in

Biasa Bagi Orang Indonesia, Ini 4 Alasan Mengapa Para Bule Sulit Sekali Jongkok

Jongkok merupakan hal yang biasa di Indonesia. Kota bisa melakukannya di dapur, pinggir jalan, atau bahkan toilet di negara kita banyak yang dibuat jongkok. Di beberapa negara Asia lain seperti China, jongkok bukanlah hal yang aneh. Kamu bisa melihat ibu-ibu yang berdagang di pinggir jalan sambil berjongkok.

Beda halnya dengan beberapa negara di Asia, jongkok ternyata merupakan hal aneh untuk para bule (orang western). Dilansir 8asians, dari 100%, hanya 13,5% orang Amerika yang dilaporkan bisa berjongkok, itupun mereka rata-rata memiliki darah Asia dan rajin berolahraga yoga. Nah, mengapa ya kok jongkok menjadi sama sulitnya dengan ujian matematika? Mari kita temukan jawabannya di sini.

Postur tubuh orang bule yang lebih tinggi dari orang Asia

Postur tubuh bule [Sumber gambar]
Faktor pertama adalah faktor tinggi badan. Orang Asia cenderung memiliki tubuh yang lebih mungil dibandingkan dengan para bule. Hal ini ternyata membuat mereka mudah saat berjongkok. Jika mau dibandingkan dengan orang barat yang memiliki kaki lebih jenjang, mereka akan sangat kesulitan mengatur keseimbangan tubuh saat mau berjongkok. Alhasil saat hendak mulai, mereka jatuh terjengkang ke belakang.

Kebiasaan sehari-hari yang membuat semakin mahir jongkok

Perbedaan Toilet [Sumber gambar]
Semakin terbiasa seseorang dengan satu hal, maka ia akan semakin mahir melakukannya. Begitupun dengan jongkok. Kebanyakan orang yang tinggal di negara Asia terbiasa buang air di toilet jongkok. Sedangkan orang barat hanya punya toilet duduk, sehingga jongkok pun merupakan hal aneh yang tak pernah mereka lakukan. Hal ini tentu memiliki pengaruh besar mengingat jongkok di toilet pasti dilakukan setiap hari, iya enggak?

Jongkok menjadi alternative saat seseorang capek

Jongkok di Indonesia [Sumber gambar]
Di Indonesia jongkok adalah pilihan lain saat seseorang merasa capek tetapi tidak punya kursi sebagai tempat duduk yang memadai. Makanya daripada pakaian menjadi kotor karena bersentuhan langsung dengan tanah, jongkok merupakan pilihan tepat. Nah, kalau di barat, saat mereka merasa capek, maka satu-satunya cara beristirahat adalah duduk langsung di tanah. Dalam artian, mereka tidak mengenal kata jongkok seperti di negara-negara Asia.

Perbedaan jongkok di barat dan negara Asia

Orang bule sebenarnya punya cara jongkok tersendiri, Sahabat. Hanya saja, cara mereka jongkok ini sedikit berbeda dengan yang sering kita lihat dan lakukan. Kalau jongkok orang Asia itu ya seluruh permukaan telapak kaki menyentuh tanah, beda sama di barat yang cuma bertumpu pada ujung kaki saja. Posisi jongkok seperti ini jelas membuat tidak nyaman dan tidak bertahan lama. Bedanya dengan cara orang Asia, yang melibatkan seluruh permukaan telapak kaki saat jongkok. Posisi menjadi lebih seimbang dan bisa bertahan lebih lama.

BACA JUGA: Inilah Sejarah Penyematan Istilah “Bule” untuk orang Asing di Indonesia

Nah, jongkok ini ternyata bukan hanya nikmat buat dilakukan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Hipwee.com, menurut Dr. Bahram Jam, seorang terapis di Kanada, mengatakan kalau saat jongkok, sendi manusia bisa menghasilkan cairan sinovial yang memberikan nutrisi pada tulang rawan. Tetapi jangan berlebihan juga ya, karena terlalu lama dan sering jongkok bisa sebabkan  masalah pada lutut dan berujung osteoartritis.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Melihat Selera Fashion Para Kontestan Pilpres 2019 dan Makna yang Ada di Baliknya

4 Fakta Ketangguhan Tentara Wanita di Israel, Salah Satunya Wajib Ikut Wamil Loh