in

Bersihkan Cache Tak Bisa Dianggap Penyelamat, Ada 4 Akibat yang Terjadi Pada Smartphonemu

Bukan hal yang asing lagi kalau pengguna android selalu melakukan hapus cache. Bukan setiap hari, mungkin beberapa jam sekali si pemakai smartphone melakukannya. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan Sahabat Boombastis. Hapus cache biasanya dianggap sebagai penghapus data yang enggak terpakai di smartphone. Selain itu hapus cache juga dilakukan dengan alasan supaya memori ponsel pintar menjadi lebih longgar.

Selama hapus cache dilakukan sering-sering melebihi jadwal makan sehari, itu dianggap sesuatu yang bagus. Ya bisa dibilang ponsel pintar akan jadi lebih bersih bersinar semacam motto sabun cuci piring. Namun sebenarnya, kebiasaan yang satu ini ternyata membawa dampak buruknya lho. Apalagi kalau dilakukan terlalu sering nih.

Lola alias loading lambat tak bisa dihindari

Salah satu efek samping dari penghapusan cache pada smartphone adalah bisa memperlambat akses masuk ke aplikasi. Ya karena dilansir dari androidseluler.com, kebiasaan satu ini sama saja menghapus data-data kecil pada semua aplikasi.

Loading aplikasi jadi lebih lama [Sumber Gambar]
Sehingga aplikasi harus mengulang proses dari awal dan itu dapat menyebabkan loading yang berkepanjangan jika kita ingin membuka perangkat lunak. Hal ini tentu beda kalau kita tidak menghapus cache nih. Aplikasi tidak membutuhkan waktu lama untuk membuka dirinya sendiri lantaran ia akan memproses file cache secara langsung.

Daya baterai smartphone jadi lebih boros

Selanjutnya, hapus cache juga berpengaruh ke baterai juga lho Sahabat Boombastis. Ini dikarenakan sistem harus memulai dari awal lagi dan juga membuat penyimpanan baru. Nah, dari situlah baterai harus bekerja lebih keras ketika melakukan kedua hal tersebut.

Baterai jadi lebih boros [Sumber Gambar]
Alhasil, baterai akan lebih cepat habis daripada yang seharusnya. Bayangkan deh kalau kalian menghapus cache berulang kali dalam sehari. Kalian jadi harus berteman dengan charger beserta colokan setiap jamnya.

Kuota juga akan cepat berkurang

Ini juga berpengaruh kepada aplikasi yang terhubung dengan internet. Ketika kalian membuka perangkat lunak tersebut, secara otomatis akan membukanya dari awal. Dengan kata lain, seperti aplikasi yang baru saja diinstal.

Kuota lebih cepat habis [Sumber Gambar]
Sehingga saat kita membukanya, maka loading akan jadi lebih lama. Selain itu, kuota kita akan tersedot lebih banyak daripada membuka aplikasi tanpa menghapus cache terlebih dahulu. Jadi, kuota kita akan lebih boros deh.

Pengaturan aplikasi jadi terhapus

Lalu, hapus cache kemungkinan bisa ikut menghapus setting-an pada aplikasi lho Sahabat Boombastis. Sebab, beberapa aplikasi terkadang menggunakan cache untuk menyimpan data setting-nya. Akibatnya, kalau cache sudah terhapus, maka pengaturan yang telah ditentukan akan menghilang dan kembali lagi ke setting awal.

Pengaturan aplikasi jadi ikut terhapus [Sumber Gambar]
Akan tetapi perlu diingat nih Sahabat Boombastis. Ini hanya untuk aplikasi tertentu ya, bukan untuk semua perangkat lunak. Biasanya kejadian seperti ini ditemukan pada game yang terhubung dengan internet.

Ulasan di atas adalah beberapa dampak yang ditimbulkan jika kita terlalu sering menghapus cache. Namun, kalian tidak perlu khawatir lantaran efek-efek tersebut hanya bersifat sementara saja. Nah, tapi ada hal yang perlu untuk diperhatikan nih bagi para pecinta smartphone. Untuk menghapus cache sebaiknya dilakukan secara berkala sehingga tidak perlu diterapkan setiap hari. Mungkin satu atau dua minggu sekali supaya ponsel pintar tidak mengalami gangguan seperti di atas terlalu sering.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Untuk Para Pecinta Binatang, Begini 4 Cara Memelihara Ular Agar Tidak Membahayakan

Tampil Hebat, Pemain Ini Buat Absennya Egy Maulana Bukan Sebuah Bencana untuk Timnas