in

4 Perilaku Mulia Suporter yang Patut Dicontoh, Salah Satunya Bangun Panti Asuhan Lho

Bukan rahasia lagi pasca meninggalnya Haringga Sirila citra suporter sepak bola Indonesia begitu kelam. Bahkan semua orang memukul rata jika para pendukung bola itu sangatlah kotor. Emang sih kelakuan biadab beberapa oknum kerap membuat kita geram, namun rupanya tidak semua melakukan hal semacam itu. Ada lho sobat perilakunya yang positif dan malahan rela menyisihkan uang demi tim yang sedang krisis.

Seperti contohnya aksi kelompok suporter Persik Kediri yang melakukan penggalangan dana untuk kesebelasan kebanggaan yang terkena krisis. Layaknya mata uang mereka tetap meyimpan plus dan minus di jagad sepak bola tanah air. Dan berikut perilaku positif para pemain ke 12 yang patut untuk dicontoh oleh suporter lainnya.

Bonek membangun panti asuhan di Sidoarjo

Persebaya bangun panti asuhan [Sumber Gambar]
Sebagai suporter sepak bola yang terkenal kelam citra Bonex memanglah bisa dibilang buruk. Selain dicap kerap mencuri gorengan, mereka juga melakukan penjarahan. Namun seperti yang sudah dibilang di awal tadi, jika fans sepak bola tidak selalu buruk. Beberapa waktu yang lalu kelompok suporter Persebaya Surabaya ini membangun panti asuhan. Dilansir laman Bolasport, daerah mereka membangun tempat untuk anak yatim tersebut di kawasan Sidoarjo. Menurut laman Emosijiwaku, gagasan membuat bangunan ini muncul berkat kebiasaan mereka yang acap kali berkunjung ke panti asuhan kala Persebaya bermain di luar kota.

Hadiah suporter terbaik Persib di sumbangkan kepada anak Yatim

Pendukung Persib [Sumber Gambar]

Masih berbicara mengenai kemanusiaan, beberapa bulan yang lalu kelompok suporter Persib juga melakukan aksi mulia. Dilansir laman Gilabola, para Viking Persib Club (VPC) mendonasikan seluruh uang hasil uang hadiah suporter terbaik yang bernilai 100 juta untuk anak yatim piatu. Perilaku positif ini adalah bentuk pandangan mereka yang meski diganjar penghargaan masih merasa belum pantas. Dikutip Instagram resmi kelompok ini @officialVPC mereka mengungkapkan “penghargaan ini adalah sebuah rezeki dan kamipun, VPC, tidak ada niatan sama sekali untuk menjadi suporter yang terbaik di Indonesia”.

Para pendukung PSM gotong royong bantu korban Banjir

Pendukung PSM [Sumber Gambar]
Perilaku positif suporter ternyata tidak hanya dilakukan di wilayah Jawa saja. Para fans dari kesebelasan pulau-pulau lain juga menunjukkan perilaku yang tidak kalah baiknya. Seperti apa yang dilakukan oleh para pendukung PSM Makasar yang ditengah jeda kompetisi melakukan aksi bantuan terhadap korban bencana. Dilansir laman Indosport, The Macz menyumbangkan sejumlah kebutuhan pokok untuk mereka yang kesusahan akibat bencana banjir bandang. Sumbangan ini sendiri dilakukan setelah melakukan aksi penggalangan dana secara sukarela di Makasar.

Demi bantu sesama, suporter Semen Padang galang dana

Galang dana The Kmer’s [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan para pendukung PSM tadi, para suporter Semen Padang yang tergabung kedalam The Kmer’s juga melakukan aksi sosial yang patut diacungi jempol. Dilansir laman Bola.com, mereka menggalang dana bantuan untuk korban gempa di Pidie Aceh. Sebuah perilaku yang istimewa jika kita melihat letak kedua wilayah tersebut tidak berdekatan. Dalam penyalurannya donasi para pendukung Kerbau Sirah harus menempuh perjalanan panjang. Namun lewat rasa kemanusiaan , tentunya hal itu bukanlah sebuah halangan yang besar.

Apa yang ditunjukkan oleh basis-basis suporter ini pastinya bukan pertama atau hanya mereka saja. Masih banyak kalangan pemain fans bola tanah air yang memiliki rasa kemanusiaan tinggi. Hal ini adalah sedikit bukti dibalik sikapnya yang arogan masih menyimpan banyak perilaku yang positif. Kendati terenggut nyawa Harringga sukar dimaafkan, namun kita tidak belum langsung gelap mata dengan melabeli semua kelompok mereka buruk.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Perjuangan Kakek Kreatif yang Sukses Ubah Bambu Menjadi Gitar Kelas Dewa

Melihat Tempat Ibadah Karyawan Freeport yang Ribuan Meter dalam Perut Bumi