in

Mengenal Air Nabeez, Minuman yang Paling Disukai Rasulullah Ketika Bulan Ramadan

Bulan Ramadan, ada banyak sekali takjil, makanan, serta minuman yang dijadikan sebagai menu berbuka dan sahur. Untuk informasi, sebenarnya ada beberapa makanan yang punya keutamaan tersendiri saat kita santap ketika Ramadan ini, salah satunya adalah air nabeez.

Nama minuman ini mungkin tidak begitu familiar, tapi kamu bisa membuat sendiri dengan mudah kok. Air nabeez adalah rendaman kurma atau kismis yang rasanya manis. Minuman ini masuk dalam list takjil yang menjadi kesukaan rasulullah di saat bulan puasa. Bahkan dalam satu riwayat hadits, Rasul pernah bersabda bahwa minuman yang paling baik adalah minuman manis yang dingin. Mungkin, inilah mengapa banyak iklan yang menganjurkan berbuka dengan yang manis.

Air Nabeez [Sumber gambar]
Pembuatannya air nabeez ini sangatlah mudah. Kurma kering manis direndam bersama air sekitar 12 jam sampai gula dalam kurma larut bersama air. Selanjutnya hal tersebut bisa diminum baiksaat berbuka –kadang juga rasul meminumnya saat sahur.karena zaman sudah semakin modern, air ini tetap bisa diminum maksimal dalam waktu dua hari jika dimasukkan ke dalam kulkas.

Ya, setiap sunnah yang diajarkan oleh rasulullah pasti memiliki manfaat secara sains. Selain berfungsi sebagai minuman penyegar, air nabeez juga punya manfaat lain. Minuman ini sangat baik bagi kesehatan tubuh, seperti memberikan nutrisi, menyebarkan panas alami, menghangatkan tubuh, dan dapat memperbaiki sistem pencernaan. Manfaat yang banyak ini akan membuat tubuh kita lebih sehat dibanding meminum minuman yang tidak memiliki kandungan nutrisi yang cukup.

Sebelum dan seudah direndam [Sumber gambar]

Sekedar informasi, bagi Sahabat Boombastis yang mau mencoba minuman sari air kurma ini harus murni dan tidak boleh dicampur dengan bahan lain. karena secara alami ia sudah bisa  menyingkirkan toksin yang berbahaya di dalam tubuh, dengan kata lain berguna sebagai detox.

Bagimana, sudah tahu bukan jenis minuman yang disukai rasul saat beliau berbuka. Teman-teman bisa mencoba sendiri jika mau karena prosesnya sangatlah mudah. Yakin, setiap sesuatu yang dilakukan oleh nabi kita, manfaatnya pasti tak kalah dengan hasil penelitian ilmuwan ternama.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Tak Banyak Diketahui, Beginilah Sumbangsih Dek Via Vallen di Jagad Sepak Bola

5 Artis Alami Kecelakaan Maut tapi Selamat, Kata Netizen: Cepatlah Tobat, Sebelum Terlambat