakal Membuatmu Rela Kosongkan Dompet

Itulah amalan-amalan Jum’at yang bisa kamu lakukan. Semoga di hari yang istimewa ini kita senantiasa selalu bisa bersyukur. Alhamdulillah jika bisa berbagi bersama dengan orang-orang yang membutuhkan dan terus berbuat baik.