in

Air Koryo, Penerbangan Korut yang Disebut Sebagai Maskapai Terburuk di Dunia

Makanan dan hiburan [Sumber gambar]

Segala hal suram nampaknya bisa ditemukan di Korea Utara. Bukan hanya kehidupan penduduknya yang tak terendus dunialuar saja, segala peraturan di dalam negara ini pun membuat netizen dari berbagai negara geleng kepala. Salah satu hal yang enggak banyak diketahui oleh orang-orang adalah bagaimanakah dunia penerbangan di Korea Utara? Apakah menyenangkan layaknya naik Garuda Indonesia, atau malah sebaliknya?

Nah, kali ini Boombastis akan mengulas satu-satunya maskapai penerbangan mereka, yakni Air Koryo. Menurut rekam jejaknya di Skytrax, Air Koryo masuk dalam list maskapai paling buruk yang hanya mendapatkan bintang 1. Duh, gimana ya rasanya saat terbang bersama pesawat ini? Apa saja kira-kira kekurangan di dalamnya?

Pesawat yang digunakan sudah usang dan tua

Lazimnya, tiap maskapai akan berlomba untuk menggunakan pesawat paling baru, agar penumpang nyaman. Air Koryo ini malah sebaliknya, punya sekitar 15 armada, semua pesawat yang digunakan sudah berumur dan usang. Seperti dilansari dari Hipwee.com, Air Koryo masih menggunakan pesawat era 60-an buatan Uni Soviet.

Pesawat usang [Sumber gambar]
Pesawat jadul seperti ini tentu punya suara mesin yang bising, fasilitas yang kurang baik dan peralatan yang belum modern. Makanya, jangan heran jika interior di dalamnya sangat jadul, kamu seakan diajak bepergian ke 30 tahun silam.

Hiburan dan makanan yang aneh

Jangan tanya hiburan seperti apa yang ada di dalam pesawat ini. Bukan film Hollywood yang sedang ngehits, bukan pula tayangan yang bisa membuat rileks selama penerbangan. Yang disuguhkan adalah nyanyian sanjungan kepada sang presiden, Kim Jong Un.

Makanan dan hiburan [Sumber gambar]

Adapun makanan yang disajikan berupa sepotong burger, dengan selembar daun selada dan daging ayam, minumannya juga Nampak tidak layak untuk diminum karena dimasukkan ke dalam gelas plastik –yang biasanya dipakai untuk teh di acara camping.

Jangan harap bisa mengambil gambar

Selama ini saat datang ke bandara atau naik pesawat apa sih yang kamu lakukan? Foto tiket, buat story, mengambil foto atau video saat berada di atas awan, atau mungkin nge-vlog? Nah, saat naik pesawat Air Koryo, jangan harap kamu bisa melakukan semua aktivitas itu. Berdasarkan peraturannya,

Dilarang mengambil gambar [Sumber gambar]
maskapai ini melarang siapapun penumpang yang mengambil foto pesawat atau pemandangan di luar pesawat. Para pramugarinya tidak akan segan untuk menghapus foto yang sudah kamu ambil. Masih ngotot? Siap-siapa berhadapan dengan Pak Jong Un deh, hmmm.

Fasilitas dan pelayanan yang tidak meyakinkan

Pasca tahun 1983, Air Koryo memang tidak pernah mengalami insiden fatal, tetapi tetap saja prosedur keamanannya terlihat tidak meyakinkan. Para pramugari yang bertugas memperagakan  cara pasang seatbelt dkk hanya mengandalkan video usang yang dibuat berapa tahun silam.

pelayanan dan keamanan yang tidak meyakinkan [Sumber gambar]
Di samping itu, mereka juga tidak fasih berbahasa Inggris. Kabin dan kursi juga tidak terlihat nyaman. Untuk ukuran pesawat, kendaraan tersebut tidak mengangkut begitu banyak penumpang, ada saja kursi kosong.

BACA JUGA: Dulu Pernah Berjaya dan Jadi Idola, 5 Maskapai Penerbangan Ini Sekarang Tinggal Kenangan

Bagaimana, apakah menurut teman-teman pelayanan serta kualitas maskapai ini memang buruk? Tak jarang, pelayanan yang ada di dalamnya ini menjadi bahan olok-olok media. Di bandaranya pun, kalian akan menemukan antrian yang sepi. Ya, seperti yang terlihat jika memang tidak begitu banyak yang menggunakan pesawat sebagai alat transportasi mereka.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Viral Bapak Minum Obat Sakit Kepala 12 Tablet Sehari, Gimana Ya Dampaknya ke Tubuh?

Kerap Dianggap Membawa Duka, PUBG Ternyata Bisa Menginspirasi Orang untuk Hal Baik