in

Inilah Alasan Kenapa Sosok Ruud Gullit Cocok Menjadi Pelatih Timnas Indonesia

Indonesia tampaknya masih teus memburu sosok-sosok hebat dan berkualitas untuk menukangi Timnas. Setelah nama-nama populer yang sempat mencuat seperti Shin Tae-Yong dan Luis Milla, PSSI kini membidik legenda sepak bola Belanda Ruud Gullit sebagai calon pelatih skuad Garuda.

“Kami sudah mengontak Ruud Gullit sejak seminggu yang lalu. Namun, belum ada respon dari dirinya,” ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule yang dikutip dari Jpnn.com. Sebagai mantan pemain kelas dunia yang dulu pernah membela AC Milan di era 90’an, inilah alasan kenapa dirinya cocok melatih timnas Indonesia

Punya pengalaman panjang soal sepak bola dan seluk beluknya

Selama berkarir sebagai pesepakbola profesional, Ruud Gullit banyak membela klub-klub besar di daratan Eropa. Sebut saja seperti Feyenoord Rotterdam (1982-1985), PSV Eindhoven (1985-1987), AC Milan (1987-1993), Sampdoria (1993-1994), dan kembali ke AC Milan (1994-1995).

Ruud Gullit (paling kanan) bersama rekannya Marco van Basten dan Frank Rijkard [sumber gambar]
Dengan sederet pengalamannya di atas, tentu dirinya paham tentang bagaimana seluk beluk bermain sepak bola, mulai dari teknis, teori, hingga penerapannya di lapangan. Terlebih, dirinya juga sukses membuktikan kualitasnya sebagai pemain bola dengan prestasinya mempersembahkan Piala Eropa (Liga Champion), pada 1988 bersama AC Milan.

Legenda timnas Belanda yang bisa menularkan ilmu sepakbolanya pada pemain Indonesia

Karir cemerlang yang ditorehkan Gullit selama membela klub-klub besar di Eropa, membuat dirinya ikut dipanggil untuk memperkuat timnas Belanda. Pria kelahiran Amsterdam, 1 September 1962 ini telah memperkuat negaranya sejak tahun 1981 hingga 1994.

Ruud Gullit saat membela timnas Belanda [sumber gambar]

Pengalaman panjang inilah yang bisa menjadi modal berharga bagi timnas Indonesia, jika dirinya terpilih menjadi pelatih. Baik pengalamannya selama bermain untuk klub hingga membela skuad Oranje Belanda. Terlebih, dirinya yang memiliki pengalaman soal sepak bola Eropa, bisa membagi ilmunya tersebut untuk memperkaya kualitas permainan pemain Indonesia.

Sosok tenar yang juga sempat menjadi pelatih bagi klub-klub besar

Profil Ruud Gullit yang dibidik sebagai calon pelatih Indonesia, juga diperkuat dengan pengalamannya melatih klub-klub besar. Tercatat, ia pernah menukangi tim Premier Leageu Chelsea FC (1996-1998), dan Newcastle United (1998-1999). Karir kepelatihannya berlanjut pada Feyenoord Rotterdam (2004-2005), dan Los Angeles Galaxy (2007- hingga saat ini).

Ruud Gullit saat menjadi pelatih [sumber gambar]
Kombinasi pengalaman Gullit di dua bidang yang berbeda, yakni sebagai mantan pemain bola profesional dan pelatih di sejumlah klub, menjadi modal dasar yang kuat bagi dirinya untuk menjadi seorang pelatih. Harapannya, pengalaman tersebut bisa ditularkan pada para pemain timnas Indonesia, jika suatu saat dirinya memang benar terpilih sebagai pelatih.

BACA JUGA: Shin Tae-Yong, Calon Pelatih Baru Timnas yang Dipercaya Bisa Bikin Indonesia Moncer

Meski belum ada kabar lebih lanjut, PSSI tentu punya alasan tersendiri memilih Ruud Gullit sebagai calon pelatih timnas Indonesia. Meski telah ada nama-nama besar seperti Shin Tae-Yong dan Luis Milla yang lebih dulu dipanggil, keberadaan Ruud Gullit yang ikut masuk bursa sebagai calon pelatih tentu sangat menarik untuk disimak.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Azura Luna Mangunhardjono, Sosialita Indonesia yang Jadi Buronan Paling Diincar di Hong Kong

Bisa Membahayakan Nyawa! Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Sedang Hujan Petir