in

6 Aktivitas Ini Bisa Kamu Lakukan Agar Nggak Grogi Pas Akad, Ampuh Banget Man!

Bagi calon pengantin, hari pernikahan adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu. Tak pelak, bukan hanya rasa bahagia yang muncul tapi juga rasa khawatir dan gugup ya guys. Dan dari serangkaian acara itu, yang paling mendebarkan adalah prosesi akad nikah. Khususnya buat calon pengantin cowok yang bakalan baca akad, prosesi ini sangatlah membuat jantung deg-deg ser.

Nah, rasa gugup yang nggak terkontrol inilah yang seringkali membuat kacau momen ijab kabul. Bahkan nih, ada yang mengulang berkali-kali lho sampai akhirnya sah.  Agar nggak sampai gugup berlebihan dan merusak momen sakral itu, kamu butuh melakukan aktivitas ringan yang menenangkan sesaat sebelum akad guys. Apa sajakah itu, yuk kita berikut ini.

Makan dan minum cukup biar enggak gemetaran

Makan dan minum [sumber gambar]
Sebelum melakukan prosesi akad, pastikan kamu sudah makan dan minum yang cukup. Kenapa? Sebab saat lapar seseorang akan otomatis gemetaran. Gejala ini membuat fungsi tubuh tidak normal, pun bisa membuat kita gagap saat berbicara. Bisa bahaya dong kalau sampai gagap saat baca ijab qabul. Selain itu,  saat lapar ada kemungkinan perutmu bakal keroncongan. Nggak lucu juga kan kalau sampai pas serius-seriusnya baca akad tiba-tiba perutmu berbunyi saat lapar ?

Main game bisa bikin rileks, tapi asal jangan kalah aja

Main Mobile Legend [sumber gambar]
Nah kalau sudah makan dan minum namun grogimu masih saja tak terkontrol, cobalah main game atau lakukan hal ringan yang kamu sukai. Sebab hal yang kamu sukai membuat pikiranmu lebih tenang dan otot-otot pun nggak tegang. Kalau sudah begini, besar kemungkinan proses baca ijab qabul kamu bakalan lancar. Cara ini pernah dilakukan oleh Mohamad Hafizzul Hilmi Abdul Alim, seorang pengantin pria dari Malaysia. Sesaat sebelum akad, lelaki itu bermain game Mobile Legend untuk mengurangi rasa groginya. Tak disangka-sangka, gara-gara hal itu Hilmi jadi viral di dunia maya.

Ber-selfie untuk mengurangi stress

Pengantin swafoto [sumber gambar]
Apa hubungannya swafoto sama nggak grogi pas akad sih? Nah, ini yang kita perlu tahu sisi positif dari swafoto guys. Ternyata nih, berswafoto bisa bisa mengurangi stress dan meningkatkan kepercayaan diri lho. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian di University of California, Irvine (UCI) dan studi yang dipublikasikan di Psychology of Well-Being. Karena itu, nggak heran ya kalau banyak calon pengantin baik pria maupun wanita berswafoto sesaat sebelum akad. Bisa kamu coba nih agar kamu menjadi lebih tenang sebelum akad nanti.

Ngobrol santai dengan orang-orang di sekitar

Mempelai pria dengan para sahabat [sumber gambar]
Meski terdengar remeh, ngobrol dengan orang-orang di sekitar bisa membuat kamu lebih tenang. Terlebih jika kamu bisa memperbincangkan hal-hal lucu, tentu sangat membantumu menjadi lebih rileks. Nah itulah kenapa, mempelai laki-laki saat akan akad selalu memiliki pengiring yang merupakan teman-temannya. Salah satunya, agar doi bisa lebih santai menjelang akad nikah.

Peregangan ringan

Mempelai pria [sumber gambar]
Sesaat sebelum duduk di hadapan penghulu, kamu bisa melakukan peregangan kepala dan lengan tangan lho guys. Cukup dongakkan kepala ke atas dan ke bawah sekitar delapan detik, menolehkan ke kanan dan kekiri, diikuti gerakan menarik pelan kepala ke arah bahu, membuat badanmu cukup rileks. Lalu ikuti gerakan menarik-narik lengan dan melemaskan tangan agar lebih santai lagi. Meski cuma butuh waktu sekitar satu menit, peregangan ringan ini dapat membuatmu lebih tenang dan mengurangi stress lho.

Menuntaskan hajat sebelum akad

Ilustrasi akad [sumber gambar]
Satu lagi yang nggak boleh disepelehin adalah hasrat ingin ke belakang, baik itu buang air kecil ataupun buang air besar. Jangan sampai ya kamu menahan sampai tiba waktu akad, soalnya kalau gini bakalan membuatmu nggak tenang. Konsentrasi pun buyar kalau sampai kamu harus menahan keinginan itu. Karenanya, baiknya kamu pergi ke kamar mandi terlebih dahulu sebelum akad nikah dimulai.

Itu dia enam aktivitas yang ampuh banget untuk mengatasi grogi sebelum akad nikah. Selain tips-tips di atas, jangan lupa berlatih sebelumnya ya guys. Karena kalau kita sudah berlatih, grogi tipis-tipis yang biasanya datang nggak bakal bisa membuatmu gagal. Selain itu, jangan lupa juga berdoa pada Tuhan supaya semuanya berjalan baik. Sukses ya untuk Sahabat Boom semua yang sebentar lagi akan menikah. Yang belum, semoga segera mendapat pendamping terbaik.

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Tidak Banyak Diketahui, Beginilah Hebatnya Lapangan Tempat Latihan Timnas di Kota Misteri Papua

10 Meme Kocak ‘Jodoh Itu Mirip’ yang Sukses Bikin Terpingkal Para Pasangan Muda