in

5 Hal ini Jadi Alasan Kenapa Star Wars Adalah Film Terkeren Sepanjang Masa

Universe Star Wars luas [Image Source]

 

Dari semua film yang pernah dibikin sineas Hollywood, Star Wars bisa dibilang sebagai salah satu yang paling keren. Buktinya bisa kita lihat sendiri dari sekuel filmnya yang berjumlah 7 buah. Kalau belum puas dengan itu, coba tengok serial animasinya, lalu penjualan mainannya, serta yang paling epik adalah eksistensi fans film ini yang tersebar ke seluruh dunia.

Kamu yang tidak dilahirkan di masa-masa jayanya franchise film ini, kamu mungkin dibikin penasaran kenapa Star Wars itu keren. Cara terbaik memang dengan menonton film-filmnya. Tapi lebih baik lagi kalau kamu sebelumnya membaca dulu beberapa alasan penting yang jadi hal fundamental kenapa film ini super keren. Dan berikut adalah beberapa alasan yang bikin film ini super duper keren.

1. Unsur Dongeng Sepanjang Masa

Kisah Star Wars memenuhi semua unsur kisah dongeng yang disukai orang. Karakternya mirip kisah dongeng klasik, yaitu: anak muda biasa saja yang diberi kemampuan hebat (Luke Skywalker), sang mentor/guru sakti (Obi Wan Kenobi), sahabat setia yang keras kepala (Han Solo), piaraan yang lucu (R2D2 dan C3P0), tuan puteri (Princess Leia), penjahat yang menyeramkan (Darth Vader), senjata sakti (Light Saber), serta benteng musuh yang sulit ditembus (Death Star).

Unsur dongeng Star Wars [Image Source]
Tokoh-tokoh seperti ini selalu muncul di kisah-kisah dongeng klasik seperti Lord of the Rings, atau Chronicles of Narnia, bahkan The Matrix atau Harry Potter pun memiliki pola seperti ini. Itulah kenapa Star Wars pun disukai anak-anak hingga orang dewasa. Selain jalan cerita serta kejutan-kejutannya yang seru .

2. Pelopor di Jamannya

 

Tidak hanya cerita, Star Wars juga sangat menarik dalam hal produksinya. Film yang dibuat pada tahun 1978 ini menyajikan teknologi visual yang amat canggih di jamannya. Konon para pembuatnya sampai menciptakan program komputer khusus untuk menghasilkan grafisnya. Program komputer inilah yang menjadi cikal bakal program grafis komputer jaman ini semisal Photoshop. Bahkan John Knoll, pencipta Photoshop dulunya bekerja dalam tim pembuat Star Wars.

Film terkeren di zamannya [Image Source]

Selain tampilan grafis yang keren, kostum, desain dunianya, serta peralatan-peralatan yang ada di film ini terlihat sangat canggih. Menontonnya membuat kita serasa benar-benar bertualang ke luar angkasa. Film ini pulalah yang menciptakan industri merchandise yang sangat besar yang kemudian ditiru oleh film-film yang lain. Tak terhitung berapa triliun yang dihasilkan dari penjualan merchandisenya saja, sejak tahun 70an sampai sekarang.

3. Karakter yang Ikonik

 

Tokoh-tokoh yang ada di Star Wars memiliki keunikannya tersendiri. Dan selalu ada alasan bagi para fans untuk menyukai mereka. Bahkan untuk karakter yang jahat pula.

Karakter yang ikonik [Image Source]
Ini dikarenakan sang pencipta, George Lucas, mampu menulis cerita dan karakter yang menarik. Sehingga Star Wars tidak melulu tentang Baik melawan Jahat, tetapi juga sisi-sisi manusia yang unik seperti hubungan keluarga, godaan, cobaan, serta kesedihannya. Rupanya sisi-sisi ini sangat menyentuh bagi penonton dan para fans.

4. Merchandise

 

Hampir seluruh karakter yang ada di film Star Wars bisa dijual mainannya. Ini berarti hampir setiap karakter memberi kesan yang sangat dalam sehingga orang tertarik membeli mainannya. Tokoh yang paling laku mainannya adalah tokoh penjahat bernama Darth Vader yang sampai saat ini dianggap sebagai tokoh antagonis no 1 dalam sejarah perfilman.

Merchandise terlaris [Image Source]
Untuk Darth Vader saja, penjualan mainannya telah mencapai trilyunan rupiah. Belum lagi tokoh-tokoh yang lain yang penjualannya pun sangat menguntungkan. Tidak banyak film yang bisa meniru kesuksesan Star Wars soal merchandise.

5. Universe yang Luas

Film Star Wars pertama, mendapat sukses yang sangat besar sehingga George Lucas pun membuat cerita sambungannya yang makin luas meliputi sejarah yang cukup panjang. Film Star Wars yang pertama, kemudian diubah judulnya menjadi Episode 4. Ia lalu membuat episode 5, dan 6.

Universe Star Wars luas [Image Source]
Kemudian 22 tahun kemudian, George Lucas membuat episode 1, 2, dan 3. Di tahun 2016, Star Wars episode 7 diluncurkan. Unik ya? Jadi menonton Star Wars dengan urutan yang benar adalah 4,5,6,1,2,3,7.

Kesuksesan ini pun melahirkan beberapa serial animasi TV, komik, novel, video games, juga film spin off seperti Rogue One. Rencananya Disney sebagai pemilik franchise Star Wars saat ini, akan membuat banyak film spin off, karena ternyata sukses juga.

Nah, setelah baca alasan-alasan ini, saatnya kamu menonton filmnya. Oh iya, untuk urutannya tidak dari 1-7 melainkan acak dengan posisi serial dimulai dari 4,5,6,1,2,3, dan yang terakhir 7. Jangan lupa juga tonton film Rogue One yang dianggap sebagai episode 3.5.

Written by Norman Duarte

Leave a Reply

Selamat Jalan Carrie Fisher, Sang Putri Leia yang Dicintai Banyak Orang

Fakta Tentang Kedatangan Nabi Isa ke Dunia dalam Pandangan Islam