in

Google Hingga Barbie, Inilah 4 Sekte Baru dengan Sesembahan yang Unik

Di Indonesia dulu sempat ramai mengenai sekte agama tak biasa seperti kerajaan Ubur-ubur hingga Lia Eden. Ya, lantaran dianggap menyebarkan ajaran yang sesat, maka keberadaan mereka pun segera berurusan dengan pihak yang berwenang. Bahkan sekarang, nama sekte tersebut sudah tidak didengar lagi.

Namun ternyata keberadaan sekte dengan kepercayaan unik itu tidak hanya ada di Indonesia. Misalnya di Singapura sana ada yang menyembah boneka Berbie loh sebagai sarana pemujaanya. Lalu benarkah hal itu terjadi? Berikut daftar sekte-sekte baru pemujaan tak biasa.

Sekelompok orang menyembah Mbah Google

Tepatnya tahun 2019 dunia digegerkan dengan adanya agama baru yang nampak tak biasa. Pasalnya, agama tersebut memuja Google sebagai sosok yang patut disembah. Bahkan mereka membuat laman portal “gereja Google” sendiri dan masih aktif sampai saat ini.

Sembah Google [sumber gambar]
Tak sampai di situ, bahkan mereka menyiapkan pujian, doa, dan tokoh yang dianggap nabi di dalam laman webnya. Para penyembah Google ini disebut Googlist dan mengklaim mereka mulai banyak pengikutnya. Orang-orang tersebut menyembah Google lantara percaya mesin pencarian itu Maha Tahu sehingga layak disembah. Banyak orang yang menganggap hal ini hanya iseng semata atau kritik pada pemujaan berlebih, namun ada yang menganggapnya serius.

Sepeda motor pun tak lepas sebagai pemujaan

Bagaimana kalau sepeda motor diberikan pemujaan seperti punya nilai spiritual? Namun itulah yang terjadi di Rajhastan, India. Sebuah sepeda motor rutin diberikan sesajen dan bunga sebagai tanda penghormatan. Usut punya usut, sepeda itu milik seseorang yang bernama “Om Banna” yang tewas setelah kecelakaan.

Puja sepeda [sumber gambar]

Namun uniknya motor itu selalu kembali ke kuil meskipun beberapa kali telah diambil oleh pihak kepolisian. Oleh sejak itulah penduduk setempat mulai memuliakan motor itu bahkan diberikan nama Bullet Baba. Kalau dilihat, hal ini lebih mirip disebut gerakan spiritual ya ketimbang sebuah agama.

Boneka Barbie bahkan punya kuilnya sendiri dan disembah

Siapa yang tidak kenal dengan boneka cantik idaman pada gadis kecil ini? Namun tahukah kamu kalau boneka ini ternyata juga disembah? Ya, tepatnya di Singapura ada tempat khusus untuk boneka ini bahkan bisa dianggap seperti sebuah kuil. Awalnya kuil di sana adalah tempat penyembahan biasa, namun suatu saat guci keramat di situ pecah.

Memuja Barbie [sumber gambar]
Ada penduduk yang bermimpi kalau menggantikan guci itu dengan sebuah boneka Barbie sebagai sarana sesembahan. Kurang lebih selama tiga hari berturut-turut diberi mimpi yang sama, penduduk pun mengganti guci yang sudah pecah itu dengan boneka Barbie dan benarlah sampai saat ini mainan tersebut masih disembah di sana.

Raelisme yang menyembah para alien

Kalau yang satu ini, sebuah kepercayaan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Para pengikut Raelisme percaya bahwa manusia berasal dari campur tangan alien hingga jadi seperti yang sekarang ini. Para Alien yang disebut Elohim ini dipercaya tetap melakukan kontak dengan manusia dan kelak akan memunculkan dirinya di depan umum.

Sembah Alien [sumber gambar]
Tak main-main, bahkan Raelisme ini punya kedutaan alien sendiri di Lebanon sana. Masalah pengikut, sekte ini tak kalah banyak dengan yang lain, ada kurang lebih 65 ribu pengikut di 86 negara dan kebanyakan juga berasal dari negara maju seperti Jepang dan Amerika.

BACA JUGA: Disebut Keluarga Bhineka Tunggal Ika, Mulai Ayah Hingga Anak Punya Agama yang Berbeda

Meskipun apa yang mereka sembah memang unik di mata kita, namun tidak ada alasan untuk menghakiminya. Selama para pengikut sektenya tidak melakukan tindakan yang merugikan, tentunya kepercayaan apa pun sah-sah saja. Masalah kepercayaan memang sebetulnya adalah ranah yang sangat pribadi.

Written by Arief Dian

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

Bura, Pahlawan Indonesia Kebal Bacok yang Bikin Belanda Frustasi Parah

Akui Positif Covid-19, Anies Baswedan dibandingkan dengan Habib Rizieq Shihab