Kalau bagian dalam telinga gatal, pasti pilihannya ada dua. Kalau digaruk tidak mempan, ya jalan keluar satu-satunya adalah mengoreknya menggunakan cotton bud. Niscaya rasa gatal tadi berubah menjadi keenakan yang bikin geli-geli gimana gitu.

Namun, di samping kenikmatan tiada tara dari sepucuk cotton bud, ada hal lain yang perlu kalian tahu. Di mana benda tersebut ternyata bisa membawa petaka bagi penggunanya lho. Enggak percaya? Simak deh efek sampingnya di bawah ini.

Mengalami kejang dan pingsan

Sangat tidak disangka, cotton bud ternyata bisa membuat seorang pria asal Inggris mengalami kejang dan pingsan. Bukan karena memakan cotton bud, tapi ia menggunakan benda tersebut untuk membersihkan indra pendengarannya. Ini disebabkan lelaki 31 tahun tersebut tidak sengaja meninggalkan kapas dari cotton bud di telinganya.

Mengalami kejang [Sumber Gambar]
Mengutip laman Metro, jika pria tersebut mengalami infeksi yang dinamakan necrotising otitis externa. Di mana itu merupakan infeksi yang menargetkan lapisan tengkorak. Dokter yang memeriksa pria itu menemukan sepotong kapas bersarang di saluran telinga dekat dengan tengkoraknya. Dan kemudian sampai di selaput otak yang berakibat kejang-kejang.

Bisa membuat gendang telinga mengalami kerusakan

Efek mengerikan lainnya yang ditimbulkan oleh cotton bud adalah bisa merusak gendang telinga. Dilansir dari tirto, ini bisa terjadi karena kotoran yang ada menjadi terdorong ke gendang telinga. Nah, jika sudah seperti itu, kotoran bisa menekan gendang telinga yang bisa memunculkan masalah lain.

Gendang telinga mengalami kerusakan [Sumber Gambar]
Seperti gangguan pendengaran, pusing atau gejala cedera telinga lainnya. Parahnya, kalau kotoran sudah terlalu masuk, maka gendang telinga bisa robek. Dan kemungkinan bisa membuat telinga kalian mengalami kerusakan permanen.

Begini kata ahli supaya telinga tetap aman

Cotton bud dilarang, lalu bagaimana cara kita membersihkannya? dr Hably Warganegara, SpTHT-KL selaku Spesialis THT dari RS Pondok Indah mengatakan kalau telinga hanya boleh dibersihkan di bagian 1/3 luar. Jadi, jika tidak berhati-hati maka kotorannya bisa masuk jauh ke dalam telinga. Tapi bukan berarti enggak boleh dibersihkan.

Bersihkan telinga di bagian luar [Sumber Gambar]
“Kalau kotorannya normal dan gatel nggak papa (dibersihkan). Bersihinnya juga jangan berkali-kali, karena kulit daun telinga itu tipis jadi akan kelupas kulitnya,” tambahnya. Karena kotoran telinga hanya ada di bagian luar telinga, jadi membersihkannya hanya boleh di sekitar area tersebut. Jangan sampai terlalu jauh membersihkan karena dapat melukai telinga.

BACA JUGA : Jarang Terdengar, Ternyata Inilah 4 Faktor Pemicu Timbulnya Penyakit Kanker Telinga

Begitulah akibatnya jika menggunakan cotton bud untuk membersihkan indra pendengaran. Tidak disangka ya, yang kita kira cotton bud bisa membersihkan, ternyata dapat membahayakan kesehatan. Oleh karenanya, kita sebaiknya mengurangi membersihkan telinga dengan cotton bud. Masih ada cara lain supaya indra pendengaran terjaga kebersihannya.