in

Malas Perbarui Aplikasi Bisa Membuat Ponsel Pintarmu Jadi Tampak ‘Usang’

Setiap aplikasi pada smartphone selalu mengalami pembaruan dari waktu ke waktu. Ya itu terjadi lantaran para pengembang memang ingin membuat aplikasi ciptaannya menjadi lebih fresh dan memiliki banyak fitur. Selain itu, para pengembang juga tak mau kalah dengan pesaing-pesaingnya di luar sana. Kalian tahu sendiri lah bagaimana orang-orang berlomba-lomba supaya aplikasinya bisa laku di pasaran dan disukai oleh para pengguna smartphone.

Tapi terkadang para pengguna ponsel pintar malas untuk melakukan pembaruan aplikasi. Pasalnya, menurut mereka, update aplikasi sangat buang-buang waktu. Selain itu, tak jarang juga aplikasi tidak mengalami perubahan apapun setelah di-update. Jadinya, pengguna smartphone yang budiman jadi ogah-ogahan. Namun sebenarnya ada dampak yang bakal kalian terima jika tidak segera meng-update perangkat lunak pada smartphone.

Aplikasi tidak berjalan dengan normal

Jika kalian malas untuk update aplikasi pada smartphone, maka si perangkat lunak bisa saja mengalami kerusakan. Pasalnya, pembaruan aplikasi bukan hanya digunakan untuk penambahan fitur saja Sahabat Boombastis. Tapi juga berfungsi sebagai menambal celah.

Aplikasi tidak bisa berjalan normal [Sumber Gambar]
Maksudnya adalah memperbaiki kerusakan pada aplikasi. Ya meski kita tidak pernah mengalami kerusakan, tapi setiap perangkat lunak kemungkinan memiliki bug atau eror di dalamnya. Bisa dibayangkan deh kalau kita malas memperbaruinya. Akibatnya, aplikasi tidak akan bisa berjalan dengan semestinya.

Rentan terkena kejahatan internet

Untuk aplikasi yang terhubung dengan internet, pembaruan menjadi prioritas utama nih. Sebab, dilansir dari duniaandroid.com, dengan melakukan update, perangkat lunak bisa melindungi dirinya dari kejahatan cyber. Kejahatannya bukan bullying seperti yang kalian bayangkan lho. Tapi berupa virus atau hacker.

Rentan kena virus [Sumber Gambar]

Sehingga pembaruan ini dilakukan agar aplikasi tidak mudah terserang virus atau bahkan orang-orang iseng yang ingin menyusupi akun kalian. Cukup berbahaya kan kalau aplikasi kalian bisa terserang virus atau disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab? Jika ini terjadi pada kalian, kerugian tidak bisa dihindarkan. Mau tidak mau kalian kudu bersusah payah untuk menghapus virus atau membuat akun baru lagi.

Aplikasi jauh lebih lemot daripada sebelumnya

Selain itu, aplikasi akan berjalan menjadi lebih lambat alias lemot. Ya wajar saja hal ini terjadi. Pada umumnya, aplikasi yang sudah diperbarui akan lebih responsif ketika dijalankan.

Aplikasi jadi lebih lemot [Sumber Gambar]
Bersumber dari duniaandroid.com, ini dikarenakan perangkat lunak berjalan sesuai dengan kinerja RAM, prosesor dan kartu grafis yang sudah diperhitungkan sebelumnya. Jadi, saat kalian masih berkutat dengan aplikasi versi lama, kemungkinan perangkat lunak berjalan lebih lamban dari biasanya karena alasan yang sudah disebutkan tadi. Jadi, masih mau malas-malasan update aplikasi?

Aplikasi jadi kurang update

Terakhir, jika aplikasi tidak segera di-update, maka kalian akan ketinggalan zaman. Ya bagaimana tidak, kalian tidak akan bisa merasakan fitur-fitur baru di perangkat lunak. Misalnya saja nih, fitur terbaru pada aplikasi adalah bisa video call dan semua teman-temanmu mencobanya.

Tidak memiliki fitur baru [Sumber Gambar]
Nah, kalau begini kalian tidak bisa ikut-ikutan video call hanya gara-gara malas untuk memperbarui aplikasi. Mungkin ini memang sepele sih, tapi hal ini bisa membuat kita menjadi kudet alias kurang update.

Dari ulasan di atas, kita jadi tahu kalau update aplikasi merupakan hal yang tidak boleh untuk diremehkan. Memang sih sebagian besar perangkat lunak yang di-update akan memiliki memori lebih besar dari sebelumnya. Namun, demi kelancaran dan juga keamanan, hal ini bukan menjadi suatu masalah yang besar. Sehingga, mulai sekarang usahakan untuk selalu rajin dalam memperbarui aplikasi di smartphone kesayangan kalian ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Begini Nih Kalau Pembeli Online Malah Ngemodusin Penjualnya, Endingnya Bikin Nyesek

Kembali ke Tanah Air, Beginilah Plus dan Minusnya Egy Maulana Vikri Gabung Timnas